Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Untuk Memilih Produk Bank Syariah

Studi Penelitian bank bjb Syariah KCP Pabuaran

  • Sumarno Sumarno IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Rusto Nawawi IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Jeki Saeki IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

This study aims to determine public knowledge to determine the location, knowledge of Islamic banking products and interest in saving at bank bjb sharia KCP Pabuaran. This study uses quantitative methods with correlational/associative research types. Methods of data collection using questionnaires and documentation. The study was conducted on 50 respondents. The analysis prerequisite test used includes normality, multicollinearity and heteroscedasticity tests. This processing uses multiple linear regression analysis with hypothesis testing, namely the T test and F test. The results showed that the location knowledge variable had an effect on interest in saving at the bjb sharia bank KCP Pabuaran with t count 3,268 > t table 2,011. Same with product knowledge has a significant effect on interest in saving at bank bjb sharia KCP Pabuaran with a coefficient of 0.576 and a coefficient of determination R2 of 0.451 and t arithmetic 3.268 greater than t table 2.011. Likewise, the independent variable simultaneously affects the dependent variable with a calculated F value of 11.659 > F table 3.19. The value of the coefficient of determination R2 is 0.332 which means 33.2%.


It can be concluded that Knowledge of Location and Knowledge of Islamic Banking Products on interest in saving at bjb syaiah KCP Pabuaran means 33.2% change in interest in saving at KCP Pabuaran Islamic bank while the remaining 66.8% is explained by other variables not included in the study.


