Evaluasi Dan Supervisi Bimbingan Dan Konseling Menggunakan Model CIPP
Abstract
Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi layanan Bimbingan dan Konseling berbasis CIPP di sekolah. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Model penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah CIPP (Context, Input, Process, Product). Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan Observasi. Sumber data penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, 1 Koordinator BK, 2 Guru BK, 10 orangtua dan 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi pada komponen Context, Process dan Product berada pada kategori baik, sedangkan komponen Input berada pada kategori cukup baik. Simpulan dari penelitian ini bahwa evaluasi pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling dengan model evaluasi CIPP berada dalam kategori baik.
Downloads
References
konseling bidang sosial dengan teknik Contex, Input, Proses, Produk (CIPP) di sekolah
menengah kejuruan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(2), 354–363.
Caroline, E. (2019). Metode Kuantitatif. MEDIA SAHABAT CENDEKIA.
Gybers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing and managing your school guidance and
counseling program. United States: American Counseling Association.
Matori, H. (2016). Kontribusi kompetensi profesional, kepuasan kerja, dan motivasi terhadap
kinerja guru. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 14(1).
Putra, E. M., & Nusantoro, E. (2015). Evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan
konseling di SMK Negeri 1 Blora (Model CIPP). Indonesian Journal of Guidance and
Counseling: Theory and Application, 4(1).
Putri, A. E. (2019). Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka.
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2), 39–42.
Setiawan, G. D. (2019). Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling Dengan Model Cipp Di
SMA Negeri 2 Singaraja. Daiwi Widya, 6(1), 26–39.
Steinert, Y., Mann, K., Anderson, B., Barnett, B. M., Centeno, A., Naismith, L., Prideaux, D.,
Spencer, J., Tullo, E., & Viggiano, T. (2016). A systematic review of faculty
development initiatives designed to enhance teaching effectiveness: A 10-year update:
BEME Guide No. 40. Medical Teacher, 38(8), 769–786.
Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2012). Systematic evaluation: A self-instructional guide to theory and practice (Vol. 8). Springer Science & Business Media.
Sugiyo, S., & Muslikah, M. (2018). Evaluation Models of Guidance and Counseling Service
Based CIPP in Senior High School. 4th International Conference on Early Childhood
Education. Semarang Early Childhood Research and Education Talks (SECRET 2018),
242–249.
Tumanggor, S., & Tsani, L. A. (2019). EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN
KONSELINGDI SMKN 41 JAKARTA. Hijri, 8(2), 103–121.
Wambu, G. W., & Fisher, T. A. (2015). School Guidance and Counseling in Kenya:
Historical Development, Current Status, and Future Prospects. Journal of Education and
Practice, 6(11), 93–102.
Wilson, J. M., Sullivan, B. A., & Hollis, M. E. (2016). Measuring the “unmeasurableâ€
approaches to assessing the nature and extent of product counterfeiting. International
Criminal Justice Review, 26(3), 259–276.
Winkel, W. S. (2021). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan