Manajemen Pembiayaan dalam Peningkatan Ketercapaian Program Kerja di Majelis Taklim (Studi Kasus Majelis Taklim As-Safinah Gesik-Tengah Tani-Cirebon)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prinsip pendanaan mulai dari transparansi, akuntabilitas, efektivitas serta efesien dan manajemen pembiayaan yang mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan juga kontrol melalui evaluasi kegiatan di Majelis Taklim As-Safinah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan empirik yakni penelitian secara langsung bersentuhan dengan objek penelitian dengan mengobservasi, wawancara, dokumentasi, serta telaah buku-buku sebagai sumber referensi. Data disajikan dan dianalisis dalam bentuk deskriptif yakni mendeskripsikan data dalam bentuk kata-kata dan ditunjang oleh teori serta realitas yang didapat dari lapangan. Hasil penelitian ini yaitu adanya prinsip pendanaan oleh pihak Majelis Taklim yaitu dari transparansi masih kurang begitupun dengan akuntabilitas akan tetapi berbeda dari efektifitas dan efesiensi berjalan dengan sangat baik. Adapun dilihat dari manajemen pembiayaan dari segi perencanaan masih kurang memadai, pengorganisasian sudah baik, pelaksanaannya sudah baik dan control melalui evaluasi sudah baik.
Downloads
References
Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal. JECED?: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 84–97. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.462
Nugroho, A., Santono, R., Yaqien, N., Islam, M. P., Sarjana, P. P., Islam, U., Maulana, N., & Ibrahim, M. (2022). KEBIJAKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM?: Analisis Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Agama Islam di Langgar dan Majelis Ta ’ lim. Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 283–292.
Riyani, A., Pratama, G., & Surahman, S. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Sa’adah, M. Z. (2022). Zahrotul Mu ? anisus Sa ? adah (Vol. 1).
Sakir, M. (2018). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 19(1), 103. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i1.370