Asas Penetapan Dan Karakteristik Hukum Islam Serta Eksistensinya Di Indonesia
Abstract
Allah SWT sent down the Shari'a through Rasulallah SAW to be conveyed to his people. Shariat contains laws that govern human life. Without the rule of law, human life will be damaged by following their own desires. The existence of shariat is for the benefit of human life on earth. Shariat in its development experiences a fusion of meanings, namely shariat in the broad sense and shariat in the narrow sense, shariat in the narrow sense is what is desired by the term fiqh or we are familiar with the term Islamic law. Islamic law has its own characteristics that differentiate it from wadh'i law. Islamic law pays close attention to the human condition and its benefits while maintaining moral values ​​and adapting to the times. The implications of Islamic law are not limited to worldly affairs but also ukhrawi.
Abstrak
Allah Swt. menurunkan shariat melalui Rasulallah SAW untuk disampaikan kepada umatnya. Dalam shariat terkandung hukum-hukum yang mengatur kehidupan manusia. Tanpa adanya aturan hukum, kehidupan manusia akan rusak karena mengikuti hawa nafsunya masing-masing. Keberadaan shariat adalah untuk kemaslahatan hidup manusia di muka bumi. Shariat dalam perkembangannya mengalami peleburan makna, yaitu shariat dalam arti luas dan shariat dalam arti sempit, shariat dalam arti sempit inilah yang dikehendaki dengan istilah fiqh atau kita kenal dengan istilah hukum Islam. Hukum Islam memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan hukum wadh’i. Hukum Islam sangat memperhatikan kondisi manusia dan kemaslahatannya dengan tetap memelihara nilai moralitas dan beradaptasi dengan perkembangan zaman. Implikasi hukum Islam tidak terbatas hanya pada urusan duniawi melainkan juga ukhrawi.
References
Abu al-Husain Muslim al-Hajjaj al-Qusyairi al-Naisaburi. Sahīh Muslim. Riyadh: Dar Thaybah, 2006
Aden Rosadi.Peradilan Agama di Indonesia: Dinamika Pembentukan Hukum. Bandung: Sambiosa Rekatama Media, 2015
Haitsam Hilal. Mu’jam Mustalah al-UshÅ«l. Beirut: DÄr al-Jail, 2003
M. Hasbi Ash-Shiddieqy.Pengantar Ilmu Fiqh. Jakarta: PT Bulan Bintang, 1993
M. Khafifuddin.Metodologi Kajian Fiqh. Situbondo: Ibrahimy Press. 2010/2011
Mahmud Syaltut. Al-IslÄm Aqidah wa al-Syarī’ah. ttp: Dar al-Qalam, 1966
Mahmud Syaltut.Al-IslÄm ‘AqÄ«dah wa al-Syarī’ah. Kairo: DÄr al-SyurÅ«q, 1968
Marzuki Wahid. Fiqh Indonesia: Kompilasi Hukum Islam dan Counter Legal Draft Kompilasi Hukum Islam dalam Bingkai Politik Hukum Indonesia. Cirebon: ISIF, 2014
Muh. Syafiq Gharbal.Al-Mausū’ah al-Arabiyah al-Muyassarah. Kairo: DÄr al-Qalam, 1965.
Muhammad Hasbi Ash-Siddieqy.Falsafah Hukum Islam. Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra, 2013
Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah al-Bukhori.SahÄ«h al-BukhÄri. Mauqi WizÄrah al-AuqÄf al-Misriyah, tt.
Muhammad al-Khudhari Bik.TÄrikh Tasyrī’ al-IslÄmi. Mesir: DÄr al-Fikr, 1967
Muhammad bin Isa bin Saorah bin Musa bin al-Dhahak al-Turmudzi. Sunan al-Turmudzi. Mesir: Mauqi’ WazÄrah al-AuqÄf al-Misriyah, tt.
Musnad Rozin. â€Karakteristik Hukum Islam dalam Perubahan Sosialâ€. Jurnal Hukum. Vol. 13. Nomor 2. STAIN Jurai Siwo Metro
Musthafa Ahmad Zarka. Al-Madkhal fi al-Fiqh al-‘Ām. Jeddah: DÄr al-Bashir, 2004
Muhammadun, Muhammadun. “Konsep Ijtihad Wahbah Az-Zuhaili Dan Relevansinya Bagi Pembaruan Hukum Keluarga Di Indonesia.†Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 4, no. 11, 2019, pp. 104–13.
Yusuf Musa.Al-Madkhal li al-DirÄsah al-Fiqhi al-IslÄmi. Kairo, DÄr al-Fikri al-Arabi, 2009
Wahbah al-Zuhaili.Al-Fiqhu al-IslÄmi wa AdilatuhÅ«. Damaskus: DÄr al-Fikr, 1989
WazÄrah al-Syu’ūn al-IslÄmiyah wa al-AuqÄf wa al-Da’wah wa al-IrsyÄd.Al-Qur’Än al-KarÄ«m wa Tarjamatu Ma’Änihi bi al-Lughah al-Indunisiyah. Madinah Munawwarah: Mujamma’ al-Malik Fahd, 1418 H