Analisis E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan El-Ma’wa Craft By Rajut Preneur Cirebon Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam

  • Sunardi Edirianto IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Siti Madinah IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

This study is intended to determine whether E-Commerce supports the increase in income. Data on product sales, what are the things that support and spend E-Commerce in increasing revenue in El-ma'wa Craft By Rajut Preneur Cirebon. In this research, the research method used is a qualitative method with descriptive studies. Qualitative research is a type of research that produces findings that cannot be achieved using statistical procedures or other methods of quantification. This method seeks to present data and facts about E-commerce in increasing the income of El-Ma'wa Craft By Rajut Preneur Cirebon, by means of observation, in-depth interviews, documentation and triangulation. Subjects studied were Owner El-ma'wa Craft.  Based on the results of the study, it was found that each online trade has different types of E-commerce including how to order its products all depending on the merchant (seller). El-Ma'wa Craft has experienced a 70% increase in buyers and El-Ma'wa Craft has also increased revenue since using E-commerce. El-ma'wa Craft incorporates the principles of Islamic business ethics in online trading.


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah E-Commerce berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan. Data tentang penjualan produk, hal-hal apa saja yang menjadi pendukung dan kendala pemasaran E-Commerce dalam meningkatkan pendapatan di El-ma’wa Craft By Rajut Preneur Cirebon. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi deskriptif. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur-prosedur statistic atau cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran). Metode ini berusaha untuk menyajikan data dan fakta-fakta tentang E-Commerce dalam meningkatkan pendapatan El-ma’wa Craft By Rajut Preneur Cirebon, dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi. Subjek yang  diteliti yaitu Owner El-ma’wa Craft. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Setiap perdagangan online memiliki jenis E-commerce yang berbeda-beda termasuk dalam cara pemesanan produknya semua bergantung pada Merchant (si penjual). El-Ma’wa Craft mengalami peningkatan pembeli 70%  dan El-ma’wa Craft juga mengalami peningkatan pendapatan sejak menggunakan E-Commerce. El-ma’wa Craft memasukkan prinsip etika bisnis islam dalam perdagangan online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, Agnes Dwi. Perkembangan Ekonomi Indonesia, https://www.kompasiana.com. 2018
Diga. E-Commerce dan Jual Beli Dalam Islam. https://secretdark.wordpress.com9. 2018.
Farid. (2017). kewirausahaan syariah. depok, jawa barat: kencana.
Kurniandy, Wanda. “Analisis Manajemen Risiko Sistem Pembayaran Transaksi Online Pada Toko Online Matahari mall.Com,” Skripsi pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta : 2016. “dipublikasikan”.
Lestari, Z. (2015). Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasaan Anggota (Study Pada BMT Kube Sejahtera). Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Mufid, M. (2018). Maqashid Ekonomi Syariah. malang, jatim: Empatdua Media.
Nugroho, Adi. E-commerce Memahami Perdagangan Modern di dunia Maya. Bandung. Informatika Bandung. 2006.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.

PurnamaPratama, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 106-122.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Karjuni, A., Pratama, G., Dapiah, D., & Juningsih, W. (2021). Analisis Pelayanan Bank Terhadap Keputusan Nasabah Sesuai Dengan Perspektif Islam. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 68-74.
sari, Yunita. “Analisis Peluang E-Commerce Dalam Pengembangan Usaha Micro Kecil Dan Menengah Produk Batik,” Jurnal Universitas Diponogoro Semarang: 2015. “dipublikasikan”.
Rangkuty, Freddy. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analissi SWOT. Jakarta. PT.Gramedia Pustaka Utama. 2018.
Sa’ad, Walia Nabila. “Pengaruh E-commerce terhadap Peningkatan Pendapatan Sentra Industri Kripik Pisang Bandar lampung Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam”, Skripsi pada UIN Raden Intan Bandar lampung: 2017 “ dipublikasikan”.
Sugiono. Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. https://adzelgar.wordpress.com. 2018.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta. 2016
Sujarweni, V. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta. Pustaka bupers. Cett. Ke-1. 2015.
Suyanto, Mohammad. Strategi Periklanan Pada E-commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta. Andi. 2003.
Tanjung, Lintang. Rangkuman E-Commerce. https://lintangtanjung.wordpress.com. 2018.
Veithzal Rivai, dkk. Islamic Business And Economic Ethics. Jakarta . Bumi Aksara. 2012.
Yusanto, Muhammad Ismail, dkk. Manajemen Strategis Perspektif Syariah. Jakarta. Khairul Bayaan.2003.
Published
2021-02-28
How to Cite
EDIRIANTO, Sunardi; MADINAH, Siti. Analisis E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan El-Ma’wa Craft By Rajut Preneur Cirebon Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 37-42, feb. 2021. ISSN 2747-0245. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/323>. Date accessed: 01 jan. 2025.