Regulasi Emosi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui regulasi emosi mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid -19 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Agar mahasiswa mampu meregulasi emosinya selama pembelajaran daring. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 5 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mengukur keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek sulit meregulasi emosi selama pembelajaran daring. Dampak dari subjek yang sulit meregulasi emosi tersebut diantaranya adalah sulit mengontrol emosi yang ditunjukkan dengan subjek sering marah- marah, berteriak, berkata kasar sendiri, memukul tembok, melempar barang, berkata kotor dan berdiam diri di kamar. Banyak faktor yang mempengaruhi subjek sulit mengontrol emosi selama pembelajaran daring karena banyak masalah yang dihadapi, diantaranya sulit mengatur waktu antara kuliah dan kerja, pola fikir negatif dan selalu overthingking serta kurang mengerti penjelasan dari dosen sehingga melalaikan tugasnya.
Downloads
References
Daring Menggunakan Ms . Teams pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pemikiran Dan
Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 16–27.
As‘adi Muhammad. (2011). Cara kerja Emosi dan Pikiran Manusia. Penerbit Yogyakarta:
PT.Diva Press.
Ayuningtiyas, C., Fitriana, S., & Dian, M. P. (2020). Regulasi Emosi Siswa Dalam
pembelajaran Daring. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 1(2), 107–113.
http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal.
Aryansah, Januar Eko & Sari, Syska Purnama. (2021). Analisis Peran Regulasi Emosi
Mahasiswa terhadap Kebijakan School From Home Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal
Pemerintahan Dan Politik. Volume 6 No.1
Aryani, E. (2020). Communication of Parents and Early Childhood to Build Confidence in The
Pandemic Covid-19. JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 9.
Gross, J. J. (2014). Emotion Regulation: Conceptual and Empirical Foundations. In J. J. Gross
(Ed.), Handbook of Emotion Regulation, Second Edition. New York: The Guilford Press.
Kelurahan, S., Benut, P., & Meral, K. (2021). 271-Article Text-822-1-10-20210204.
Kogoya, Martha & Jannah, Miftakhul. (2021). Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap
Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian
Psikologi. Vol 8. No 9.
Mulyana, O. P., Umi Anugerah Izzati, Meita Santi Budiani, & Ni Wayan Sukmawati Puspita
Dewi. (2020). Pelatihan Regulasi Emosi untuk Meningkatkan Strategi Regulasi Emosi pada
Mahasiswa Psikologi FIP Unesa yang terdampak Pandemi Covid-19. JURPIKAT (Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(3), 249–261.
https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i3.339.
Paula, M., & Kogoya, V. (2021). Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Prokrastinasi Akademik
Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(9),
14–23. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41917
Setyawati, R. K., & Chelsea, M. (2021). Mengelola Emosi Mahasiswa Selama Belajar secara
Daring. Jurnal Administrasi Dan Kesekretariatan, 6(1), 63–77.
http://journal.starki.id/index.php/JAK/article/view/562
Sodikin. (2014). Regulasi Emosi Pada Mahasiswa Suku Jawa, Suku Banjar, Dan Suku Bima.
UIN Maulana Malik Ibrahim, 39(1),1–
15.http://dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.03.025%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature1
0402%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature21059%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/inde
x.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0a Http://dx.doi.o
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development).
Penerbit Alfabeta Bandung.
Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa
Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD
Undiksha, 8(3), 515–526.