Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMP Bayt Tamyiz Desa Sukaperna Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMP Bayt Tamyiz Desa Sukaperna Kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu Tahun Pelajaran 2021/2022. Kajiannya dilatarbelakangi oleh Strategi manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan mutu dengan menggunakan pendekatan dan pelatihan mutu pembelajaran, guna menjadikan mutu sebagai sebuah gerakan bersama peningkatan mutu guru dan siswa, sebagai contoh dalam peningkatan mutu berbahasa asing. Kemudian mengajarkan pada siswa secara terprogram pembelajaran bahasa asing dan pembiasaan program bahasa asing diluar kelas. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SMP Bayt Tamyiz Indramayu bahwa rekrutmen sumber daya manusia dilakukan dengan sangat selektif terutama dalam memilih calon guru pengajar, guna menemukan SDM yang memenuhi syarat dan sesuai yang dibutuhkan dan dapat bekerja dengan baik dalam menjalankan visi dan misi yang telah dibuat. Selain itu SDM di SMP Bayt Tamyiz memiliki ciri khas dalam mengembangkan SDM yang baru bergabung yaitu bagi calon guru akan diberikan waktu untuk meningkatkan kemampuan dibidang membaca AL-Qur’an dan menterjemahkannya, kemudian akan dilatih dalam berbahasa Inggir dan Arab guna dapat berinteraksi dengan peserta didik sekaligus memberi contoh yang baik dan menstimulus peserta didik untuk mengikuti berbahasa Inggris dan Arab. Semua ini berjalan dengan baik karena Kepala sekolah selalu menerapkan prinsip manajemen yaitu POAC. Strategi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pembelajaran di SMP Bayt Tamyiz perlu ditiru yaitu dalam meningkatkan mutu pembelajaran, pemilik SMP Bayt Tamyiz menularkan pengetahuan dan motivasi pada guru-guru terlebih dahulu sebelum diberikan kepada murid. Beberapa hal yang diketahui seperti meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Inggris, Guru bahasa inggris akan dilatih bagai mana menciptakan lingkungan bahasa dan membiasakan setiap hari mulai bangun tidur sampai tidur untuk selalu menggunakan bahasa inggris kemudian bagai mana menstimulus agar anak mau berbahasa inggris
Downloads
References
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).