Gambaran Analisis Inventori Tugas Perkembangan Siswa Sekolah Menengah Atas

  • Uli Makmun Hasibuan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia
  • Asbi Asbi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari tugas perkembangan siswa SMA N 13 Medan khususnya pada siswa kelas X E-10 secara detail terhadap pencapaian perkembangan yang ditempuh siswa pada tugas perkembangan masing-masing siswa pada kelas X E-10. Strategi kuantitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif digunakan. Populasi penelitian adalah 36 siswa kelas X E-10 di SMA N 13 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan sampling jenuh, artinya sampel penelitian terdiri dari setiap anggota populasi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen Inventori Tugas perkembangan (ITP) yang dinggunakan berupa perangkat lunak ATP version 3.5.6. Temuan penelitian ini menunjukkan tingkat perkembangan kelas X E-10 SMA N 13 Medan berpengaru pada tingkat individualistik dengan rata-rata levels perkembangan 4,67; simpangan baku 0,11; dan koefisien variansi 4,15%. Oleh karena itu, perlu adanya bantuan khusus kepada anak agar siswa dapat memenuhi tugas-tugas perkembangannya, idealnya dengan berkembangnya kematangan emosi dan perilaku ekonomi otonom pada tingkat konformis (Kof).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriani, Winda. 2017. “Kontribusi Tingkat Percaya Diri Terhadap Tingkat Pencapaian Tugas
Perkembangan Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri Kebakkramat Karanganyar
Tahun Ajaran 2016/2017.”
Anisah, Laelatul. 2016. “Kompetensi Profesional Konselor Dalam Penyelenggaraan
Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Konseling GUSJIGANG 2(1).
Butterworth, George. 2014. Principles of Developmental Psychology: An Introduction.
Psychology Press.
Daniels, David, Terry Saracino, Meghan Fraley, Jennifer Christian, and Seth Pardo. 2018.
“Advancing Ego Development in Adulthood through Study of the Enneagram System of
Personality.” Journal of Adult Development 25:229–41.
Farozin, Muh, Luky Kurniawan, and Luthfita Cahya Irani. 2020. “The Role of Guidance and
Counseling in Character Education.” in Proceedings of the 2nd International Seminar on
Guidance and Counseling 2019 (ISGC 2019). Atlantis Press.
Gumilang, Galang Surya. 2017. “Niche Konselor Di Indonesia Dalam Pendidikan Formal.”
Jurnal Fokus Konseling 3(2):194–204.
Gusli, Surtia. 2021. “Pengembangan Instrumen Remaja Dalam Membina Hubungan
(Handling Relationships) Berbasis Komputer.” JAMBURA Guidance and Counseling
Journal 2(1):16–22.
Habiby, Wahdan Najib. 2017. Statistika Pendidikan. Muhammadiyah University Press.
Hastuti, Rahmah. 2021. Psikologi Remaja. Penerbit Andi.
Lomas, Tim, Lea Waters, Paige Williams, Lindsay G. Oades, and Margaret L. Kern. 2021.
“Third Wave Positive Psychology: Broadening towards Complexity.” The Journal of
Positive Psychology 16(5):660–74.
Parnawi, Afi. 2021. Psikologi Perkembangan. Deepublish.
Rahmat, Muhammad Abdullah, Aznan Fazli Ismail, Eli Syafiqah Aziman, Nursyamimi
Diyana Rodzi, Faizal Mohamed, and Irman Abdul Rahman. 2022. “The Impact of
Unregulated Industrial Tin-Tailing Processing in Malaysia: Past, Present and Way
Forward.” Resources Policy 78:102864.
Rohmah, Hidayatur, Syahidah Rena, Pahrurraji Pahrurraji, and Fajar Syarif. 2023.
“Implementation of Multicultural Education Values in Senior High School.” At-Tadzkir:
Islamic Education Journal 2(2):78–94.
Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah: Konsep, Teori, Dan
Aplikasinya. Kencana.
Wahyudi, Rahmad, Fitria Kasih, and Triyono Triyono. 2021. “Model Rancangan Bimbingan
Kelompok Dengan Menggunakan Metode Role Playing Dalam Membantu Pencapaian
Tugas Perkembangan Peserta Didik (Studi Deskriptif Analisis Kelas XI IPS 1 Di SMAN
2 Padang Panjang).” PEMA (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat)
1(1):14–21.
Yu, Junlin, Pia Kreijkes, and Katariina Salmela-Aro. 2022. “Students’ Growth Mindset:
Relation to Teacher Beliefs, Teaching Practices, and School Climate.” Learning and
Instruction 80:101616.
Zhuravlova, Larysa, and Oleksiy Chebykin. 2021. The Development of Empathy:
Phenomenology, Structure and Human Nature. Routledge.
Published
2024-02-20
How to Cite
HASIBUAN, Uli Makmun; ASBI, Asbi. Gambaran Analisis Inventori Tugas Perkembangan Siswa Sekolah Menengah Atas. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 15-21, feb. 2024. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/1802>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v5i1.1802.
Section
Articles