Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah

  • Gama Pratama IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Nur Haida IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Sukma Nurwulan IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

This study discusses the strategy for handling problematic financing at Islamic banks, based on field reviews, many problems occur to consumers in terms of financing, especially certain products due to several factors, so the purpose of this study is to find out strategies for handling problematic financing on consumer products at BSI KCP Cirebon. Plered 2, then what are the factors that cause problematic financing for Consumer Products at BSI KCP Cirebon Plered 2 and what are the steps to anticipate if there is an opportunity for non-performing financing to occur in consumer products at BSI KCP Cirebon Plered 2. The method used is a qualitative method, with the results The following research shows that the strategy for handling non-performing financing in consumer financing products carried out by BSI KCP Cirebon Plered 2 is by strengthening the company's Human Resources (HR), coaching to customers by contacting customers by calling n telephone calls, visiting the customer's residence, giving a warning letter (SP), and holding consultations with the customer, then with a financing restructuring strategy, as well as the final handling strategy by selling the customer's assets or collateral. The factors causing problem financing at BSI KCP Cirebon Plered 2 occurred not due to internal factors originating from the bank, but caused by external factors including, customer lifestyle, Termination of Employment (PHK), Proposing other financing, Unfavorable customer character , and work in a less than good company. Anticipation steps if there is an opportunity for non-performing financing on consumer products at BSI KCP Cirebon Plered 2 are carried out by evaluating the provision of financing, discussing with all financing units, and avoiding the causes of previous financing. It can be concluded that this research strengthens human resources as well as coaching and factors that cause problematic financing, namely from external factors, customer lifestyles, layoffs, then evaluation of deliberation discussions with financing units.


