Transaksi Online Shop dapat Meningkatkan Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Islam
Studi Kasus di Toko Online Grosiran Jilbab Murah
Abstract
The purpose of this research is to know the legal review of online transactions at the Cheap Jilbab Wholesale Online Shop, to know the sales strategy, and to know the supporting and inhibiting factors and their solutions. The methodology in this study uses a qualitative research methodology. The technique used is the bottom-up technique and the nature of the research is descriptive-analytic. The data used are primary data and secondary data. The data collection methods used were observation, interview, documentation, and triangulation methods. Data processing techniques using descriptive data analysis techniques. The results showed that the Cheap Jilbab Wholesale Online Shop provides good service for consumers because they have used the Shopee application as transaction security between sellers and buyers so that buyers feel safe in transactions and give khiyar rights to customers if there is an order error. This shows that the Cheap Hijab Wholesale Online Store gives trust in the sale and purchase agreement to the customer. Friendly, comfortable, and fast response services are always sought for customer satisfaction. Buying and selling transactions at Cheap Hijab Wholesale Online Stores apply business ethics in Islam, carry out responsibility towards customers by giving khiyar rights to customers. The obstacles experienced by the Cheap Hijab Wholesale Online Store include the accuracy factor both from the Cheap Hijab Wholesale Online Shop and the customer. So it can be concluded that the shopee as a third party has increased trust in customers in online transactions, especially the Cheap Jilbab Wholesale Online Shop provides khiyar rights and speed in responding to customer comments.
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tinjauan hukum transaksi online pada Toko Online Grosiran Jilbab Murah, mengetahui strategi penjualan dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat serta solusinya. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif teknik yang digunakan adalah teknik bottom-up dan sifat penelitian adalah deskriptif analitik. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Toko Online Grosiran Jilbab Murah memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen karena telah menggunakan aplikasi shopee sebagai pengaman transaksi antara penjual dan pembeli agar pembeli merasa aman dalam bertransaksi dan memberikan hak khiyar terhadap customernya apabila ada kesalahan pemesanan. Menunjukan bahwa Toko Online Grosiran Jilbab Murah memberikan trust dalam akad jual belinya kepada customer Pelayanan yang ramah, nyaman dan penanggapan yang cepat selalu diupayakan untuk kepuasan customer. Transaksi jual beli pada Toko Online Grosiran Jilbab Murah menerapkan etika bisnis dalam Islam, melaksanakan tanggung jawab terhadap customer dengan memberikan hak khiyar kepada customer. Hambatan yang dialami Toko Online Grosiran Jilbab Murah diantaranya faktor ketelitian baik dari pihak Toko Online Grosiran Jilbab Murah maupun customer. Jadi dapat disimpulkan bahwa shopee sebagai pihak ketiga telah menaikan trust pada customer dalam transaksi online terlebih Toko Online Grosiran Jilbab Murah memberikan hak khiyar dan kecepatan dalam menanggapi komentar customer.
Downloads
References
Amiruddin, Muhammad Majdi. Khiyar (Hak Untuk Memilih) Dalam Transaksi Online: Studi Komparasi Antara Lazada, Zalora dan Blili. Jurnal Ekonomi Syariah. 1, 2016.
Anwar, Saifuddin . Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.
Arifah, Nur. Panduan lengkap menyusun dan menulis skripsi, tesis, dan desrtasi lengkap dengan teknik jitu menyusun proposal agar segera disetujui. Yogyakarta: Araska, 2018.
At Tamimy, Fikri. “Apa Yang Dimaksud Dengan Pemrosesan Bottom-Up dan Pemrosesan Top-Down?â€, www.kompasiana.com, 25 Mei 2019.
Bariroh, Muflihatul. Transaksi Jual Beli Dropshipping Dalam Perspektif Muamalah. Jurnal Ahkam. 4. 2016.
Berthania, Rara, “Kedudukan Makelar Dalam Transaksi Jual Beli Kendaraan Bermotor Ditinjau Dari Hukum Islamâ€, Skripsi pada Universitas Lampung Bandar Lampung: 2017. Tidak dipublikasikan.
Departemen Agama Republik Indonesia. At-Thayyib, Mushaf Al-Qur’an Transliterasi Per Kata dan Terjemahan Per Kata. Jakarta: Cipta Bagus Segara, 2011.
Fitria, Nur Tira. isnis Jual Beli Online (Online Shop) Dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. 3, 2017.
Ghazaly, Abdul Rahman. dkk. Fiqh Muamalat. Jakarta: Prenadamedia Group, 2010.
Hamali, Arif Yusuf. Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
Jati, Waluyo dan Yuliansyah, Hanafi.Pengaruh Strategi Pemasaran Online (Online Marketing Strategy) Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif. 2017.
Minuriha, Diyah Ayu, “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Dalam Marketplace Online Shopeeâ€, Skripsi pada UIN Sunan Ampel: 2018. Tidak dipublikasikan.
Salim, Munir. Jual Beli Secara Online Menurut Pandangan Hukum Islam. Jurnal Ad-Daulah. 6, 2017.
Sangadji , Etta Mamang dan Sopiah. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Cv. Andi Offset, 2013.
Sudaryono. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers, 2018.
Sujarweni, V. Wiratna. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015.
Sunyoto, Danang. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakata: CAPS Cente For Academic Publishing Service, Cet.2, 2014.
Perancis, P. B., & Nurhidayati, D. (2019). Pengembangan Media Game Edukatif Berbasis Android Dalam Pembelajaran Les Articles Kelas Xi Sma. Uny-Fle, 8(1), 1-9.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Sukarnoto, T. (2020). Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 Desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89-96.
Sukarnoto, T. (2020). Atribut Produk Syariah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 1-25.
Sukarnoto, T. (2020). TRICKLE DOWN ECONOMIC, ATRIBUT PRODUK BANK SYARIAH DAN GOING CONCERN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 1-13.
Haida, N., Pratama, G., Sukarnoto, T., & Widiawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 131-139.
Sukarnoto, T., Nurjati, N., & Rani, V. (2021). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-13.
Pratama, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 106-122.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.