Tren Penelitian Perencanaan Karier Di Indonesia: Dari Metode Penelitian Hingga Variabel-Variabel Terkait
Abstract
Perencanaan karier yang matang adalah salah satu strategi untuk meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Kajian ini menggunakan teknik analisis konten terhadap sejumlah artikel yang telah dipublikasikan pada jurnal di Indonesia sejak tahun 2015 hingga 2021 dengan perencanaan karier sebagai fokus utama kajian. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan data tren penelitian perencanaan karier di Indonesia serta mengkaji variabel-variabel yang terkait dengan penelitian perencanaan karier. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan temuan bahwa terjadi peningkatan tren penelitian perencanaan karier, meski kemudian sempat terjadi penurunan dikarenakan efek pandemi Covid-19. Di antara publikasi tersebut, desain penelitian yang paling dominan adalah kuantitatif dengan siswa SMA sederajat yang paling banyak menjadi subyek penelitian. Sehubungan dengan temuan penelitian ini, beberapa rekomendasi telah diajukan untuk penelitian mendatang yang mendasari perencanaan karier sebagai fokus utama. Beberapa rekomendasi tersebut antara lain pemilihan metode penelitian, serta subyek penelitian pada siswa SMP, mahasiswa dan karyawan.
Downloads
References
Keluarga terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Majenang.
Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 22–29.
Astuti, B., & Purwanta, E. (2019). Bimbingan Karier untuk meningkatkan Kesiapan karier.
Devstudika.
BPS, B. P. S. (2022). Berita Resmi Statistik.
Budiyono, N. R., & Aji, A. S. (2021). APLIKASI KONSULTASIKARIR UNTUK
MEMILIH JURUSAN DAN STRATEGI PERENCANAAN KARIR. Jurnal Penelitian
Bimbingan Dan Konseling, 6(2).
Buzan, T. (2005). Buku Pintar Mind Mapping: Jakarta: Gramedia Pustaka.
Cesilia, K. A., Tewal, B., & Tulung, J. E. (2018). Pengaruh disiplin kerja, perencanaan karir
dan kompetensi terhadap kinerja karyawan kantor pelayanan pajak (kpp) pratama
manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(1) Fauzi, A., & Pradipta, I. W. (2018). Research methods and data analysis techniques in
education articles published by Indonesian biology educational journals. JPBI (Jurnal
Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 123–134.
Hadi, A., Aryani, E., & Suwidagdho, D. (2020). The Role of Multiple Intelligence on Career
Planning of Students in Public Vocational High School 3 Klaten. KONSELI : Jurnal
Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 7(2), 139–146.
https://doi.org/10.24042/kons.v7i2.7413
Haenggli, M., & Hirschi, A. (2020). Career adaptability and career success in the context of a
broader career resources framework. Journal of Vocational Behavior, 119, 103414.
Hendayani, N., & Abdullah, S. M. (2018). Dukungan teman sebaya dan kematangan karier
mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 28–40.
Jati, A. S., Kusrini, K., & al Fatta, H. (2019). Pengembangan Prototype Tes Psikologi
Perencanaan Karir Siswa SMA. Creative Information Technology Journal, 5(1), 58–70.
Liliweri, A. (2003). Makna budaya dalam komunikasi antarbudaya. Lkis pelangi aksara.
Lodjo, F. S. (2013). Pengaruh pelatihan, pemberdayaan dan efikasi diri terhadap kepuasan
kerja. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).
Mangkunegara, A. A. A. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia perusahaan.
Martella, R. C., Nelson, J. R., Morgan, R. L., & Marchand-Martella, N. E. (2013).
Understanding and interpreting educational research. Guilford Press.
Rokhayati, A., Kambara, R., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Soft Skill dan Perencanaan
Karir Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kualitas Pelatihan Sebagai Variabel Modertor
(Studi Empiris Pada Pt. Krakatau Tirta Industri Cilegon). Jurnal Riset Bisnis Dan
Manajemen Tirtayasa, 1(2).
Sandjaja, S. S., Syahputra, Y., & Erwinda, L. (2020). Validasi skala penilaian instrumen
perencanaan karier menggunakan Andrich Threshold. Persona: Jurnal Psikologi
Indonesia, 9(1), 105–117.
Santrock, J. W. (2011). Life-Span Development 3rd Edition. McGraw-Hill.
Sari, K., & Istiqoma, V. A. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karier
Melalui Bimbingan Karir Media Mind Mapping. Jurnal Wahana Konseling, 2(1), 20–29.
Sinaga, J. D. (2018). Tingkat dukungan orang tua terhadap belajar siswa. Indonesian Journal
of Educational Counseling, 2(1), 43–54.
Sitompul, L. (2018). Meningkatkan Pemahaman Perencanaan Karir Melalui Layanan
Bimbingan Karir di Sekolah dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IX1 SMP Negeri 1 Gebang Tahun 2017-2018. TABULARASA, 15(3), 316–327.
Sulustyawati, H., & Melati, M. (2019). Pengaruh Budaya Rejang Terhadap Perencanaan
Karier Siswa Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan,
Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 27–35.
Sulusyawati, H., Yusuf, A. M., & Daharnis, D. (2017). Perencanaan karier siswa di SMA
ditinjau dari status sosial ekonomi, jenis kelamin, dan jurusan. Jurnal Bikotetik
(Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(1), 8–14.
Suprastowo, J., & Martaningsih, S. T. (2020). Pengembangan Media’Pinball Basket’tentang
perencanaan Karir Siswa SMA. Universitas Ahmad Dahlan.
Suryahadikusumah, A. R., Kurniasari, K., Ferdiansyah, M., Purnamasari, S., & Surtiyoni, E.
(2019). Mempersiapkan Karir Siswa di Era Digital melalui Pemahaman Tipologi
Kepribadian dan Dunia Kerja. Widya Laksana, 8(2), 119–124.
Susetyarini, E., & Fauzi, A. (2020). Trend of critical thinking skill researches in biology
education journals across Indonesia: From research design to data analysis. International
Journal of Instruction, 13(1), 535–550.
Suwarjo. (2008). MODUL PENGEMBANGAN RESILIENSI. Universitas Negeri
Yogyakarta.
Suwidagdho, D., & Purwanta, E. (2022). Development of Instrumen Eksplorasi Karier Anne
Roe (IEKAR) for Junior High School Students. Jurnal Kajian Bimbingan Dan
Konseling, 7(1).
Thoifuri, D., & Ag, M. (2008). Menjadi guru inisiator. Semarang: RaSAIL Media Group.
Tumanggor, H. R., Sunawan, S., & Purwanto, E. (2019). Keefektifan Layanan Informasi
Karir Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Sma Di Kota
Tarakan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(1), 11–17.
Uzunboylu, H., & Aşıksoy, G. (2014). Research in physics education: A study of content
analysis. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 136, 425–437.
Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan
peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).