Pengaruh Kompetensi Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Proses Konseling Yang Diberikan Kepada Peserta Didik
Abstract
Pada konteks layanan konseling, Kompetensi yang dimiliki guru bimbingan dan konseling (BK) sangat diperlukan dalam proses konseling. Pada akhirnya, peserta didik akan datang kepada guru BK dan mempermudah penggunaan keterampilan konseling. Penelitian bertujuan mengetahui kompetensi guru bimbingan dan konseling (BK) dapat mempengaruhi proses konseling yang diberikan kepada peserta didik. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskrisptif kuantitatif. Data diperoleh menggunakan metode angket berbentuk skala yaitu, skala kompetensi guru BK, dan skala proses konseling. Penulis mengajukan hipotesis yaitu, kompetensi guru bimbingan dan konseling mempengaruhi proses konseling yang diberikan kepada peserta didik. Sampel berjumlah 50 peserta didik. Peneliti menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Teknik ini dilakukan agar pertimbangan sampel dari masing-masing strata itu memadai, dalam teknik ini sering pula dilakukan pertimbangan antara jumlah anggota populasi berdasarkan masing-masing strata. Kriteria validitas, nilai r product moment dengan taraf signifikansi 5%. Kriteria pada uji reliabilitas menggunakan kriteria reliabilitas untuk alat ukur yang berupa angket, pada indeks uji reliabilitas dinyatakan bahwa reliabel untuk skala kompetensi guru BK, harga pada r 0,601, serta untuk skala proses konseling dengan harga r 0, 743 Hasil penelitian membuktikan diperoleh Angka r = 0,528, menunjukkan kompetensi guru BK dapat mempengaruhi proses pada layanan konseling yang diberikan kepada individu ataupun peserta didik. Menunjukkan bahwa kompetensi guru BK dapat mempengaruhi proses konseling.
Downloads
References
Pelatihan Mubaligh Atau Da’i Pada IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) Dan IPPNU
(Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian
Kepada Masyarakat Radisi, 2(2), 31–37.
Azwar, S. (2022). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Pustaka pelajar.
Danim, S. (2007). Metode penelitian untuk ilmu-ilmu perilaku.
Hidayatullah, R., Saputra, A. A., Amalia, D. R., & Hasyim, U. A. A. (2019). Schema
activation strategy in reading comprehension to improve student’s interest. Jurnal
Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(2), 147–154.
Kushendar, K., Maba, A. P., Abrori, M. S., Mukharomah, E., Hernisawati, H., & Saputra, A.
A. (2022). Fungsi Advokasi Terhadap Resiliensi Dan Penerimaan Diri Bagi Anak
Korban Perceraian. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 46–
50.
Lesmana, G. (2022). Psikologi Perkembangan Peserta Didik (Vol. 1). umsu press.
Prasasti, S. (2022). PERAN PENDEKATAN BUDAYA LOKAL SEBAGAI STRATEGI
MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT DALAM MASA PENDEMI.
Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 166–177.
Reba, Y. A., & Saputra, A. A. (2021). Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus.
Reba, Y. A., Saud, H., Saputra, A. A., & Pristanti, N. A. (2022). Kinerja Guru Bimbingan dan
Konseling Ditinjau dari Kompetensi Profesional dan Dukungan Sistem. JBKI (Jurnal
Bimbingan Konseling Indonesia), 7(2), 11–19.
Rezy, R. A., Wasidi, W., & Sholihah, A. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
dalam Meningkatkan Minat Kewirausahaan pada Anak Nelayan Pantai Malabero dengan Menggunakan Teknik Modelling. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling,
5(2), 147–154.
Samseno, A. S. (2013). Efektifitas Layanan Bimbingan Belajar Membuat Peta Pikiran Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri Karangpandan Tahun
Pelajaran 2011/2012.
Saputra, R., Korohama, K. E. P., Suarja, S., Nurjanah, N., Lase, J. F., Suryadi, H., Nurrahmi,
H., & Nihaya, M. (2024). Buku Ajar Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. PT.
Sonpedia Publishing Indonesia.
Sayuri, T. D., Reba, Y. A., & Saputra, A. A. (2021). Kedisiplinan Belajar Siswa Ditinjau dari
Pola Asuh dan Kepedulian Orang Tua. Psychocentrum Review, 3(2), 250–258.
Seyoum, Y. (2011). Revitalizing quality using guidance counseling in Ethiopian higher
education institutions: exploring students’ views and attitudes at Haramaya University.
International Journal of Instruction, 4(2).
Sihotang, H. (2023). Metode penelitian kuantitatif. UKI Press.
Supriadi, G. (2021). Statistik penelitian pendidikan. UNY press.