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan masyarakat untuk mengetahui lokasi, pengetahuan produk-produk perbankan syariah serta minat untuk menabung di bank bjb syariah KCP Pabuaran, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional/asosiatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Penelitian dilakukan kepada 50 responden. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu meliputi uji normalitas, multikolinieritas dan heterokedastisitas. Pengolahan ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis yaitu uji T dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pengetahuan lokasi berpengaruh terhadap minat menabung di bank bjb syariah KCP Pabuaran dengan t hitung 3,268 > t tabel 2,011. Sama dengan Pengetahuan Produk berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di bank bjb syariah KCP Pabuaran dengan koefisien sebesar 0,576 dan koefisien determinasi R2 sebesar 0,451 dan t hitung 3,268 lebih besar dari t tabel 2,011. Begitu pula secara simultan variabel Independent berpengaruh terhadap variabel dependent dengan nilai F hitung sebesar 11,659 > F tabel 3,19. Nilai koefisien determinasi R2 sebesar 0,332 bararti 33,2 %.  Dapat disimpulkan bahwa Pengetahuan Lokasi dan Pengetahuan Produk-Produk Perbankan syariah terhadap minat menabung di bjb syaiah KCP Pabuaran berarti 33,2 % perubahan minat menabung di bank syariah KCP Pabuaran sedangkan 66,8% sisanya di jelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam peneltian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N. S. N. (2020). Pengaruh pendapatan mahasiswa dan pengetahuan tentang bank syariah terhadap minat menabung di bank syariah.
Arikunto, P. D. S. (2013). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta.
Demartha Hayu Waseso, I. D. (2013). Perilaku Konsumen Untuk Mengakses Suaramerdeka.Com. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 10(2), 121–131. https://doi.org/10.14710/jsmo.v10i2.5909
Dewi, L. N. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pengguna Produk Advan Di Kota Semarang. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1–17. http://eprints.dinus.ac.id/17594/
Dr.Muhammad Syafii Antonio, M. E. (2001). Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. gema insani.
Dr.Neneng Nurhasanah, M.Hum, Panji Adam, S.Sy., M. H. (2017a). Hukum Perbankan Syariah Konsep dan Regulasi. Sinar Grafika.
Dr.Neneng Nurhasanah, M.Hum, Panji Adam, S.Sy., M. H. (2017b). Hukum Perbankan Syariah Konsep dan Regulasi (D. M. Listianingsih (ed.)). Sinar Grafika.
Drs. Ismail, MBA., A. (2011). Perbankan Syariah (Pertama). Kencana.
Hardani, S.Pd., M.Si, D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (A. Husnu Abadi, A.Md. (ed.)). CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Hendri, & Setiawan, R. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Samudra Bahari Utama. Agora, 5(1), 3. https://media.neliti.com/media/publications/135259-ID-pengaruh-motivasi-kerja-dan-kompensasi-t.pdf
Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20.
Lestari, J. S., Farida, U., & Chamidah, S. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kedisiplinan, Dan Lingkungan Kerjaterhadap Prestasi Kerja Guru. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 38–55. https://doi.org/10.24269/asset.v2i2.2388
Muhammad, K. A. (2014). Pengaruh Pengetahuan Warga Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Muamalat (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Darunnajah).
Mustofa, A., & Roniwijaya, P. (2013). The Effect of Industrial Work Performance Practice and Performance Automotive Electrical Prakti entrepreneurial n Against Interests Automotive Mechanics Class XII Smk Diponegoro Depok Sleman. Taman Vokasi, 1(2). https://doi.org/10.30738/jtvok.v1i2.98
Nawawi, R., Darmawan, I., Pratama, G., & Robawi, J. (2021). Analisis Administrasi Pembukaan Rekening Baru pada Tabungan Wadiah BNI IB Hasanah di BNI Syariah KCP Plered. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(1), 43-48.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, A. (2017). Model Simulasi Antrian dengan Metode Kolmogorov-Smirnov Normal pada Unit Pelayanan. Jurnal Edik Informatika, 7(1), 27–37.
Prof.Dr.Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif (R&D). Alfabeta.
Prof.Dr.Sugiyono. (2016). METODE Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Prof.Mudrajat Kuncoro, P. . (2011a). Manajemen Bank Syari’ah (kedua). UPP STIM YKPN.
Prof.Mudrajat Kuncoro, P. D. (2011b). Manajemen Bank Syari’ah (Muhamad (ed.); Kedua). UPP STIM YKPN.
Putro, R. Y. A., & Kamal, M. (2013). Analisis Pengaruh Brand Reputation, Brand Competence, dan Brand Liking Terhadap Trust In Brand Pada Konsumen Windows Phone Nokia di Surabaya. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 10(2), 178–185. https://doi.org/10.14710/jsmo.v10i2.5916
Saidiah, M. R. H., & Sekolah. (n.d.). Kata kunci: 40.
Suhendro, D. (2018). Pertumbuhan Dan Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Human Falah, 5(2), 211–227.
Sumarno, A. K. H. (2020). Jurnal Perbankan Syariah Jurnal Ecobankers Minat Nasabah Terhadap Asuransi Jiwa Berbasis Syari ’ Ah Di PT . Asuransi Jiwa Generali Indonesia Cabang Cirebon ( Studi Kasus PT . Asuransi Jiwa Generali Indonesia Cabang Cirebon ). 1, 53–61.
Sunardi, & Aniarsih, F. (2012). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat Muslim Menabung di Bank Syariah. Ekomoni Dan Perbankan Syariah, 54–77.
Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 90–95.
Yuliawan, E. (2011). Jurnal 3 (Eko Yuliawan. 1(April), 21.
Cahyono, H. (2020). Memaksimalkan Nilai Pendidikan Islam dan Komunikasi dalam Upaya Mensukseskan Perekonomian Di Era 4.0. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-11.
Cahyono, H. (2020). Konsep Pasar Syariah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 14-27.
Ghoni, A., MSI, N. H., Cahyono, H., Sy, M. E., & Paturrohman, M. S. (2019). Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah (Study Kasus di BMT Lariba Islamic Centre Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., H Ahmad Munajim, M. M., Barnawi, M. S. I., Darojat, J., & S Pd I, M. S. I. (2019). PEMBIAYAAN MUDHARABAH BMT TUAN JALER CIREBON DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS BMT TUAN JALER CIREBON DESA SETU KULON KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON).
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Ghoni, A., Cahyono, H., & Sy, M. E. (2019). Implementasi ekonomi islam dalam usaha bisnis busana muslim (studi pada cv. Kiddy collection kejaksan kota cirebon).
Muhammadun, S., H Ahmad Munajim, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., Edirianto, H. S., & CACP, M. (2019). PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DAPM UPK BINA ARTHA KECAMATAN SURANENGGALA.
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., & Ridwan, T. STRATEGI PENYELAMATAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Kasus Bank BNI Syariah Cabang Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. Analisis Pelaksanaan Penyaluran Dana Wakaf pada Bank Wakaf Mikro KHAS Kempek.
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMUTUSKAN PEMBELIAN DI TOKO TARSADI PASAR WATES KARANGKENDAL KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON.
Marzuki, A., Cahyono, H., & Rosadi, M. Islamization Through Ritual Tradition: A Case of Bele Kampung, In Kelumu Daik Village Lingga Island, Kepulauan Riau, Indonesia.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Sukarnoto, T. (2020). Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 Desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89-96.
Sukarnoto, T. (2020). Atribut Produk Syariah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 1-25.
Sukarnoto, T. (2020). TRICKLE DOWN ECONOMIC, ATRIBUT PRODUK BANK SYARIAH DAN GOING CONCERN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 1-13.
Haida, N., Pratama, G., Sukarnoto, T., & Widiawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 131-139.
Sukarnoto, T., Nurjati, N., & Rani, V. (2021). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-13.
Published
2021-08-31
How to Cite
SUMARNO, Sumarno; NAWAWI, Rusto; SAEKI, Jeki. Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Untuk Memilih Produk Bank Syariah. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 75-79, aug. 2021. ISSN 2747-0245. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/445>. Date accessed: 29 dec. 2024.

Most read articles by the same author(s)