Implementasi Model Konseling Komprehensif Berbasis Pesantren

  • Maryatul Kibtiyah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
  • Nailu Rokhmatika Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
  • Komarudin Komarudin Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
  • Ayu Faiza Algifahmy Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
  • Rosa Maulida Khasanah Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

Abstract

Pesantren merupakan lembaga Pendidikan yang memberikan pembelajaran full 24 jam. Pesantren menjadi wadah pembentukan karakter bagi para santri dengan penanaman nilainilai agama yang luhur. Pembelajaran full 24 jam mengharuskan santri mampu membagi waktu dengan baik, namun tak jarang hal ini menjadi salah satu problematika bagi para santri, terutama santri baru dalam proses penyesuaian diri. Aktivitas dan kegiatan yang padat sering menjadikan santi mengalami beberapa problematika yang mengakibatkan santri memilih untuk meninggalkan pesantren. Penyesuaian diri menjadi problematika tertinggi dengan prosentase 43%. Data ini diperoleh melalui need assessment pada 300 santri yang digunakan sebagai sampel. Problematika penyesuaian diri menjadi penting dalam pengentasan masalah pada santri. Salah satunya melalui pemberian bantuan layanan konseling secara komprehensif yang sesuai dengan nilai-nilai dan budaya pesantren. Bantuan layanan konseling bertujuan sebagai penanganan problematika santri berkaitan dengan penyesuaian diri baik pada aspek akademik maupun social. Layanan konseling komprehensif memberikan bantuan secara menyeluruh dengan melibatkan seluruh elemen pondok pesantren seperti kyai, asatid dan astaidzah, orang tua dan teman-teman disekitar tempat tinggal santri dan menggunakan nilainilai budaya pesantren agar santri dapat mengadaptasi secara cepat dan tepat. Konseling secara komprehensif pada santri mengintegrasikan budaya pesantren yang mengamalkan nilai-nilai agama Islam yang diajarkan dipondok pesantren melalui integrasi ayat dan hadis yang disederhanakan dengan kehidupan sehari-hari secara sederhana. Pengintegrasian dilakukan untuk mengentaskan permasalahan yang sering dialami dalam pondok pesantren diantaranya; Bullying, penyesuaian diri, ekonomi dan akademik. Penggunaan layanan konseling komprehensif berbasis budaya pesantren memungkinkan konselor dapat memberikan pelayanan secara menyeluruh pada santri dengan melibatkan seluruh steakholder yang ada di lingkungan pondok pesantren, sehingga mampu membantu santri lebih berkembang secara akademik dan mampu menyelesaikan masalah yang dialami secara mandiri dengan integrasi nilai-nilai budaya pesantren yang adaptif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Sutoyo. (2016). Menjadi Penolong (Cetakan I). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, Samsul. (2018). Pengembangan Desain Konseling Berbasis Pesantren dengan
Pendekatan Service-Learning. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam Uniersitas
Ibrahim Situbondo, 08(02), 110–132.
Borg, M & Gall, M. (2007). Educational Research, An Introduction. Boston: Library
Cataleques in Public Data.
Corey, Gerald. (2015). Theory and Practice of Counseling and Psychotheraphy, Eighth
Edition. In Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis (Vol.
53).
Fachrul Firmansyah. (2013). Penyesuaian diri pada remaja yang tinggal di panti asuhan.
Bimbingan Dan Konseling Islam UIN Suka, 3(2), 25–39.
Harahap, Maskhairani, & Wibowo, Mungin Eddy. (2021). Efektifitas Konseling Kelompok
Gestalt Teknik Empty Chair dan Role Revelsal untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa.
Ilmiah Mandala Education, 7(2), 142–147.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jime.v7i2.1990
Hidayati, Nurul Wahyu, Mulawarman, Mulawarman, & Eddy Wibowo, Mungin. (2021).
Blended learning-based career information needs. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2),
123–129. https://doi.org/10.15294/jubk.v10i2.49454
M, Dwi Bhakti Indri, Sugiharto, D. Y. P., & Purwanto, Edy. (2016). Pengembangan Model
Konseling Kelompok Dengan Teknik Spirituality-Cognitive Restructuring Untuk
Meningkatkan Self-Esteem Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 100–106.
Nindiya Eka Safitri, Dwi Putranti. (2017). Assesment kebutuhan pedoman penyusunan
program bimbingan dan konseling komprehensif pada guru bimbingan dan konseling
tingkat SMK Di Kota Yogyakarta. G-Couns Jurnal Bimbingan Dan Konseling UAD,
1(2), 1–12.
Primayana & Kadek Hengki. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui
Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1–7.
https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315
Ramadhan, Muhammad Rayyan, Padang, Universitas Negeri, & Barat, Sumatera. (2022).
Hubungan antara dukungan teman sebaya dengan burnout akademik pada siswa
Madrasah Aliyah Islamic Boarding School Ar-risalah. Jurnal Riset Psikologi, 5(3), 87–
98.
Sa’idah, Salwa dan Laksmiwati. (2017). Dukungan Sosial dan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Tingkat Pertama di Pondok Pesantren Salwa Sa’idah , dan
Hermien Laksmiwati Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal
Psikologi Teori Dan Terapan, 7(2), 116–122.
https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptt.v7n2.p116-122
Saunders, Rachel, & Merlin-knoblich, Clare. (2021). Implementing Large-Group Consultation
in Comprehensive School Counseling Programs Implementing Large-Group
Consultation in Comprehensive. The Journal for Specialists in Group Work, 46(4), 294–
308. https://doi.org/10.1080/01933922.2021.1945176
Susanti, Putri Dwi, & Wibowo, Mungin Eddy. (2020). The Effectiveness of Acceptance and
Commitment Therapy Counseling and Mindfulness-based Cognitive Counseling to
Reduce School Burnout. Jurnal Bimbingan Konseling, 9(24), 173–178.
https://doi.org/DOI https://doi.org/10.15294 /jubk.v9i2.34352??
Wibowo, Mungin Eddy. (2019). Konselor Profesional Abad 21. Semarang: UNNES PERS.
Zuhriy, M. Syaifuddien. (n.d.). PADA PONDOK PESANTREN SALAF. 19(November 2011),
287–310
Published
2024-02-29
How to Cite
KIBTIYAH, Maryatul et al. Implementasi Model Konseling Komprehensif Berbasis Pesantren. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 80-88, feb. 2024. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/1811>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v5i1.1811.
Section
Articles