Tingkat Resiliensi Akademik Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar

  • Rini Setiawati Universitas Tidar, Indonesia
  • Dhanang Suwidagdho Universitas Tidar, Indonesia
  • Hani Rosyidah Universitas Tidar, Indonesia

Abstract

Perguruan tinggi adalah lingkungan yang penuh tantangan bagi mahasiswa baru di mana mereka harus beradaptasi dengan perubahan terutama hal akademik. Resiliensi akademik memiliki peranan penting dalam memahami bagaimana mahasiswa baru menghadapi dan mengatasi tantangan tersebut. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survey. Penelitian ini bermaksud untuk menggambarkan tingkat resiliensi akademik mahasiswa baru dan sebagai bahan rekomendasi pemberian layanan responsif yang tepat kepada mahasiswa baru FKIP Universitas Tidar. Penelitian ini menggunakan skala resiliensi akademik untuk mengumpulkan data. Sampel diambil secara random sampling yang berjumlah 424 responden dengan kriteria mahasiswa baru semester 2 FKIP Universitas Tidar Tahun 2022/2023. Skala resiliensi akademik dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas (65%) mahasiswa baru FKIP Universitas Tidar memiliki resiliensi akademik tinggi yang ditandai dengan kemampuan menggunakan ketrampilan yang dimilikinya untuk mengatasi pengalaman negatif yang menghambat proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, A., & Listiyandini, R. A. (2017). Peran kecerdasan sosial terhadap resiliensi pada
mahasiswa tingkat awal. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 67–90.
Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A new multidimensional
construct measure. Frontiers in Psychology, 7, 1787.
Creswell, J. W. (2012). Personal copy: Educational research: Planning, conducting, and
evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Education, Incorporated.
Hardiansyah, H., Putri, A. P., Wibisono, M. D., Utami, D. S., & Diana, D. (2020).
Penyusunan alat ukur resiliensi akademik. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 9(3), 185–194.
Hasanah, U. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga dan Goal Commitment terhadap
Resiliensi pada Mahasiswa di Universitas Medan Area. Universitas Medan Area.
Ifdil, I., & Taufik, T. (2012). Urgensi peningkatan dan pengembangan resiliensi siswa di
Sumatera Barat. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(2), 115–121.
Latif, S., & Amirullah, M. (2020). Students academic resilience profiles based on gender and
cohort. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(4), 175–182.
Listyandini, R. A., & Akmal, S. A. (2015). Hubungan antara kekuatan karakter dan resiliensi
pada mahasiswa. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Psikologi. Jakarta: Fakultas
Psikologi Universitas Pancasila.
Loeb, S., Dynarski, S., McFarland, D., Morris, P., Reardon, S., & Reber, S. (2017).
Descriptive Analysis in Education: A Guide for Researchers. NCEE 2017-4023.
National Center for Education Evaluation and Regional Assistance.
Mahardika, A. K. (2017). Perbedaan resiliensi ditinjau dari jenis kelamin pada remaja
dengan orang tua yang bercerai. Universitas Negeri Malang.
Morrisan, M. A. (2012). Metode penelitian survei. Kencana.
Rinaldi, R. (2011). Resiliensi pada masyarakat kota padang ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Psikologi, 3(2).
RIZKIANA, D. W. I. (2020). Resiliensi Akademik Mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling
Islam (Bki) Iain Tulungagung Yang Sedang Menempuh Skripsi Di Tengah Wabah Covid19 Ditinjau Dari Jenis Kelamin.
Somchit, S., & Sriyaporn, P. (2004). The relationships among resilience factors, perception of
adversities, negative behavior, and academic achievement of 4th-to 6th-grade children in
Thad-Thong, Chonburi, Thailand. Journal of Pediatric Nursing, 19(4), 294–303.
Uswatun Hasanah, U. (2017). Pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi pada anak didik
di LPKA Sukamiskin-Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Uyun, Z. (2012). Resiliensi dalam pendidikan karakter.
Warsito, H. (2012). Hubungan antara self-efficacy dengan penyesuaian akademik dan prestasi akademik (Studi Pada Mahasiswa FIP Universitas Negeri Surabaya). Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 29–47
Published
2023-08-29
How to Cite
SETIAWATI, Rini; SUWIDAGDHO, Dhanang; ROSYIDAH, Hani. Tingkat Resiliensi Akademik Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 19-26, aug. 2023. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/1157>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v4i2.1157.
Section
Articles