Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Kasus Bank Bjb Syariah KCP Pabuaran)

  • Sumarno Sumarno IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Dapiah Dapiah IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Sunardi Edirianto IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Tarjono Tarjono IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Ikbal Maulana IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Abstrak
Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Kasus Bank Bjb Syariah KCP Pabuaran). Kajiannya dilatar belakangi oleh begitu pesatnya kemajuan ekonomi terutama dibidang perbankan, setiap perusahaan perbankan selalu melakukan yang terbaik bagi nasabahnya, perusahaan juga harus lebih prima dalam bidang pelayanan karena itu salah satu kualitas perusahaan perbankan agar nasabah merasa puas. Salah satunya kualitas pelayanan customer service yang menjadi faktor utama dalam meningkatkan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Kasus Bank Bjb Syariah KCP Pabuaran). Dengan begitu menjadi tolak ukur perusahaan perbankan untuk meningkatkan kualitas perusahaannya di masa yang akan datang.Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode, dokumentasi, observasi dan angket. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket untuk mendapatkan data tentang Kualitas Pelayanan Customer Service (X) dan dokumen untuk mendapatkan data tentang Kepuasan Nasabah (Y). Penelitian ini merupakan populasi, karena mengambil seluruh nasabah Bank Bjb Syariah KCP Pabuaran dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 50 responden. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan dua variabel yaitu variabel X (Kualitas Pelayanan Customer Service) dan variabel Y (Kepuasan Nasabah). Kemudian data tersebut diolah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Selanjutnya, hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara kualitas pelayanan customer service (X) terhadap kepuasan nasabah (Y). Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi dari koefisien regresi variabel kualitas pelayanan customer service (X) terhadap kepuasan nasabah (Y) yaitu sebesar 0,000 kurang dari (<) 0,05 dan nilai t hitung lebih dari (>) t tabel atau 4,176 > 2,010. Kualitas pelayanan customer service dapat memberikan keunggulan lebih bagi pegawai dan perusahaan. Dengan adanya kualitas pelayanan customer service ini, diharapkan kepuasan nasabah pada bank syariah akan meningkat. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi serta masukan bagi pegawai dalam melayani nasabah di bank BJb Syariah KCP Pabuaran.
Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan, Kepuasan, Nasabah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriantari, V. L., Haida, N., & Lasmana, M. I. (2022). Entrepreneurship Technology in Sharia Economic Perspective. ICOBBA_2021, 441-445.
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Published
2022-02-28
How to Cite
SUMARNO, Sumarno et al. Pengaruh Kualitas Pelayanan Customer Service Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah (Studi Kasus Bank Bjb Syariah KCP Pabuaran). Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 68-73, feb. 2022. ISSN 2747-0245. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/883>. Date accessed: 29 dec. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>