Kontribusi Produk Pembiayaan Amanah Dalam Meningkatkan Nasabah PT Pegadaian (Persero) UPS Tukmudal Kabupaten Cirebon
Abstract
This research is about how the system of trust financing products at PT. Pegadaian (Persero) UPS Tukmudal Cirebon Regency and the efforts made by PT. Pegadaian (Persero) UPS Tukmudal Cirebon Regency in increasing customers. This study aims to obtain data on Amanah financing products and efforts to increase customers of PT. Pegadaian (Persero) UPS Tukmudal Cirebon Regency. This study uses a descriptive qualitative methodology. This research is in the form of a field that is directly involved in the field to dig up data. Data was collected by means of interviews, namely to employees of PT. Pegadaian (Persero) UPS Tukmudal Cirebon Regency and several Amanah financing customers. The results of the study stated that the Amanah financing product was in accordance with the Umbrella Fatwa. 92/DSN-MUI/IV/20014 concerning the financing of the Amanah accompanied by Rahn (al-Tanwil al-Mauthuq bi al-Rahn). This trust financing uses indicators in analyzing prospective customers, namely character, capacity, collateral, capital, condition of economy, and constraints. Based on the results of the study, it can be concluded that the financing of Amanah products and the analysis in it have a major impact on the ongoing process of financing. The impact is in preventing the occurrence of bad financing, as well as in improving services to customers, either directly or indirectly. So that there is a need for a more complete analysis such as capital, conditions of economy, and constraints in analyzing prospective customers to improve financing in Amanah products at PT. Pegadaian (Persero) UPS Tukmudal Cirebon Regency
Abstrak
Penelitian ini mengenai bagaimana sistem produk pembiayaan amanah di PT. Pegadaian (Persero) UPS Tukmudal Kabupaten Cirebon dan upaya yang dilakukan PT. Pegadaian (Persero) UPS Tukmudal Kabupaten Cirebon dalam meningkatkan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang produk pembiayaan Amanah dan upaya untuk meningkatkan nasabah PT. Pegadaian (Persero) UPS Tukmudal Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Penelitian ini dalam bentuk lapangan yaitu terjun langsung kelapangan untuk menggali data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara yaitu kepada karyawan PT. Pegadaian (Persero) UPS Tukmudal Kabupaten Cirebon dan beberapa nasabah pembiayaan Amanah. Hasil penelitian menyatakan bahwa produk pembiayaan Amanah sesuai dengan Fatwa Payung hukum dari gadai syariah berpegang pada Fatwa DSN MUI No. 92/DSN-MUI/IV/20014 tentang pembiayaan Amanah yang disertai Rahn (al-Tanwil al-Mauthuq bi al-Rahn). Pembiayaan amanah ini menggunakan indikator dalam menganalisis calon nasabah yaitu character, capacity, collateral, capital, condition of economy, dan constraint. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembiayaan pada produk Amanah serta analisis di dalamnya mempunyai dampak yang besar dalam proses berlangsungnya pembiayaan. Dampaknya ialah dalam mencegah terjadinya pembiayaan yang buruk, juga dalam meningkatkan pelayanan kepada nasabah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sehingga perlu adanya analisis yang lebih lengkap seperti capital, condition of economy, dan constraint dalam menganalisis calon nasabah untuk penyempurnaan pembiayaan dalam produk Amanah pada PT. Pegadaian (Persero) UPS Tukmudal Kabupaten Cirebon
Downloads
References
Berthanila, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi pada PT Pegadaian (Persero) Pegadaian Unit Pelayanan Cabang Labuan). Sawala.
Dewi, G. A. E. T., Sujana, I. N., & Meitriana, M. A. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGAMBILAN KREDIT PADA PT. PEGADAIAN (Studi pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Singaraja Tahun 2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20097
Hadi, M. S. (20013). Gadai Syariah. Pegadaian Syariah.
Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20.
Janwari, Y. (2015). Lembaga Keuangan Syariah. Remaja Rosdakarya.
Juliyansyah, N. (2011). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Desertasi dan Karya Ilmiah. Kencana Prenada Media Group.
