Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah

  • Nur Haida IAI Bungan Bangsa Cirebon
  • Gama Pratama IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Toto Sukarnoto IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Widiawati Widiawati IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

This research is motivated by Islamic banks which are starting to be in demand by the public, especially the Indonesian population is the majority Muslim. However, not many people understand how Islamic banks operate. This study aims to determine the effect of public understanding of usury on interest in transacting in Islamic banks (Case Study of the Karangmekar Village Community, Karangsembung District, Cirebon Regency). This research is a type of quantitative research using the method of observation, questionnaires and documents. Data collection techniques using questionnaires or questionnaires to obtain data on public understanding of usury (X) and public interest in transacting in Islamic banks (Y). This study is a population study, because it takes the entire community of Karangmekar Village based on the level of education over the age of 18, totaling 2,140 people with a total of 96 respondents as research subjects. The results of this study indicate that the variable of public understanding of usury has a positive and significant effect on people's interest in transacting in Islamic banks. It is evident from the regression coefficient value of the variable of public understanding of usury (X) of 0.686, which means that if the public's understanding of usury has increased by 1%, the interest in transacting in Islamic banks will increase by 68.6%. In addition, it is also evident from the variable of people's understanding of usury which has a value of tcount (6,700) > ttable (1,985) and the significance value obtained is 0.000 which means that the value is smaller than the alpha value of 0.05, so the decision is H0 is rejected, it means that the variable of public understanding of usury has a significant effect on the interest in transacting in Islamic banks.


Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi oleh bank syariah yang mulai diminati oleh masyarakat, terlebih penduduk Indonesia adalah mayoritas beragama Islam. Namun tidak banyak dari masyarakat yang memahami bagaimana operasional bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemahaman masyarakat tentang riba terhadap minat bertransaksi di Bank Syariah (Studi Kasus Masyarakat Desa Karangmekar Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, angket dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket untuk mendapatkan data mengenai pemahaman masyarakat tentang riba (X) dan minat masyarakat bertransaksi di Bank Syariah (Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena mengambil seluruh masyarakat Desa Karangmekar berdasarkan tingkat pendidikan yang berusia di atas 18 tahun yang berjumlah 2.140 orang dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 96 responden.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pemahaman masyarakat tentang riba berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi masyarakat di bank syariah. Terbukti dari nilai koefisien regresi variabel pemahaman masyarakat tentang riba (X) sebesar 0,686 yang berarti bahwa apabila pemahaman masyarakat tentang riba mengalami peningkatan 1% maka minat bertransaksi di bank syariah akan meningkat 68,6%. Di samping itu, terbukti juga dari variabel pemahaman masyarakat tentang riba yang memiliki nilai thitung  (6,700) > ttabel (1,985) dan nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0,000 yang berarti nilai tersebut lebih kecil dari nilai alpha 0,05, sehingga keputusannya adalah H0 ditolak, artinya bahwa variabel pemahaman masyarakat tentang riba berpengaruh secara signifikan terhadap minat bertransaksi di bank syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwarman. (2011). Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan Edisi 4. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Ali, Z. (2016). Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika.
Anggraeni, P. (2020). Pengaruh Produk-Produk Perbankan Syariah terhadap Minat Pedagang Pasar Pusat Perdagangan Harjamukti (PPH) dalam Memilih Bank Syariah. Skripsi, 38.
Arifin, Z. (2002). Dasar-Dasar Manajemen Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ascarya. (2013). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.
Ayub, M. (2009). Understanding Islamic Finance. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20.
Ichsan. (2014). Perbankan Syariah (Sebuah Pengantar). Jakarta: GP Press Group.
Ikit. (2015). Akuntansi Penghimpunan Dana Bank Syariah. Yogyakarta: Deepublish.
Imran, B. H. (2017). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam tentang Bank Syariah terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Jurnal Business Administration Volume 1, 2.
Indonesia, I. B. (2014). Memahami Bisnis Bank Syariah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Indonesia, I. B. (2016). Strategi Manajemen Risiko Bank. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Irwanto, S. (2015). Analisis Minimnya Tingkat Pemahaman Masyarakat Kampung Welirang terhadap Produk-Produk Perbankan Syariah dalam Meningkatkan Pendapatan Bank Syariah. UIN Sunan Ampel, http://digilib.uinsby.ac.id/3029/.
Jeki, A. (2018). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Kota Pariaman terhadap Minat Bertransaksi di Lembaga Keuangan Syariah. Proposal Skripsi, 70.
Karim. (2014). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Keller, P. K. (2012). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, P. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Kurniati. (2012). lAnalisis Persepsi dan Preferensi Nasabah Muslim dan Nasabah Non Muslim terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah di Provinsi DIY. Jurnal Ekonomi Syariah volume 2, 2.
Linangkung, E. (2017). Penetrasi Perbankan Syariah Masih Sangat Rendah. Dipetik April 12, 2021, dari https://ekbis.sindonews.com/berita/1172399/178/penetrasi-perbankan-syariah-masih-sangat-rendah
Machmudah, R. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Non Muslim Menjadi Nasabah di Bank Syariah (Studi Bank CIMB Niaga Syariah Cabang Semarang). 24.
Muis, P. &. (2009). Metodologi Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Muri, Y. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nawawi, R., Darmawan, I., Pratama, G., & Robawi, J. (2021). Analisis Administrasi Pembukaan Rekening Baru pada Tabungan Wadiah BNI IB Hasanah di BNI Syariah KCP Plered. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(1), 43-48.
Pauziah, M. (2018). Pengaruh Pemahaman Masyarakat terhadap Riba dalam Meningkat-kan Minat Menabung ke Bank Syariah di Kota Palangka raya. Masters Thesis, 5.
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Priyanto, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gawa Media.
Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Sudarsono, H. (2003). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah (Deskripsi dan Ilustrasi). Yogyakarta: Ekonosia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.
Sujarweni, W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Suprihati, S. &. (2021). Pengaruh Religiusitas, Budaya, Pengetahuan terhadap Minat Masyarakat Menabung di Koperasi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(01), 2021, 443-450, 1.
Syam, A. (2019). Pengaruh Pemahaman Riba terhadap Minat Menabung di Bank Konvensional (Studi Mahasiswa Prodi Perbankan Syariah IAIN Parepare). Undergraduate Thesis, 9.
Usman. (2012). Aspek Hukum Perbankan Syariah di Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.
W, F. (2017). Minat Nasabah terhadap Deposito Mudharabah pada KJKS BMT Al-Fattah Kota Solok. 41-42.
Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiroso. (2009). Produk Perbankan Syariah Edisi 1 Cet-1. Jakarta: LPFE Usakti .
Zulkifli, S. (2003). Panduan Praktis Perbankan Syariah. Jakarta: Zikrul Hakim Cet. Ke-1.
Cahyono, H. (2020). Memaksimalkan Nilai Pendidikan Islam dan Komunikasi dalam Upaya Mensukseskan Perekonomian Di Era 4.0. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1-11.
Cahyono, H. (2020). Konsep Pasar Syariah dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 14-27.
Ghoni, A., MSI, N. H., Cahyono, H., Sy, M. E., & Paturrohman, M. S. (2019). Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah (Study Kasus di BMT Lariba Islamic Centre Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., H Ahmad Munajim, M. M., Barnawi, M. S. I., Darojat, J., & S Pd I, M. S. I. (2019). PEMBIAYAAN MUDHARABAH BMT TUAN JALER CIREBON DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT (STUDI KASUS BMT TUAN JALER CIREBON DESA SETU KULON KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON).
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Ghoni, A., Cahyono, H., & Sy, M. E. (2019). Implementasi ekonomi islam dalam usaha bisnis busana muslim (studi pada cv. Kiddy collection kejaksan kota cirebon).
Muhammadun, S., H Ahmad Munajim, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., Edirianto, H. S., & CACP, M. (2019). PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DAPM UPK BINA ARTHA KECAMATAN SURANENGGALA.
H Ahmad Munajim, M. M., H Tarjono, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., & Ridwan, T. STRATEGI PENYELAMATAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (Studi Kasus Bank BNI Syariah Cabang Cirebon).
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. Analisis Pelaksanaan Penyaluran Dana Wakaf pada Bank Wakaf Mikro KHAS Kempek.
Cahyono, H., Sy, M. E., & Muhaemin, H. A. ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MEMUTUSKAN PEMBELIAN DI TOKO TARSADI PASAR WATES KARANGKENDAL KAPETAKAN KABUPATEN CIREBON.
Marzuki, A., Cahyono, H., & Rosadi, M. Islamization Through Ritual Tradition: A Case of Bele Kampung, In Kelumu Daik Village Lingga Island, Kepulauan Riau, Indonesia.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Sukarnoto, T. (2020). Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 Desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 89-96.
Sukarnoto, T. (2020). Atribut Produk Syariah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 1-25.
Sukarnoto, T. (2020). TRICKLE DOWN ECONOMIC, ATRIBUT PRODUK BANK SYARIAH DAN GOING CONCERN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(2), 1-13.
Haida, N., Pratama, G., Sukarnoto, T., & Widiawati, W. (2021). Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 131-139.
Sukarnoto, T., Nurjati, N., & Rani, V. (2021). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online Pengembangan Usaha Mikro Kecil. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 1-13.
Published
2021-08-31
How to Cite
HAIDA, Nur et al. Pengaruh Pemahaman Masyarakat Tentang Riba Terhadap Minat Bertransaksi Di Bank Syariah. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 131-139, aug. 2021. ISSN 2747-0245. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/484>. Date accessed: 01 jan. 2025.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>