Abstrak


Penelitian ini membahas mengenai strategi penanganan pembiayaan yang bermasalah pada bank syariah, berdasarkan tinjauan lapangan permasalahan banyak terjadi pada konsumen dalam hal pembiayaan khususnya produl tertentu karena beberpa factor maka dengan ini tujuan dari penelitian ini untuk mengatahui strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada produk konsumer di BSI KCP Cirebon Plered 2, kemudian apa faktor-faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada di BSI KCP Cirebon Plered 2 dan bagaimana langkah antisipasi jika terjadi peluang kembali pembiayaan bermasalah pada produk konsumer di BSI KCP Cirebon Plered 2. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, dengan hasil penelitian sebagai berikut bahwa strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan konsumer yang dilakukan BSI KCP Cirebon Plered 2 dengan cara, memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan, pembinaan kepada nasabah yang dilakukan dengan cara menghubungi nasabah melalui panggilan telefon, mengunjungi tempat tinggal nasabah, memberikan surat peringatan (SP), dan melakukan musyawarah dengan nasabah, kemudian dengan strategi restrukturisasi pembiayaan, serta strategi penanganan terakhir dengan melakukan penjualan aset atau agunan nasabah. Faktor-faktor penyebab pembiayaan bermasalah di BSI KCP Cirebon Plered 2 terjadi bukan dikarenakan oleh faktor internal yang berasal dari bank, melainkan disebabkan oleh faktor eksternal diantaranya, gaya hidup nasabah, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Mengajukan pembiayaan lain, Karakter nasabah yang kurang baik, dan bekerja diperusahaan yang kurang bagus. Langkah antisipasi jika terjadi peluang kembali pembiayaan bermasalah pada produk konsumer di BSI KCP Cirebon Plered 2 dilakukan dengan cara mengevaluasi pemberian pembiayaan, diskusi dengan semua unit pembiayaan, serta menghindari penyebab pembiayaan sebelumnya. Dapat disimulkan bahwa penelitian ini memperkuat SDM serta pembinaan dan factor yang menjadi penyebab pembiayaan bermasalah yaitu dari factor ekternal gaya hidup nasabah, PHK, kemudian evaluasi diskusi musyawarah dengan unit-unit pembiayaan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku IBI. (2014). Produk Bank Syariah Bermasalah. Jakarta Pusat: Pt Gramedia Pustaka Utama.
Fauziah Mubarak. 2020. “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Engaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Masyarakat Pedesaan Dalam Terhadap Keputusan Masyarakat Pedesaan Dalam Menabung Di Bri Syariah Kcp. Langkat Menabung Di Bri Syariah Kcp. Lang.” Jurnal Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan: 22.
Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20.
http://www.bnisyariah.co.id. (diakses pada tanggal 1 April 2020). Promo Program Tunjuk Rumah BNI IB Griya Hasanah 2020.
https://guruakuntansi.co.id. (diakses pada 3 April 2020). Pembiayaan bermasalah.
Nawawi, R., Darmawan, I., Pratama, G., & Robawi, J. (2021). Analisis Administrasi Pembukaan Rekening Baru pada Tabungan Wadiah BNI IB Hasanah di BNI Syariah KCP Plered. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(1), 43-48.
OJK. (2020, September 17). Snapshot Perbankan Syariah Juni 2020. Retrieved from www.ojk.go.id: https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Snapshot-Perbankan-Syariah-Juni-2020.aspx
OJK. (2020, September 17). Snapshot Perbankan Syariah Juni 2020. Retrieved from www.ojk.go.id: https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Snapshot-Perbankan-Syariah-Juni-2020.aspx
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Rangkuti. (2013:3-4). Analisis SWOT Teknis Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT Gramedia
Rohman, A. (2020, Agustus 26). Tren KPR Syariah Meningkat. Retrieved from ekbisbanten.com: https://ekbisbanten.com/tren-kpr-syariah-meningkat/
Schuster, F. (2013). 3. Retrieved from Google Scholar: https://scholar.google.com/scholar_lookup?title=Perspektiven%20des%20Islamic%20Banking%20im%20deutschen%20Bankenwesen%20unter%20Betrachtung%20der%20Finanzstabilit%C3%A4t%2C%20des%20Gewinnstrebens%20deutscher%20Banken%20und%20Ber%C3%BCcksichtigung%20des%20
Sugiyono. ((2005:223)).
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
sugiyono. (2014). netode penelitian kuantitatif & kualitatif R& . bandung: alfabeta.
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: Alfabeta. Retrieved Januari 27, 2021
supomo, i. &. (2002). metodologi penelitian bisnis. yogyakarta: BPFE UGM.
Tardjono. (2016). Analisis Pebankan Syariah. Jakarta: Gramedia Pusaka Utama.
Cahyono, H. (2020). Memaksimalkan Nilai Pendidikan Islam dan Komunikasi dalam Upaya Mensukseskan Perekonomian Di Era 4.0. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-11.
Cahyono, H. (2020). Konsep Pasar Syariah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 14-27.
Ghoni, A., MSI, N. H., Cahyono, H., Sy, M. E., & Paturrohman, M. S. (2019). Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah (Study Kasus di BMT Lariba Islamic Centre Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., H Ahmad Munajim, M. M., Barnawi, M. S. I., Darojat, J., & S Pd I, M. S. I. (2019). PEMBIAYAAN MUDHARABAH BMT TUAN JALER CIREBON DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS BMT TUAN JALER CIREBON DESA SETU KULON KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON).
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Ghoni, A., Cahyono, H., & Sy, M. E. (2019). Implementasi ekonomi islam dalam usaha bisnis busana muslim (studi pada cv. Kiddy collection kejaksan kota cirebon).
Muhammadun, S., H Ahmad Munajim, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., Edirianto, H. S., & CACP, M. (2019). PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DAPM UPK BINA ARTHA KECAMATAN SURANENGGALA.
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., & Ridwan, T. STRATEGI PENYELAMATAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Kasus Bank BNI Syariah Cabang Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. Analisis Pelaksanaan Penyaluran Dana Wakaf pada Bank Wakaf Mikro KHAS Kempek.
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMUTUSKAN PEMBELIAN DI TOKO TARSADI PASAR WATES KARANGKENDAL KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON.
Marzuki, A., Cahyono, H., & Rosadi, M. Islamization Through Ritual Tradition: A Case of Bele Kampung, In Kelumu Daik Village Lingga Island, Kepulauan Riau, Indonesia.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Sukarnoto, T. (2020). Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 Desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89-96.
Sukarnoto, T. (2020). Atribut Produk Syariah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 1-25.
Sukarnoto, T. (2020). TRICKLE DOWN ECONOMIC, ATRIBUT PRODUK BANK SYARIAH DAN GOING CONCERN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 1-13.
Haida, N., Pratama, G., Sukarnoto, T., & Widiawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 131-139.
Sukarnoto, T., Nurjati, N., & Rani, V. (2021). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-13.
Published
2021-08-31
How to Cite
PRATAMA, Gama; HAIDA, Nur; NURWULAN, Sukma. Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 101-114, aug. 2021. ISSN 2747-0245. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/483>. Date accessed: 01 jan. 2025.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>