Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Secara Online
Keputusan konsumen dan belanja onlne
Abstract
The development of technology allows humans to do various things easily and practically. This encourages humans to be able to do various things at the same time. Not only does time become efficient, but the communication relationship is maintained even though it is a long distance. It is not only the social value that has been facilitated, but from an economic point of view, especially trade, that has been made easier. The seller only needs to be at the house or shop and the buyer doesn't need to come to the shop. This interaction via the internet is where the online shopping model occurs. The increasing demand online has resulted in the emergence of many online shopping service provider applications or what we usually call e-commerce. In e-commerce, sellers and buyers interact to sell and buy products and services. One thing that is interesting is how consumers make decisions to buy a product even though the product is not actually just an image. This is a curiosity to research further. In this research, the researcher conducted an investigation by conducting observations, interviews, and theoretically exploring the students of IAI Bunga Bangsa Cirebon Islamic Economics Study Program, semester 3. The results obtained were that on average they shop online at Shopee compared to other e-commerce. The products that consumers often buy in online shopping are fashion and shoes. The main reasons consumers buy goods online are low prices, practicality, and time efficiency.
Abstrak
Perkembangan teknologi memungkinkan manusia melakukan berbagai hal secara mudah dan praktis. Hal tersebut mendorong manusia mampu melakukan berbagai hal dalam waktu yang bersamaan. Tak hanya waktu yang menajadi efesien namun hubungan secara komunikasi tetap terjaga meski dalam jarak yang jauh. Bukan hanya pada nilai sosial yang dipermudahkan, namun pada segi ekonomi terutama perdagangan pun dipermudahkan. Penjual hanya cukup berada di rumah atau toko dan pembeli pun tidak perlu datang ke toko. Interaksi melalui internet inilah model pembelanjaan online terjadi. Semakin tingginya permintaan secara online mengakibatkan banyaknya bermunculan aplikasi penyedia jasa belanja secara online atau yang biasa kita sebut dengan ecommerce. Di ecommerce inilah penjual dan pembeli berinteraksi untuk menjual dan membeli produk dan jasa. Satu hal yang menarik adalah bagaimana konsumen membuat keputusan untuk membeli suatu produk padahal produk tersebut tidak secara nyata hanya dalam bentuk gambar. Inilah yang menjadi keingintahuan untuk meneliti lebih jauh. Dalam penelitian ini yang dilakukan oleh peneliti adalah mencari tahu dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan menggali secara teori pada mahasiswa IAI Bunga Bangsa Cirebon Prodi Ekonomi Syariah semester 3. Hasil yang di dapat adalah rerata mereka berbelanja online di Shopee dibandingkan dengan ecommerce yang lain. Adapun produk yang sering dibeli oleh konsumen di belanja secara online adalah fashion dan sepatu. Alasan utama konsumen membeli barang secara online adalah harga yang murah, praktis, dan efesiensi waktu.
Downloads
References
www.APJII.or.id (diakses pada tanggal 06 Oktober 2019, pukul 11.00 WIB).
Anonim. 2015. Pengertian Observasi Menurut Para Ahli
http://seputarpengetahuan.co.id (diakses pada tanggal 21 Oktober 2019, pukul 06.43 WIB).
Rayender. 2015. Metode Penelitian Menurut Sugiyono
http://rayendar.blogspot.com (diakses pada tanggal 21 Oktober 2019, pukul 06.40 WIB).
Adi, R. (2013). DENGAN SISTEM PRE ORDER SECARA ( Studi Kasus Pada Online Shop Chopper Jersey ).
Arwiedya, mochamad R. (2011). ANALISIS PENGARUH HARGA , JENIS MEDIA PROMOSI , RESIKO KINERJA , DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN VIA INTERNET (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Fashion Online yang bertindak)..
Ghoni, A., MSI, N. H., Cahyono, H., Sy, M. E., & Paturrohman, M. S. (2019). Pengaruh Pembiayaan Musyarakah Terhadap Pendapatan Usaha Kecil dan Menengah (Study Kasus di BMT Lariba Islamic Centre Cirebon).
Hidayati, F. (2018). Keefektifan Metode Reciprocal Learning terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau dari Minat Membaca Karya Sastra. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(9), 10-20.
Hidayati, F. (2016). Keefektifan Metode Reciprocal Learning Dan Talking Stick Terhadap Kemampuan Mengapresiasi Cerita Pendek Ditinjau Dari Minat Membaca Karya Sastrasiswa Kelas X Sma Negeri Di Kota Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Mujiyana, M., & Elissa, I. (2013). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN VIA INTERNET PADA TOKO ONLINE. J@TI UNDIP : JURNAL TEKNIK INDUSTRI. https://doi.org/10.12777/jati.8.3.143-152
Muhammadun, S., H Ahmad Munajim, M. M., Cahyono, H., Sy, M. E., Edirianto, H. S., & CACP, M. (2019). PENGARUH PELATIHAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIVITAS KARYAWAN DAPM UPK BINA ARTHA KECAMATAN SURANENGGALA.
Nurmadina. (2008). KEPUTUSAN MEMBELI SECARA ONLINE DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIII(2), 140–146.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Jurnal Ecopreneur Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Rahmat, P. S. (n.d.). Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf.
Sumolang, M. (2013). PERANAN INTERNET TERHADAP GENERASI MUDA. Journal Volume II. No. 4. Tahun 2013, II(4).
Suryana. (2010). Metodologi penelitian.
Syah, N. H. (2017). KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI ONLINE SHOP DI KOTA MEDAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI.
Wahidmurni. (2017). PEMAPARAN METODE PENELITIAN KUALITATIF. 1–17.
Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS GUNADARMA. Jurnal Manajemen Dayasaing. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v19i1.5101.
Pratama, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 106-122.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.