Implementasi Pendekatan REBT Untuk Mereduksi Perilaku Self Harm

  • Ade Shofiatul Jannah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia
  • Muslimah Muslimah Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia
  • Achmad Gozali Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor, bentuk, dampak self harm serta implementasi pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy untuk mereduksi perilaku self harm pada peserta didik kelas IX di SMP Telkom Sekar Kemuning Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan interview, observasi, dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data bersifat deskriptif kualitatif menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan terdapat 2 subjek penelitian yang melakukan self harm, yang disebabkan oleh faktor disfungsional keluarga serta kurangnya kemampuan mengekspresikan emosi negatif. Bentuk self harm yang dilakukan diantaranya menyayat permukaan kulit, membenturkan kepala atau tangan ke tembok. Proses konseling dilakukan oleh guru BK untuk mereduksi perilaku self harm dengan langkah identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, evaluasi dan follow up. Setelah diberikan layanan konseling individu dengan pendekatan Rational Emotive Behavioral Therapy oleh guru BK, peserta didik mampu mengubah pola pikir serta mereduksi perilaku self harm subjek dan mengubahnya ke arah yang lebih positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alcorn, Nancy. (2007). E-Book Mercy For Self-Harm. USA : NavPress Publishing Group
Amalia. (2019). Bimbingan Konseling Islam Menggunakan Teknik Rational Emotive Behavior
Therapy dalam Mengatasi Self Injury (Melukai Diri) pada Siswi Kelas 7 di SMPN 13
Surabaya. Skripsi. Surabaya : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam
Negeri Sunan Ampel
Arikunto & Suharsimi. (2010I. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Rineka Cipta
Audhia, Syahiba Nur. (2019). Konseling Psikoanalisa untuk Mengurangi Self Injury (Melukai
Diri Sendiri) pada Seorang Karyawan di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Fakultas
Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
Citra Melati Putri & Abdurrohim. (2015). Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan
Perilaku Agresi pada Siswa SMK Dinamika Kota Tegal. Jurnal Psikologi Fakultas
Psikologi Semarang, 10(1)
Caperton, Barbara. (2004). What School Counselors Should Know About Self Injury Among
Adolescents: A Literature Review. A Research Paper: University of Wisconsin-Stout.
Corey, Gerald. (2017). Teori dan Praktik Konseling & Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama
Dennis Ougrin, Audrey Ng, & Tobias Zundel. (2010). Self Harm in Young People: A
Therapeutic Assessment Manual. London: Hodder Headline Group
Erford, Bradley T. (2020). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Grup
Hartono & Boy Soedarmadji. (2012). Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana
Khalifah, Sayyidah. (2019). Dinamika Self Harm pada Remaja. Skripsi. Surabaya: Fakultas
Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
Lubis, Namora Lumongga. (2013). Memahami Dasar-Dasar Konseling. Jakarta Kencana
Laila faried, dkk. (2018). Efektivitas Pemberian Ekspresif Writing Therapy terhadap
Kecenderungan Self Injury Ditinjau dari Kepribadian Introvert. Jurnal Fakultas
Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang, 22(22)
Maidah, Destiana. (2013). Self Injury pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi
Semarang, 2(1)
Mental Health America. https://www.mhanational.org/conditions/self-injury-cutting-selfharm-or- self-mutilation Diakses pada tanggal 04 Desember 2020
Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan
Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia
Prayitno & Erman Amti. (2015). Dasar Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka
Cipta
Sugianto, Naufalia Ferryandrena. (2020). Pengaruh Disregulasi Emosi, Kesepian, dan
Religiusitas terhadap Perilaku Self Injury pada Remaja. Skripsi Psikologi. Jakarta:
Fakultas Psikologi
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sutopo, Yessy Ari Estiani. (2017). Penggunaan Konseling Rational Emotive Behaviour
Therapy (REBT) dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas XI
di SMA Negeri 1 Seputih Raman Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017).
Skripsi Bimbingan dan Konseling. Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Sutoyo, Anwar. (2017). Pemahaman Individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suyitno. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Konsep, Prinsip dan Operasionalnya. Malang:
Akademi Pustaka
Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi)
Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers
Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah UIN Antasari
Banjarmasin, 17(33)
Riza, dkk. (2019). Studi Layanan Bimbingan dan Konseling yang dapat Mengatasi Perilaku
Self Injury pada Siswa Kelas 8 di SMP Negeri 13 Banjarmasin. Jurnal BK An Nur
Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari, 5(3)
Romas, Muslimah Zahro. (2010). Self Injury Remaja Ditinjau dari Konsep Dirinya. Jurnal
Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, 8
Yusuf, Syamsu. (2017). Bimbingan dan Konseling Perkembangan. Bandung: PT Refika
Aditama
Yusuf, Syamsu. (2016). Konseling Individual Konsep Dasar dan Pendekatan.
Bandung: Refika Aditama
Wahyuningsih, Sri. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus (Konsep, Teori Psikologi
Komunikasi, dan Contoh Penelitiannya). Madura: UTM Press
Willis, Sofyan. (2014). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta
Zalyaleolita Yuliandhani Helmi Zakaria, R. M. (2020). Faktor Faktor yang
Mempengaruhi Perilaku Nonsuicidal Self Injury (NSSI) pada Remaja Putri.
Jurnal Psikologi Sains dan Profesi Fakultas Kedokteran Universitas
Pembangunan Veteran Jakarta, 4(2)
Published
2024-02-29
How to Cite
JANNAH, Ade Shofiatul; MUSLIMAH, Muslimah; GOZALI, Achmad. Implementasi Pendekatan REBT Untuk Mereduksi Perilaku Self Harm. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 126-136, feb. 2024. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/625>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v5i1.625.
Section
Articles