Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon

  • Akhmad Khariri Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Jajat Darojat Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Muchlis Muchlis Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Abstrak


Manajemen Tenaga Pendidik bertujuan untuk menciptakan bagaimana pendidik berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan sebagai pendidik dengan tugas tertentu. SMP Islam Terpadu Cirebon merupakan salah satu lembaga pendidikan yang cukup berkembang dan salah satu faktor pendukungnya adalah manajemen Tenaga Pendidik. Adapun Sub fokus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rekrutmen, seleksi dan penempatan guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan melakukan penelitian dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas, validitas, pengujian, konfirmasi penelitian data. Kemudian data dianalisis dalam empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses rekrutmen tenaga pendidik di SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon. 2) Proses seleksi calon guru SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon. 3) Proses selanjutnya adalah menempatkan tenaga pendidik yang sesuai dengan bidangnya. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa manjemen tenaga pendidik di SMPIT Ibnu Khaldun  tidak lepas dari Planning, organizing, actuating dan controlling. Dalam hal ini tentang manajemen organisasi sekolah dibutuhkan yang namanya tenaga pendidik untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMPIT Ibnu Khaldun.


Kata Kunci : Manajemen, Tenaga Pendidik, Mutu Pendidikan, SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanah, Ima Muslimatul, Hermawan, A. Heris, & Hidayat, Wahyu. (2021). Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan ?Kompetensi Profesional. Jurnal Isema?: Islamic Educational Management, 6(1), 55–62. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.6121
Anwar, Rusliansyah. (2014). Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2987
Arviah, Nur. (2020). Manajemen Dalam Islam. Sketsaonline.Com. Retrieved from https://www.sketsaonline.com/manajemen-dalam-islam/
BSNP. (2006). 8 Standar Nasional Pendidikan 4 . Standar Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. (22), 1–4.
Budiman, Sri, & Suparjo, Suparjo. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 515–523. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2197
Riyani, A., Pratama, G., & Surahman, S. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Dewi, Cipta. (2022). Pengembangan Keterampilan Public Speaking Dan Komunikasi Organisasi Pada Anggota Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Denpasar. Jurnal Ilmu Kajian Komunikasi, 24(24).
Hapsari, Aprilia Putri, Setiawan, Farid, & Atmojo, Sugeng Tri. (2021). Analisis Implementasi Manajemen Tenaga Pendidik Di SMK Trisula 1 Depok. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 2(4), 157–164. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v2i4.8705
Haq, Muhammad Faishal. (2017). Muhammad Faishal Haq | 26. Muhammad Faishal Haq, 1(1), 26–41.
Helaludin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pendais, I(skor 403), 44–55. Retrieved from https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/218
Jufni, Muhammad, Saputra, Syifa, & Azwir. (2020). Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 8(4), 575.
Kunci, Kata, Pengembangan, :, Anak, Potensi, Dini, Usia, & Kelas, Pendekatan. (2019). Integrasi Pendidikan Moral Dan Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. 1–16.
Lestari, Sudarsri. (2018). Analisis Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Studi Di Sdn 3 Tamanagung Banyuwangi). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 18–22. https://doi.org/10.31538/nidhomulhaq.v3i1.106
Literatur, Pendidikan, Pendidikan, Manajemen, Nurhayati, Nurhayati, & Rosadi, Kemas Imron. (2022). 1047-Article Text-2127-2-10-20220627. 3(1), 451–464.
Manaf, Abdul. (2015). Manajemen Tenaga Pendidik Dan Kependidikan Di Ponpes Al-Furqan Kota Banjarmasin. Jurnal Ta’lim Muta’allim, 3(5), 5. https://doi.org/10.18592/tm.v3i5.484
Muwahid, Shulhan, & Soim. (2013). Manajemen Pendidikan Islam, Strategi Dasar Menuju Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Intelektualita, 1, 101.
Nuha, Ulin. (2021). DAN KEPENDIDIKAN DALAM ISLAM. XII, 178–194.
Rachman, Tahar. (2018). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Rajaloa, Nani I., & Hasyim, Rustam. (2018). Manajemen Perencanaan Dan Rekrutmen Tenaga Pendidik Oleh Dinas Pendidikan Kota Ternate. Edukasi, 16(1), 11–28. https://doi.org/10.33387/j.edu.v16i1.617
Saefullah. (2012). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (p. 2). p. 2. CV PUSTAKA SETIA.
Saleh, Choirul. (2020). Konsep, Pengertian, dan Tujuan Kolaborasi. Dapu6107, 1, 7–8.
Selatan, Kabupaten Labuhanbatu, & Harahap, Aziddin. (2019). Jurnal Ecobisma Vol. 6 No. 1 Jan 2019 MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DI MTS.S DARUL FALAH LANGGAPAYUNG KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN AZIDDIN HARAHAP. 6(1), 29–36.
Sidiq, Umar, Ag, M., Choiri, Moh Miftachul, Metode, M. A., Kualitatif, Penelitian, & Bidang Pendidikan, D. I. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan.
Simamora, Henry. (2014). Proses Seleksi Calon Guru Baru. 1.
Riyani, A., Pratama, G., & Surahman, S. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Simanjuntak, Ramses. (2019). Pentingnya Penerapan Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter bagi Terciptanya Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Teruna Bhakti, 1(2), 87. https://doi.org/10.47131/jtb.v1i2.17
Sugeng Kurniawan. (2015). Konsep Manajemen Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur ’ an Dan Al-Hadits. Nur El-Islam, 2(2), 1–34.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian (kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sulastri, Sulastri, Fitria, Happy, & Martha, Alfroki. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
Thoha, Muhammad. (2016). Manajemen Pendidikan Islam Konseptuual dan Operasional. Buku Pustaka Radja, 1–171.
UU RI, Nomor 20 tentang Sisdiknas Tahun 2003. (2003). UU RI Nomor 20 tentang Sisdiknas Tahun 2003. 27–45. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/4445/2926
Zaini, Muhammad Fuad, Hidayat, Rahmat, Fadhli, Muhammad, & Pasaribu, Mansur Hidayat. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan: Perspektif Al-Quran dan Tafsir. Education Achievment: Journal of Science and Research, 1(1), 1–15. Retrieved from http://pusdikra-publishing.com/index.php/jsr/article/view/14
Published
2024-02-23
How to Cite
KHARIRI, Akhmad; DAROJAT, Jajat; MUCHLIS, Muchlis. Manajemen Tenaga Pendidik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMPIT Ibnu Khaldun Cirebon. Change Think Journal, [S.l.], v. 2, n. 04, p. 355-367, feb. 2024. ISSN 2829-6664. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/changethink/article/view/1761>. Date accessed: 06 jan. 2025.