Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Kecanduan Game Online Higgs Domino (Scatter)

  • Elmi Afrida Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Irwan Syahputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini membahas peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mengatasi kecanduan game online Higgs Domino (Scatter) di Man 2 Tanjung Pura. Guru BK memiliki peran penting dalam melakukan pencegahan, edukasi, konseling, pendampingan, dan kolaborasi dengan orang tua dan pihak terkait. Penelitian ini bertujuan dalam mengetahui betapa pentingnya Guru BK dalam membantu siswa mengatasi kecanduan game online. Dengan pendekatan holistik dan kerjasama yang kuat, Guru BK dapat membantu siswa memahami dampak negatif kecanduan game online, mengidentifikasi faktor pemicu, dan mengembangkan strategi untuk mengatasi kecanduan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.  Metode pengambilan data penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Adapun sampel pada penelitian ini merupakan siswa kelas XII IPA 1 MAN 2 Tanjung Pura terdiri dari 35 siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya peran guru BK dalam membentuk perilaku siswa dalam menggunakan teknologi digital secara bertanggung jawab, sehingga kecanduan game online dapat diatasi demi kesejahteraan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, L. (2021). Bermain Game Online Sebagai Nafkah Keluarga Pada Masa Pandemi Covid-19 Perspfektif Hukum Islam. [Skripsi, Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34852
Baggio, S., Dupuis, M., Studer, J., Spilka, S., Daeppen, J. B., Simon, O., … Gmel, G. (2016). Reframing video gaming and internet use addiction: Empirical cross-national comparison of heavy use over time and addiction scales among young users. Addiction, 111(3), 513–522. doi: 10.1111/add.13192
Ghuman, D., & Griffiths, M. D. (2012). A cross-genre study of online gaming: Player demographics, motivation for play and social interactions among players. International Journal of Cyber Behavior, Psychology and Learning, 2(1), 13–29.
Jordan, C. J., & Andersen, S. L. (2016). Sensitive periods of substance abuse: Early risk for the transition to dependence. Developmental Cognitive Neuroscience, 25(10), 29–44. doi:10.1016/j.dcn.2016.10.004
Lenaini, I., Islam, U., Raden, N., & Palembang, F. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.
King, D. L., & Delfabbro, P. H. (2018). Internet gaming disorder: Theory, assessment, treatment and prevention. New York: Academic Press
Matthew B. Miles & A. Michael Huberman. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Mustaqim. (2016). Paradigma Perilaku Sosial Dengan Pendekatan Behavioristik (Telaah Atas Teori Burrhusm Frederic Skinner), Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosialhttps://ejournal.iaingawi.ac.id/index.php/almabsut/article/view/153
Nisrinafatin, N. (2020). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 135–142.
Novrialdy, E., Nirwana, H., & Ahmad, R. (2019). High school students understanding of the risks of online game addiction. Journal of Educational and Learning Studies, 2(2), 113–119
Qardhawi, Y. (1993). Halal dan Haram dalam Islam. PT. Bina Ilmu.
Qardhawi, Y. (2005). Fiqh Hiburan. Pustaka Al-Kausar.
Ramadhani, P. (2021). Unsur Pidana dalam Game Online Higgs Domino yang chip/koin diperjualbelikan ditinjau dari perspektif Hukum Pidana Islam dan Hukum Positif. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 4(2), 331–341.
Syarif, I. A. (2021). Identifikasi Potensi Pengembangan Wilayah Pesisir Kelurahan Karang Anyar Kota Tarakan. Jurnal Cakrawala Indonesia, 1(3), 225–233.
Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online terhadap Remaja. JURNAL CURERE, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.36764/jc.v1i1.20
Tohet, M., & Mauliza, S. (2021). Penanggulangan Kecanduan Game Online Melalui Pendidikan Karakter Regilius Pada Anak. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 147–164. https://doi.org/10.29240/belajea.v6i2.3434
W, I. R. (2021). Pemain dan Penjual Chip Higgs Domino Ditangkap, Barang Buktinya 87 B Seharga Rp5 Juta—Potensi Badung [Web Blog]. PotensiaBandung.Com.
W., & Nugroho, R. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anakselama Masa Pandemi Covid-19. 5(2), 1138–1150.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yulianti, T. R. (2014). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini ( Studi Kasus Pada Pos PAUD Melati 13 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi Tengah ) Pendidikan anak usia dini ( PAUD ). Jurnal Empowerment, 4(2252), 11–24
Published
2024-12-31
How to Cite
AFRIDA, Elmi; SYAHPUTRA, Irwan. Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Siswa Kecanduan Game Online Higgs Domino (Scatter). Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 107-114, dec. 2024. ISSN 2746-6787. Available at: <http://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/2683>. Date accessed: 05 feb. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v5i2.2683.
Section
Articles