Studi Kasus: Penggunaan Intervensi Token Ekonomi Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Pada Anak Usia Dini

  • Rizqi Isnaeni Fajri IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Aggressive behavior often occurs in children, especially in early childhood. Many factors of a child having an aggressive attitude, environmental factors or a person who can be imitated or emulated and not given a correct understanding of how to behave should make the child have that attitude. In this case study, you were given a series of psychological tests to determine the dynamics of your personality. So get comprehensive results, by providing BINET, VSMS, NST, observation and interview tests. The next step is giving an intervention to you, the intervention is carried out for one month by conducting three session meetings or the first session introducing, the second session informing you about the agreement that should be done, the third session conducting a joint evaluation of the activities that you have carried out. The method used to modify the economic token can reduce the aggressive behavior ananda, it was strengthened by the family and teacher when holding a follow-up. The class teacher revealed that anada had pinched behavior, hit her themes and sometimes she could share with her friends at school. Meanwhile, the family said that you don't speak loudly or angry when you want something


Abstrak


Perilaku agresif seringkali terjadi pada anak, terlebih pada anak usia dini. Banyak faktor seorang anak memiliki sikap perilaku agresif, faktor lingkungan tempat tinggal atau adanya orang yang dapat ditiru atau dicontoh dan tidak diberikannya pemahaman yang benar tentang bagaimana seharusnya bersikap menjadikan anak memiliki sikap tersebut. Studi kasus ini, ananda diberikan serangkaian tes psikologis untuk mengetahui dinamika kepribadian ananda. Sehingga mendapatkan hasil yang komprehensif, dengan memberikan tes BINET, VSMS, NST, observasi dan wawancara. Langkah selanjutnya yaitu memberikan intervensi kepada ananda, intervensi dilakukan selama satu bulan dengan melakukan tiga sesi pertemuan yatiu sesi pertama melakukan pengenalan, sesi kedua memberitahukan kepada ananda tentang kesepakatan yang harus dilakukan oleh ananda, sesi ketiga melakuan evaluasi bersama tentang kegiatan yang telah dilakukan ananda. Metode modifikasi token ekonomi yang digunakan dapat menurunkan perilaku agresif ananda, hal itu dikuatkan oleh keluarga dan guru saat mengadakan follow up. Guru kelas mengungkapkan bahwa annada berkurang perilaku mencubit, memukul temanya dan kadangkala ananda sudah dapat berbagi dengan teman-temannya di sekolah. Sedangkan dari pihak keluarga mengatakan bahwa ananada tidak berbicara dengan nada keras atau marah ketika menginginkan seuatu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abtokhi, A. (2009). Peran ibu dalam kegiatan pendampingan belajar anak melalui prinsip individual learning-centered. Jurnal Kesetaraan dan Keadilan Gender Pusat Studi Gender (PSG) Universitas Islam negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 4, 2-5.
Almasitoh, U. H. (2012, Juni ). MODEL TERAPI DALAM KELUARGA. Magistra, No. 80 Th. XXIV.
Alatupa, S., dkk. (2011). Childhood disruptiv behavior and school performance across comprehensive school : A prospective cohort study. Psychology science research. 2 (6), 542-55i. Doi: 10/4236/psych.2011.26084
American Psychiatric Assosiation. (2000). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder.(4th ed.). Text Revision. Washington, DC: Author
Anantasari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta : Kanisius
Assjari, M, dkk. (2008). Teori Konseling. Bandung : UPI
Dayakisni, Tri dan Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
Feist, J. &. (2008). Theories Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Krahe, Barbara. (2005). Perilaku Agresif, Buku Panduan Psikologi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mulyani, R. (2013). Penerapan token ekonomi untuk meningkatkan atensi dalam mengerjakan tugas pada anak ADHD. Jurnal Sains dan Praktik Psikologi, volume 1(1), 37-47
Ningsih, I.G. (2008). Token Ekonomi Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Pada Anak Usia Prasekolah. Tesis. Yogyakarta: UGM
Nurmawati. (2013). Penerapan Metode Modifikasi Perilaku Tocen Economy Untuk Mengurangi Conduct Disorder. Procedia Studi Kasus dan Intervensi Psikologi, Volume 1 (1), 31-35

Rizki, K. (2013). Tocen economi untuk meningkatkan atensi pada anak Atention Deficit Disorder. Procedia Studi Kasus dan Intervensi Psikologi 2013, Volume 1 (1), 36-40
Sugiyo. (2005). Komunikasi Antar Pribadi. Semarang: Unnes Press
Sumiati, Dkk. (2009). Kesehatan Jiwa Remaja Dan Konseling. Jakarta: Trans Info Media.
Supriyo. (2008). Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang: Nieuw Setapak
Susanto, E. (2008). Ekonomi token, tips mendidik anak kreatif. Diakses dari http://eko13.wordpress.com/2008/05/18/ekonomi-token-tips-mendidik-anak-kreatif/
Santrock, J.W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). (Penerj. Achmad Chusairi, Juda Damanik; Ed. Herman Sinaga, Yati Sumiharti). Jakarta: Erlangga.
Tentama (2012). Perilaku anak agresif: asesmen dan intervensinya. Jurnal Kesmas ISSN: 0978-0575. Vol. 6, No. 2, Juni 2012: 162-232
Wangmuba. (2009). Kecemasan dan Psikologi. Retreved april 13, 2009. From http://wangmuba.com/tag/kecemasan.
Published
2020-08-31
How to Cite
FAJRI, Rizqi Isnaeni. Studi Kasus: Penggunaan Intervensi Token Ekonomi Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Pada Anak Usia Dini. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 27 - 35, aug. 2020. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/118>. Date accessed: 04 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v1i2.118.
Section
Articles