Pengaruh Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa
Pengaruh Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui bagaimana Model Hubungan pembelajaran online di masa pandemi Covid – 19 terhadap kemandirian belajar, 2) untuk mengetahui seberapa besar dampak pembelajaran online di masa pandemi Covid – 19 terhadap kemandirian belajar, 3) untuk mengetahui seberapa erat hubungan pembelajaran online di masa pandemi Covid-19 dengan kemandirian belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Cenderawasih, Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2015, 2016, 2017, 2018, dan 2019, yang berjumlah 103 mahasiswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Proporsionate Stratified Random Sampling yang berjumlah 85 siswa. Hasil pehitungan pada penelitian ini yaitu nilai konstanta sebesar 31.291 dan koefisien regresi prediktor sebesar 0,892 dengan persamaan regresi linier yaitu Y = 31,291 + 0,892. Koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,374 diketahui bahwa pembelajaran online mempengaruhi kemandirian belajar sebesar 37,4%, sedangkan 62,6% variabel bebas belajar on line dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Sehingga penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran online terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih Jayapura.
Downloads
References
Hermawan, R., & Astuti, L. P. (2021). Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Coution: Journal of Counseling and Education, 2(1), 10–21.
Ilmi, Z., Darma, D. C., & Azis, M. (2020). Independence in Learning, Education Management, and Industry 4.0: Habitat Indonesia during COVID-19. Journal of Anthropology of Sport and Physical Education, 4(4), 63–66.
Kuo, Y.-C., Walker, A. E., Schroder, K. E. E., & Belland, B. R. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. The Internet and Higher Education, 20, 35–50.
Lauret, D., & Bayram-Jacobs, D. (2021). COVID-19 Lockdown Education: The Importance of Structure in a Suddenly Changed Learning Environment. Education Sciences, 11(5), 221.
Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., Galyen, K., & Chen, W. (2010). Designing for E-learn, Online, and Distance Learning Environments: Are They the Same. American Educational Research Association, Denver, CO. Retrieved from https ….
Putri, V. D. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Coution: Journal of Counseling and Education, 1(2), 7–16.
Saputra, A. A., Saputra, A., & Permatasari, I. (2017). Kompetensi Konselor Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Kepada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. In Seminar Nasional Bimbingan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2).
Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning. Distance Education, 35(1), 18–42.