Konsep Pasar Syariah Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam

  • Heru Cahyono IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

The purpose of this paper is to provide an overview of the concept of the Islamic market within the scope of Islamic Business Ethics. The Islamic market is a meeting place between sellers and buyers to make transactions for goods and services under Islamic law which includes the fields of aqidah, morality, and amaliyah. The things that are prohibited in trading transactions on the market according to Islamic Business Ethics are transactions in the substance haram category (haram li-zatihi) and the Haram category other than the substance (haram li-gairihi).


Abstrak


Tujuan tulisan ini adalah untuk memberikan gambaran tentang konsep pasar syariah dalam ruang lingkup Etika Bisnis Islam. Pasar syariah adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi atas barang dan jasa sesuai dengan syariat Islam yang meliputi bidang aqidah, akhlaq dan amaliyyah. Hal-hal yang dilarang dalam transaksi perdagangan di pasar menurut Etika Bisnis Islam adalah transaksi dalam kategori haram zatnya (haram li-zatihi) dan kategori Haram selain zatnya (haram li gairihi).


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Hasan, M. (2003). Berbagai Macam Trransaksi Dalam Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Al-Qardhawy, Yusuf. (1997). Membumikan Syariat Islam. Surabaya: Dunia Ilmu.
Bablily, Mahmud. Muhammad. (1990). Etika Bisnis Study Kajian Konsep Perekonomian menurut Al- Qur’an dan Sunnah. Solo: Ramadhani, 116.
Departemen Agama RI. (2005). Al-Quran dan terjemahannya (Cetakan II). Bandung:Penerbit Sinar Nuasantara.
Hadimulyo. (1997). Etika Bisnis. Jurnal Kebudayaan dan peradapan ulumul Qur’an No.3 Vol VII.
Jusmsliani. (2008). Bisnis Berbasis Syariah. Jakarta: Bumi Aksara.
Kadir, Ahmad. (2010). Hukum Bisnis Syariah dalam Al-qur’an (Cetakan 1). Jakarta: Penerbit Amzah.
Karim, Adiwarman. A. (2006). Bank Islam (Cetakan 3). Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Keraf, Sony. (2008). Etika Tuntutan dan Relevansinya. Jakarta: Kanisius.
Mufraini, Muhammad. Arief. (1991). Etika Bisnis Islam. Depok: Gramata Publishing.
Muslich, Ahmad. Wardi. (2010). Fikih Muamalah. Jakarta: Amzah.
Nawawi, Ismail. (2013). Isu-isu Ekonomi Islam. Jakarta: CV. Dwiputra Pustaka Jaya.
Siddiqi, Muhammad. Nejatullah. (1991). Kegiatan Ekonomi Dalam Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Simonrangkir, O.P. (1998). Etika Bisnis. Jakarta: VAGRAT.
Sri Nurhayati., Wasilah. (2009). Akutansi Syariah di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Untung, Budi. (2012). Hukum Dan Etika Bisnis. Jakarta: Penerbit Andi Yogyakarta.
Veithzal Rivai., Amirul Nuruddin dkk. (2012). Islamic Business and Economic Ethics, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pratama, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 106-122.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Published
2020-08-31
How to Cite
CAHYONO, Heru. Konsep Pasar Syariah Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 14 - 27, aug. 2020. ISSN 2747-0245. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/171>. Date accessed: 01 jan. 2025.