Kasmir. (2014). Bank dan Lembaga Kuangan Lainnya. In PT. Raja Grafindo Persada jakarta.
Latumaerissa, J. R. (2017). Bank dan Lembaga Keuangan Lain: Teori dan Kebijakan. Mitra Wacana Media.
Moeleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad. (2005). Manajemen Bank Syariah. January, 97.
Muhammad. (2017). Lembaga Perekonomian Islam. UPP STIM YKPN.
Nawawi, R., Darmawan, I., Pratama, G., & Robawi, J. (2021). Analisis Administrasi Pembukaan Rekening Baru pada Tabungan Wadiah BNI IB Hasanah di BNI Syariah KCP Plered. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(1), 43-48.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Rivai, V. (2008). Islamic Financial Management. PT RajaGrafindo Persada.
Rosida, I. (2016). Analisis Perlakuan Akuntansi Ar-Rahn (Gadai Syariah) pada PT. Pegadaian Syariah Unit PLAJU. 9.
Sholikul Hadi, M. (2003). Pegadaian Syariah. Salemba Diniyah.
Sinambela, A. P. S. (2012). Penerapan Sistem Gadai Emas pada Cabang Pegadaian Syariah Setia Budi. Foreign Affairs, 91(5), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Soemitra, A. (2009). Bank dan lembaga Keuangan Syariah. Kencana.
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta, cv.
Sukmawati, L. I. A. (2016). STRATEGI PEMASARAN PEGADAIAN SYARIAH DALAM MEMPERTAHANKAN MARKET SHARE ( Studi Pada Unit Pegadaian Syariah Ajibarang ) JURUSAN EKONOMI SYARI ’ AH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) PURWOKERTO.
Supardi. (2005). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis. UII Pers.
Wiratna, S. (2015). Metodologi Penelitian - Bisnis dan Ekonomi. In Metodologi Penelitian. Pustakabarupress. https://doi.org/10.1145/2505515.2507827
Cahyono, H. (2020). Memaksimalkan Nilai Pendidikan Islam dan Komunikasi dalam Upaya Mensukseskan Perekonomian Di Era 4.0. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-11.
Cahyono, H. (2020). Konsep Pasar Syariah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 14-27.
Ghoni, A., MSI, N. H., Cahyono, H., Sy, M. E., & Paturrohman, M. S. (2019). Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah (Study Kasus di BMT Lariba Islamic Centre Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., H Ahmad Munajim, M. M., Barnawi, M. S. I., Darojat, J., & S Pd I, M. S. I. (2019). PEMBIAYAAN MUDHARABAH BMT TUAN JALER CIREBON DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS BMT TUAN JALER CIREBON DESA SETU KULON KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON).
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Ghoni, A., Cahyono, H., & Sy, M. E. (2019). Implementasi ekonomi islam dalam usaha bisnis busana muslim (studi pada cv. Kiddy collection kejaksan kota cirebon).
Muhammadun, S., H Ahmad Munajim, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., Edirianto, H. S., & CACP, M. (2019). PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DAPM UPK BINA ARTHA KECAMATAN SURANENGGALA.
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., & Ridwan, T. STRATEGI PENYELAMATAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Kasus Bank BNI Syariah Cabang Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. Analisis Pelaksanaan Penyaluran Dana Wakaf pada Bank Wakaf Mikro KHAS Kempek.
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMUTUSKAN PEMBELIAN DI TOKO TARSADI PASAR WATES KARANGKENDAL KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON.
Marzuki, A., Cahyono, H., & Rosadi, M. Islamization Through Ritual Tradition: A Case of Bele Kampung, In Kelumu Daik Village Lingga Island, Kepulauan Riau, Indonesia.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Sukarnoto, T. (2020). Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 Desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89-96.
Sukarnoto, T. (2020). Atribut Produk Syariah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 1-25.
Sukarnoto, T. (2020). TRICKLE DOWN ECONOMIC, ATRIBUT PRODUK BANK SYARIAH DAN GOING CONCERN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 1-13.
Haida, N., Pratama, G., Sukarnoto, T., & Widiawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 131-139.
Sukarnoto, T., Nurjati, N., & Rani, V. (2021). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-13.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.