Pengaruh Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa

Pengaruh Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa

  • Rara Zaaqia Rofi’ah Universitas Cenderawasih
  • Yansen Alberth Reba Universitas Cenderawasih
  • Andika Ari Saputra Institut Agama Islam Ma'arif NU Metro Lampung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bagaimana Model Hubungan pembelajaran online di masa pandemi Covid – 19 terhadap kemandirian belajar, 2) untuk mengetahui seberapa besar dampak pembelajaran online di masa pandemi Covid – 19 terhadap kemandirian belajar, 3) untuk mengetahui seberapa erat hubungan pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 dengan kemandirian belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah  penelitian kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Cenderawasih, Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2015, 2016, 2017, 2018, dan 2019, yang berjumlah 103 mahasiswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Proporsionate Stratified Random Sampling yang berjumlah 85 siswa. Hasil pehitungan pada penelitian ini yaitu nilai konstanta sebesar 31.291 dan koefisien regresi prediktor sebesar 0,892 dengan persamaan regresi linier yaitu Y = 31,291 + 0,892. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,374 diketahui bahwa pembelajaran online mempengaruhi kemandirian belajar sebesar 37,4%, sedangkan 62,6% variabel bebas belajar on line dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran online terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih Jayapura.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., … Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hermawan, R., & Astuti, L. P. (2021). Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Coution: Journal of Counseling and Education, 2(1), 10–21.
Ilmi, Z., Darma, D. C., & Azis, M. (2020). Independence in Learning, Education Management, and Industry 4.0: Habitat Indonesia during COVID-19. Journal of Anthropology of Sport and Physical Education, 4(4), 63–66.
Kuo, Y.-C., Walker, A. E., Schroder, K. E. E., & Belland, B. R. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. The Internet and Higher Education, 20, 35–50.
Lauret, D., & Bayram-Jacobs, D. (2021). COVID-19 Lockdown Education: The Importance of Structure in a Suddenly Changed Learning Environment. Education Sciences, 11(5), 221.
Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., Galyen, K., & Chen, W. (2010). Designing for E-learn, Online, and Distance Learning Environments: Are They the Same. American Educational Research Association, Denver, CO. Retrieved from https ….
Putri, V. D. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Coution: Journal of Counseling and Education, 1(2), 7–16.
Saputra, A. A., Saputra, A., & Permatasari, I. (2017). Kompetensi Konselor Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Kepada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. In Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2).
Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning. Distance Education, 35(1), 18–42.
Published
2021-08-30
How to Cite
ROFI€™AH, Rara Zaaqia; REBA, Yansen Alberth; SAPUTRA, Andika Ari. Pengaruh Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 39-46, aug. 2021. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/389>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v2i2.389.
Section
Articles