Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang

  • Gama Pratama Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Based on student learning outcomes in the subjects of Accounting Class XI Al-Musyawirin Vocational School and by looking at the value of the acquisition of learning outcomes shows that the value for 2 (two) years has decreased. This is thought to be caused by a decrease related to learning, therefore, this study tries to apply a peer tutor type cooperative learning model. To overcome this problem, this experimental study aims to determine the understanding of different concepts that use peer learning models with conventional learning models, determine differences in concepts in understanding using learning models in high, medium and low level learning motivation, understanding interactions between learning models and learning motivation towards understanding student concepts. This research is an experimental method research with 2 x 3 factorial design. The object of the research is the students of class XI AK 1 and AK 2 SMK Al-Musyawirin Weru, Cirebon District, amounting to 68 students. Data collection techniques used in this study were multiple choice tests. Data analysis techniques in this study used the test for normality and homogeneity. Research hypothesis testing uses two way analysis of variance (two way anova). The results showed (1) There was a difference in concept understanding between students in the class implementing the cooperative peer tutor model and students in the class applying the conventional learning model, (2) There were differences in concept understanding using different learning methods based on motivation levels, namely high, medium and low, (3) There is an interaction between learning models and learning motivation with understanding concepts. The recommendation given is the need to follow up on this research to improve understanding of concepts and motivations with varied learning models and the cooperative learning model of this peer tutoring method can be applied in the learning process


Keywords : Cooperative Learning Model Peer Tutor, Motivation and Comprehension Concept.


Abstrak


Berdasarkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi Kelas XI SMK Al-Musyawirin dan dengan melihat nilai perolehan hasil belajar itu menunjukkan bahwa nilai selama 2 (dua) tahun mengalami penurunan. Hal ini diduga disebabkan oleh penurunan yang berkaitan dengan pembelajaran, oleh karena itu, penelitian ini mencoba menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe peer tutor. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian eksperimental ini bertujuan untuk menentukan pemahaman konsep yang berbeda yang menggunakan model pembelajaran kooperatif teman sebaya dengan model pembelajaran konvensional, menentukan perbedaan konsep dalam pemahaman menggunakan model pembelajaran di motivasi belajar tingkat tinggi, sedang dan rendah, memahami interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3. Objek penelitian adalah siswa kelas XI AK 1 dan AK 2 SMK Al-Musyawirin Weru Kecamatan Kabupaten Cirebon yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis varian dua arah (two way anova). Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang berada di kelas yang menerapkan model tutor sebaya kooperatif dan siswa yang berada di kelas yang menerapkan model pembelajaran konvensional, (2) Ada perbedaan pemahaman konsep yang menggunakan metode pembelajaran berbeda berdasarkan tingkat motivasi yaitu tinggi, sedang dan rendah, (3) Ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar dengan pemahaman konsep. Rekomendasi yang diberikan adalah perlunya menindaklanjuti penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi dengan model pembelajaran yang bervariasi dan model pembelajaran kooperatif metode peer tutoring ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran


Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tutor sebaya, Motivasi dan Konsep Pemahaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L.W., and Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy of Learning, Teacing, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
B. Uno, Hamzah. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darsiti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (studi eksperimen terhadap siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Kota Cirebon. Skripsi pada FKIP Unswagati Cirebon: Tidak diterbitkan.
Dimyati dan Mudjiono. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fajriyah, Euis. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring dan Guided Teaching. Skripsi pada FKIP Unswagati Cirebon: Tidak diterbitkan.
Haryanto. (2012). Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. [online]. [http://www.belajarpsikologi.com/pendekatan-jenis-dan-metode-penelitian-pendidikan/, diakses 27 Desember 2016].
Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Icha, Nisa. Langkah-langkah pembelajaran, Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran. Veynisaicha.blogspot.com/2011/07/15-air-auditory-intellectualy.html (diakses tanggal 16 Februari 2017).
Ischak dan Warji. (1987). Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Isjoni. (2010). Cooperatif Learning. Bandung: Alfabeta.
Jesman. (2013). Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Melalui Metode Tutor Sebaya pada Siswa Kelas V SD Inpres 12 Baiya.1-16.
Krathwohl, D.R. (2002). A revision of Bloom’s Taxonmy: an overview – Theory Into Practice. Ohio: Ohio State University.
Kusmana, Agus. (2010). Aspek-aspek Pemahaman Konsep. [online]. [http://aguskusumanago.blogspot.com/2010/04/aspek-aspek-pemahaman-konsep.html.,diakses 8 Januari 2017.
Nuryanti, B. Lena. (2009).99 Model Pembelajaran Menuju Guru dan Widyaiswara Profesional. Bandung: Bina Tugas Mandiri.
Oemar, Hamalik. (2003). Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. (2007). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru- Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung : CV. ALFABETA.
-------. (2013). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula . Bandung: CV. ALFABETA.
Ruseffendi, E.T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Ruseno dan Titin Suprihatin. (2010). “Makara Sosial Humaniora”. Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri.14 (2). 91-97.
Rusyan, T. (2012). Evaluasi dalam Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Firma Bina Budhaya.
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sani, Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sudjana, Nana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sudjana, Nana. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suherman, E. dan Sukjaya, Y. (1990). Petunjuk Praktis untuk Melaksanakan Evaluasi pendidikan Matematika. Bandung: Tarsito.
Suryabrata, Sumadi. (2014). Metodologi penelitian. Jakarta:PT. Rajagrafindo Persada.
Syaiful, Sagala. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Wardani, I.G.A.K. (2005). Dasar-dasar Komunikasi dan Keterampilan Dasar Mengajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengambangan Aktivitas Instruksional Universitas Terbuka (PAU-PPAI-UT).
Wardiyyah, Nasimatul. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTS NU Banat Kudus pada Materi Pokok Operasi Bilangan Pecahan Semester 1 Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi pada Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang: Tidak diterbitkan.
Wiradinata, Rochanda. (2010). Dasar-Dasar Akuntansi. Bandung: CV. Alfabeta.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Published
2020-10-18
How to Cite
PRATAMA, Gama. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 106-122, oct. 2020. ISSN 2747-0245. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/EcoBankers/article/view/75>. Date accessed: 07 jan. 2025.