Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling
Abstract
Penelitian ini bertujuan mencari tahu minat belajar mahasiswa sebelum serta setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok memakai teknik outbound untuk meningkatkan minat belajar sehingga diketahui efektifitas teknik tersebut untuk diterapkan ke mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling FKIP UNCEN. Peneliti memakai model penelitian pre-experiment dengan proses treatment dalam layanan bimbingan kelompok dengan teknik outbound. Populasi pada penelitian ini yakni Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UNCEN semester IV (Angkatan 2020) & semester II (Angkatan 2021) yang berjumlah 43 mahasiswa dari 2 kelas atau angkatan dengan sampel penelitian memakai teknik purposive sampling sebanyak 19 mahasiswa. Hasil dari penelitian ini sebanyak 19 mahasiswa dengan rerata kategori sedang yang terdiri atas 8 mahasiswa dengan minat belajar rendah, serta 11 mahasiswa memiliki minat belajar kategori sedang. Tingkat perubahan minat belajar mahasiswa setelah ikut layanan bimbingan kelompok memakai teknik outbound yakni meningkat minat belajar mahasiswa secara statistik sebesar 23%. Data pre-test awal yang secara rerata dengan nilai 56% berada pada kategori sedang. Lalu sesudah diberi perlakuan oleh peneliti serta diperoleh data post-test akhir, maka didapati rerata nilai post-test sebesar 79% pada kategori tinggi. Dengan demikian perbandingan data statistik tersebut perlakuan (treatment) bimbingan kelompok memakai teknik outbound dinyatakan efektif menaikkan minat belajar mahasiswa.
Downloads
References
pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi.
Ranah Research: Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 51–57.
Asmaryadin, L., Sudarmi, B., & Arifyanto, A. (2019). Pengaruh Minat Belajar Matematika
Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Kendari
Oleh: Jurnal BENING Volume 3 Nomor 1 Januari 2019 PENGARUH, 3, 109–116.
Astuti, A. D. (2018). Bimbingan Kelompok Teknik Outbond Untuk Meningkatkan
Kepercayaan Diri Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 100–105.
Ghazali, A., Swastinah, T., & Budiono, A. N. (2021). Efektifitas layanan bimbingan kelompok
terhadap minat belajar siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, Vol. 4(No.
2), 60–67.
Hardani, H., Medica, P., Husada, F., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., & Fardani, R.
(2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Helen, J. Van, Marjohan, M., & Alizamar, A. (2019). Bimbingan Kelompok Pola BMB3 untuk
Peningkatan Pengendalian Diri Korban Bencana dalam Mengatasi PTSD. JKI (Jurnal
Konseling Indonesia), 4(2), 57–62. https://doi.org/10.21067/jki.v4i2.3045
Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2019). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama
Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan
Konseling Terapan, 5(September), 1–5.
Kurniawati, S. (2019). Teknik-teknik Mengurangi Agresi. Prosiding Seminar Nasional
Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 1995, 250–255.
Mamata, M. (2020). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di
Smp Katolik Santo Fransiscu Xaverius Kema. 01(01).
mirawati. (2018). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dan Kekompakan Kelompok
Dalam Memantapkan Perencanaan Karir Siswa Sma Budi Agung Medan. Kognisi
Jurnal, 3(1), 11–22.
Mulyani, M., & Herdiani, R. T. (2019). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik
Outbound Untuk Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Mahasiswa. Bikotetik
(Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 2(2), 138.
https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n2.p138-143
Munawati, R., Aspin., Rudi, A. (2018). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Minat Belajar
Siswa Smp Negeri 8 Kendari. Jurnal BENING, 2, 29–38.
Munawati, R., Aspin, & Rudin, A. (2018). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Minat
Belajar Siswa Smp Negeri 8 Kendari. Jurnal BENING, 2(2), 29–38.
Nisa, A., & Renata, D. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa dan Implikasinya Terhadap
Layanan Bimbingan dan Konseling. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (EJournal), 5(2), 119. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3058
Rismawati, Jahada, & Arifyanto, A. T. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok
Untuk Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kendari. Bening, 3(2),
35–44.
Sari, S. R., Utaminingsih, D., & Oktariana, Y. (2019). Penggunaan Layanan Informasi Dalam
Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Minat Belajar The Use of Information
Services in Group Guidance for Increase Learning Interest.
Saud, H., Mataputun, Y., & Reba, Y. A. (2021). hubungan antara minat belajar dan
keterampilan belajar dengan motivasi belajar mahasiswa. jurnal kopasta, 8(2), 163–173.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta
Bandung.