Pengaruh Persepsi dan Religiusitas Santri Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah
Abstract
This study aims to determine whether the perception and religiosity of the students of the Islamic boarding school of Tarbiyatul Banin, Kaliwadas sub- district, Sumber sub-district, Cirebon district have an effect on the interest in saving in Islamic banks. This research uses quantitative research. The data collection technique used a questionnaire with a Likert scale to obtain data on the influence of student perceptions (X1) and student religiosity (X2) on interest in saving in banks Islamic (Y). This study is a population study, taking data on MA level students with a total of 250 students, then the research sample is 30% of the total population with a total of 75 respondents using accidental sampling, observations and research were carried out by the author in January 2021. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence on the perception and religiosity of the students of the Islamic boarding school of Tarbiyatul Banin, village of Kaliwadas, sub-district of Sumber, regency of Cirebon on the interest to save in Islamic banks. This can be proved by looking at the results of the F test which shows F count> F table, namely 29,990> 3.12 and a significance value of 0.000 <0.05 so that one can conclude that Ho is rejected and Ha is accepted. We can therefore conclude that there is a positive and significant influence between the perception and the religiosity of the students of the Islamic boarding school of Tarbiyatul Banin, Kaliwadas sub-district, Sumber district, Cirebon regency on the interest of saving in the Islamic banks. The implication of the research results shows that the perception and level of religiosity of students affects interest in saving in Islamic banks.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah persepsi dan religuisitas santri pondok pesantren tarbiyatul banin kelurahan kaliwadas kecamatan sumber kabupaten cirebon ini berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert untuk mendapatkan data pengaruh persepsi santri (X1) dan religuisitas santri (X2) terhadap minat menabung di bank syariah (Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dengan mengambil data santri tingkat MA dengan jumlah 250 santri, kemudian untuk sampel penelitian adalah 30% dari jumlah popolasi dengan jumlah 75 responden dengan menggunakan Accidental sampling, Observasi dan penelitian dilakukan dilakukan penulis pada bulan januari 2021. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Persepsi dan Religiusitas Santri Pondok pesantren Tarbiyatul Banin Kelurahan Kaliwadas Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon terhadap Minat menabung di bank syariah. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil uji F yang menunjukan F hitung > F tabel yaitu 29.990 > 3.12, dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi dan riliguisitas santri pondok pesantren tarbiyatul banin kelurahan kaliwadas kecamatan sumber kabupaten cirebon terhadap minat menabung di bank syariah. Implikasi hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi dan tingkat religiusitas santri berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah.
Downloads
References
Ali, M. (2008). Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar baru Algensindo.
Anton M. Moeliono, D. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Antonio, M. S. (2001). Bank Syari’ah: Dari Teori ke Praktik. Gema Insani Press.
Ariani, D. (2007). persepsi masyarakat umum terhadap perbankan syariah. universitas Sumatrautara.
Arifin, Z. (2000). Memahami Bank Syariah (Lingkup, Peluang, Tantangan Dan Prospek). Alvabet.
Arikumto, S. (1998). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Bina Aksara. Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi RevisiV. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Aromasari, T. (2015). No Hubungan Antara Sikap terhadap Tabungan Berhadiah dengan Minat Menabung Mahasiswa pada Bank di Beberapa Universitas di Yogyakarta. Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.
Asmaun, S. (2011). Religiusitas Perguruan Tinggi. UIN Maliki Press.
Badudu JS dan Zain. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pustaka Sinar Harapan.
Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta.
Donni Juni Priansa. (n.d.). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer.
Adiwarman. (2011). Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan Edisi 4. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Ali, Z. (2016). Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika.
Anggraeni, P. (2020). Pengaruh Produk-Produk Perbankan Syariah terhadap Minat Pedagang Pasar Pusat Perdagangan Harjamukti (PPH) dalam Memilih Bank Syariah. Skripsi, 38.
Arifin, Z. (2002). Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ascarya. (2013). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.
Ayub, M. (2009). Understanding Islamic Finance. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20.
Ichsan. (2014). Perbankan Syariah (Sebuah Pengantar). Jakarta: GP Press Group.
Ikit. (2015). Akuntansi Penghimpunan Dana Bank Syariah. Yogyakarta: Deepublish.
Imran, B. H. (2017). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam tentang Bank Syariah terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Jurnal Business Administration Volume 1, 2.
