Hasil Belajar Ditinjau Dari Manajemen Waktu Dan Pergaulan Teman Sebaya Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling
Abstract
Penelitian ini bertujuan dalam (1) mengetahui apakah terdapat korelasi antara keterampilan manajemen waktu mahasiswa dengan prestasi akademiknya, (2) mengetahui apakah terdapat korelasi antara keterampilan manajemen waktu mahasiswa dengan prestasi akademiknya, dan (3) mengetahui apakah terdapat korelasi antara keterampilan manajemen waktu mahasiswa dengan prestasi akademiknya. Penelitian ini adalah studi kuantitatif yang dilakukan setelah fakta. Penelitian ini dilakukan di Universitas Cenderawasih Jayapura pada Program Bimbingan dan Konseling (JIP), Jurusan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Jalan Raya Sentani, Jayapura, Papua. Terdapat 57 partisipan dalam penelitian ini, mewakili angkatan 2017, 2018, 2019, dan 2020. Penelitian mengungkapkan bahwasanya 1) pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar memiliki nilai t-hitung sebesar 2,856 > 2,007 t-tabel dan nilai sig 0,006 0,05. Manajemen waktu telah terbukti mempengaruhi kemampuan belajar mahasiswa, dan nilai thitung sebesar 3,098 > 2,007 dalam t-tabel dan nilai sig 0,0030,05 menunjukkan bahwa teman sebaya mahasiswa berdampak pada kemampuan belajarnya di Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Cenderawasih. Hal ini menunjukkan bahwa interaksi mahasiswa dengan teman sebayanya secara signifikan mempengaruhi prestasi akademiknya. Ketiga, pengaruh manajemen waktu dan hubungan teman sebaya terhadap hasil belajar memiliki nilai t hitung 52,895 > t tabel 3,18 dan nilai sig 0,000 0,05, menunjukkan pengaruh yang signifikan dari hubungan teman sebaya terhadap hasil belajar. Hal berikut mengungkapkan bahwasanya kemampuan siswa dalam mengatur waktu secara efektif dan hubungan mereka dengan teman sebaya secara signifikan mempengaruhi keberhasilan akademik mereka.
Downloads
References
Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang.
Jurnal Profit: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 4(1), 1–11.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80–86.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar
terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal
Penelitian Pendidikan Biologi Dan Biologi, 1(2), 109–116.
Cahyaningtyas, D. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris, Manajemen
Waktu, dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer Pada Mahasiswa
Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal
Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2).
Firmansyah, M. A. (2017). Analisis hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah statistika.
JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).
Gunawan, I. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Retrieved June, 7, 2017.
Harlina, A. P., Suharso, S., & Hartati, M. T. S. (2014). Mengembangkan Kemampuan
Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Kontrak
Perilaku. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1).
Hernita, N. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Dan Lingkungan Keluarga Terhadap
Pengambilan Keputusan Dalam Memilih Jurusan:(Studi kasus pada Mahasiswa Jurusan
manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Majalengka). Eco-Iqtishodi: Jurnal Ilmiah
Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 1(1), 35–44.
Ilyas, I., Marisa, F., & Purnomo, D. (2018). Implementasi Metode Trend Moment
(Peramalan) Mahasiswa Baru Universitas Widyagama Malang. JOINTECS (Journal of
Information Technology and Computer Science), 3(2), 69–74.
Juliasari, N., & Kusmanto, B. (2016). Hubungan Antara Manajemen Waktu Belajar, Motivasi
Belajar, Dan Fasilitas Belajar Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas
VIII Sekecamatan Danurejan Yogyakarta. Jurnal: UNION, 4(3), 405–412.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran Teman Sebaya dalam Pembentukan Karakter
Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2).
Linda, O., & Rachmawati, E. (2020). Program kelompok teman sebaya dalam upaya
pencegahan HIV& AIDS pada remaja di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta. BERNAS:
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116–119.
Monica, A. A. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga dan teman sebaya terhadap sikap sosial
siswa kelas XI IPS SMA Negeri 20 Batanghari [PhD Thesis]. Universitas Jambi.
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar
siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9–16.
Novianti, Y. P. (2017). Pengaruh manajemen waktu terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS
mata pelajaran ekonomi MAN Kota Blitar [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri
Maulana Malik Ibrahim.
Nurpitasari, E., Bhakti, C. P., & Ghiffari, M. A. N. (2020). Android Application Of Study
Time Management for Eighth Graders in Junior High School 12 Yogyakarta. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics, 1(1).
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar
siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1),
171.
Oktariani, O. (2019). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan
Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal
Psikologi Kognisi, 2(2), 98–112.
Pasaribu, V. L. D., Elburdah, R. P., Sudarso, E., & Fauziah, G. (2020). Penggunaan
Manajemen Waktu Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di Smp Araisiyah. Jurnal
ABDIMAS Tri Dharma Manajemen, 1(1), 84–91.
Retnowati, F. (2017). Hubungan kebiasaan belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil
belajar IPS Kelas V. Joyful Learning Journal, 6(3), 197–205.
Rosyida, F., Utaya, S., & Budijanto, B. (2016). Pengaruh kebiasaan belajar dan self-efficacy
terhadap hasil belajar geografi di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(2).
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sutopo, E. Y., & Slamet, A. (2017). Statistik Inferensial. Penerbit Andi.