Konseling Eksistensial Humanistik Untuk Pelaku LGBT Di Sekolah

  • Dedi Kuswanto Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Nurus Sa'adah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Abstract

Perilaku dalam kehidupan semakin beragam dan berwarna membeikan nilai positif dan kebalikannya. Akan memberi manfaat jika yang dipilih adalah perilaku positif, namun akan memberikan dampak kerugian jika yang dipilih adalah perilaku yang negatif. Terkadang seseorang tidak sadar memilih dan melakukan hal yang keliru, tidak sesuai dengan nilai norma yang berlaku. Salah satu perilaku yang dinilai benar padahal sebaliknya adalah LGBT. Perilaku ini harus diselamatkan karena sudah merambah usia remaja dalam kehidupan sekolah, lingkungan bermain dan rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik studi pustaka dengan sumber data dari literatur yang berkaitan dengan konseling dan LGBT dengan analisis konten. Hasil penelitian ini berupa rekomendasi menggunakan konseling eksistensial humanistik dalam memberikan bantuan kepada konseli LGBT dengan dasar setiap manusia memiliki sisi kemanusiaan yang bisa diangkat, memiliki kemampuan memahami diri dan lingkungan sehingga tidak berbenturan dengan norma, memiliki sikap dan tanggungjawab diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Corey, Gerald. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Fullerton:
California State Ubiversity. Ninth Edition.
Dacholfany, M. I. (2017). Dampak LGBT dan antisipasinya di masyarakat. Nizham Journal of
Islamic Studies, 4(1), 106-118.
Fatwa MUI. (2014). Lesbian, Gay, Sodomi dan Pencabulan. Ditetapkan di Jakarta 8 Rabiul
Awal 1433 bertepatan dengan 31 Desember 2014.
Fitri, Qawiyyan. Mahmud, Alimudin, Saman, Abdul. (2019). Penerapan Pendekatan
Konseling Eksistensial Humanistik untuk Mengurangi Perilaku Hedonis Siswa di
SMAN 10 Makassar. Jurnal ilmiah psikologi Psympatic. Vol. 6 (No. 1). Hal. 41-52.
Fitri, S., Luawo, M. I. R., & Tarzia, W. (2017). Sikap Guru Bimbingan Konseling SMA
Negeri DKI Jakarta Terhadap LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual Dan Transjender) Di
Sekolah. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 101-113.
Hardani, dkk. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Group Yogyakarta.
Hardiyanto, A. (2022). Gerakan sosial Komunitas Sekolah Damai Indonesia dalam
menghentikan diskriminasi LGBT di Kota Bandung: Studi deskriptif terhadap Komunitas Sekolah Damai Indonesia Bandung (Doctoral dissertation, UIN Sunan
Gunung Djati Bandung).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Saat Aku dan Kamu Berbeda. Jakarta:
Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak
Usia Dini dan Pendidikan Mayarakat.
Komala Sari. Dkk. Bahaya Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (LGBT) di SMA Kota
Padang. Jurnal Abdimas Saintika. Vol. 2 (No. 1).
Lexy J Moleong. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung:
hal. 332
Munadi. (2017). Diskursus Hukum LGBT di Indonesia. Lhoksumawe: Unimal Press.
Nofianto, A. (2019). Comparison of Lesbian, Gay, Bisexual and Transgender (LGBT) Child
Rights Protection between Indonesia and Taiwan: A Legal Construction of Rights
Protection for LGBT Child in Indonesia (Doctoral dissertation, Universitas
Internasional Batam).
Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia. (2015). Kementerian Pemberdayaan
Perempuan dan Perlindungan Anak: laporan kajian pandangan LGB Terhadap Status
Gender dan Persamaan HAM di Jakart, Bogor, Depok dan Tangerang.
Rahmatullah, A. S., & Azhar, M. (2018). Pesantren Dan Homoseksualitas Kaum Santri (Studi
Pada Pesantren Tua Salafiyyah dan Khalafiyyah di Kota Santri Jawa Timur). Jurnal
Inferensi STAIN Salatiga Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 12.
Ramadhan, Fitri. M. (2018). Survei SMRC 2017, LGBT Dibenci Tapi Wajib Dilindungi.
Diakses pada 13 Juni 2022. Dapat dilihat pada:
ttps://grafis.tempo.co/read/1138/survei-smrc-akhir-2017-lgbt-dibenci-tapi-wajibdilindungi-negara.
SISKA, Y. (2016). Implementasi Pedagogik Humanistik Dalam Pembelajaran Moral Dan
Budi Bekerti Di Sekolah Dasar Sebagai Penangkal Fenomena Lgbt (Lesbian, Gay,
Biseksual, Dan Transgender). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Dasar, 3(1), 159-178.
Susilandari, Endah. (2004). Konsep Diri Lesbian dan Strategi Penyesuaian Sosial Dalam
Komunitas Islam di Yokyakarta. Tesis Pascasarjana Universitas Gajah Mada
Yokyakarta.
Tim USAID dan UNDP. (2014). Hidup sebagai LGBT di Asia: laporan Nasional Indonesia.
USAID, USA.
Undang-undang Dasar 1945 amandemen kedua: pasal 28 E ayat 2 dan ayat 3
Published
2023-02-28
How to Cite
KUSWANTO, Dedi; SA'ADAH, Nurus. Konseling Eksistensial Humanistik Untuk Pelaku LGBT Di Sekolah. Coution : journal of counseling and education, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 42 - 49, feb. 2023. ISSN 2746-6787. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/coution/article/view/626>. Date accessed: 06 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.47453/coution.v4i1.626.
Section
Articles