Irwanto, S. (2015). Analisis Minimnya Tingkat Pemahaman Masyarakat Kampung Welirang terhadap Produk-Produk Perbankan Syariah dalam Meningkatkan Pendapatan Bank Syariah. UIN Sunan Ampel, http://digilib.uinsby.ac.id/3029/.
Karim. (2014). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Keller, P. K. (2012). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Nawawi, R., Darmawan, I., Pratama, G., & Robawi, J. (2021). Analisis Administrasi Pembukaan Rekening Baru pada Tabungan Wadiah BNI IB Hasanah di BNI Syariah KCP Plered. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(1), 43-48.
Pauziah, M. (2018). Pengaruh Pemahaman Masyarakat terhadap Riba dalam Meningkat-kan Minat Menabung ke Bank Syariah di Kota Palangka raya. Masters Thesis, 5.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Priyanto, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gawa Media.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Remy Sahdeiny, S. (2007). Perbankan syariah produk-produk dan aspek-aspek hukumnya. Kencana prenada .
Ridwan, M. (2004). Kontruksi Bank Syariah Indonesia. UII Press. Riyanto, A. & Z. (2019). Modul Dasar Busana. Universitas Pendidikan Indonesia.
Robbins, S.P. (2003). Perilaku Organisasi Jilid 1,. PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Robbins, Stephen P. (1998). perilaku Organisasi, edisi bahasa Indonesia Cetakan ke 2. Prenhallindo.
Robbins, Stephen P. (2002). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, ed.5. Erlangga. setiasih, D. panca. (2011). analisis persepsi, preferensi, sikap dan perilaku dosen
Sudarsono, H. (2003). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah (Deskripsi dan Ilustrasi). Yogyakarta: Ekonosia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
Sujarweni, W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Suprihati, S. &. (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(01), 2021, 443-450, 1.
Syam, A. (2019). Pengaruh Pemahaman Riba terhadap Minat Menabung di Bank Konvensional (Studi Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah IAIN Parepare). Undergraduate Thesis, 9.
Usman. (2012). Aspek Hukum Perbankan Syariah di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.
Cahyono, H. (2020). Memaksimalkan Nilai Pendidikan Islam dan Komunikasi dalam Upaya Mensukseskan Perekonomian Di Era 4.0. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-11.
Cahyono, H. (2020). Konsep Pasar Syariah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 14-27.
Ghoni, A., MSI, N. H., Cahyono, H., Sy, M. E., & Paturrohman, M. S. (2019). Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah (Study Kasus di BMT Lariba Islamic Centre Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., H Ahmad Munajim, M. M., Barnawi, M. S. I., Darojat, J., & S Pd I, M. S. I. (2019). PEMBIAYAAN MUDHARABAH BMT TUAN JALER CIREBON DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS BMT TUAN JALER CIREBON DESA SETU KULON KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON).
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Ghoni, A., Cahyono, H., & Sy, M. E. (2019). Implementasi ekonomi islam dalam usaha bisnis busana muslim (studi pada cv. Kiddy collection kejaksan kota cirebon).
Muhammadun, S., H Ahmad Munajim, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., Edirianto, H. S., & CACP, M. (2019). PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DAPM UPK BINA ARTHA KECAMATAN SURANENGGALA.
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., & Ridwan, T. STRATEGI PENYELAMATAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Kasus Bank BNI Syariah Cabang Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. Analisis Pelaksanaan Penyaluran Dana Wakaf pada Bank Wakaf Mikro KHAS Kempek.
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMUTUSKAN PEMBELIAN DI TOKO TARSADI PASAR WATES KARANGKENDAL KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON.
Marzuki, A., Cahyono, H., & Rosadi, M. Islamization Through Ritual Tradition: A Case of Bele Kampung, In Kelumu Daik Village Lingga Island, Kepulauan Riau, Indonesia.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Sukarnoto, T. (2020). Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 Desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89-96.
Sukarnoto, T. (2020). Atribut Produk Syariah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 1-25.
Sukarnoto, T. (2020). TRICKLE DOWN ECONOMIC, ATRIBUT PRODUK BANK SYARIAH DAN GOING CONCERN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 1-13.
Haida, N., Pratama, G., Sukarnoto, T., & Widiawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 131-139.
Sukarnoto, T., Nurjati, N., & Rani, V. (2021). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-13.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.