Keberhasilan Proses Konseling Ditinjau Dari Teknik Attending Konselor Dan Perilaku Asertif Konseli

  • Felix Trisuko Nugroho Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia
  • Friska Estina Putri Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia
  • Marlinda Niut Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknik attending konselor dan perilaku asertif konseli terhadap keberhasilan konseling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 5 Kota Madiun yang pernah menerima layanan konseling dari bulan September 2020-Mei 2021 sebanyak 98 siswa berdasarkan sumber data pada buku konseling. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar jumlah populasi sebanyak 98 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan data primer berbentuk skala keberhasilan konseling, skala teknik attending konselor, dan skala perilaku asertif konseli. Data kemudian dianalisis menggunakan Analisis Regresi Berganda dalam Program SPSS 22 dan hasil dari analisis tersebut adalah terdapat pengaruh teknik attending konselor dan perilaku asertif konseli terhadap keberhasilan proses konseling. Hasil dari uji analisis diperoleh nilai korelasi R sebesar 0.853 dengan memiliki keeratan korelasi yang sangat kuat dan angka koefisien determinasi (R square) sebesar 72,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arintoko. (2011). Wawancara Konseling di Sekolah Lengkap dengan Contoh Kasus dan Penanganan. Yogyakarta: Andi Offset.
Corey, G. (2007). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy 10th Edition. New York: epicon inc
Gantina, K, dkk. (2011). Konseling (Teori, Teknik dan Praktek). Jakarta: PT. Indeks
Hikmawati, F. (2014). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers.
Konseng, A. (2003). Teori Konseling. Bandung: Alfabeta
Latipun. (2001). Psikologi Konseling. Jakarta: Gramedia
Lesmana, J.M. (2005). Dasar-dasar Konseling. Jakarta: UI-Press
Lubis, N.L. (2011). Memahami Konsep Dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Kencana
Mappiare, A. (2002). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Balai Pustaka
Margaretha, H. (2007). Efektivitas Teknik ABC Pada Pendekatan REBT Dalam Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas XI SMAN 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah. Surabaya: UNESA Press
Nugroho, A.R. (2019). Konsep Creative Counselling Untuk Mengatasi Irrational Belief. Jurnal Selaras. Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan. Vol 2, No 1 (75-66).
Nugroho, B.A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi
Nurihsan, A.J. (2010). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: Refika Aditama.
Nursalim, F. (2005). Teknik dan Praktik Komunikasi Verbal-Non Verbal. Surabaya: Samudra Pustaka
Prayitno. (2002). Landasan dan Arah Konseling Profesional: Konseling adalah Pendidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Rezki Hariko. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling. 2(2), 2017, 41-49
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta.
Willis, S.S. (2004). Konseling Individual: Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta
Winkel, W.S & M.M. Sri Hastuti. (2007). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Published
2022-02-28
How to Cite
NUGROHO, Felix Trisuko; PUTRI, Friska Estina; NIUT, Marlinda. Keberhasilan Proses Konseling Ditinjau Dari Teknik Attending Konselor Dan Perilaku Asertif Konseli. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 82-89, feb. 2022. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/1316>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v2i2.1316.
Section
Articles