Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Dalam Pengambilan Keputusan Memilih SMK Farmasi YPIB Cirebon
Abstract
The purposes of this research are: (1) to determine the factors that affecting interest students in decision-making choose in SMK Farmasi YPIB Cirebon, (2) to determine which factor that has the greatest or most dominant to interest students in decision-making choose in SMK Farmasi YPIB Cirebon. To be able to determine the factors that affect interest decision-making choose of accounting, then a research was conducted using factor analysis and descriptive analysis methods.The population of this study were all students class X amounting to 116 students. The samples were 53 members chosen using proportional random sampling technique. The variables of this study were the talent, potential self, intelegent, family, school, peers group, employments opportunities, lack of participation, lack of representation, treatment not fair, dimensions access, dimensions of learning process, dimensions mastery, dimensions control, and dimensions of benefits. The data collection method used was questionnaires, then analyzed by factor analysis with SPSS 17 for windows.Based on the results of the factor analysis, from the 15 items there is 1 variables that should be dropped, while the remaining 14 variables formed 3 new factor, namely the internal factor students, the external factor students, and gender difference. Third new factors have a totl value of the coefficients variant 58,19%. The dominant factor influential namely gender difference which embeds in it values the coefficients variant 27,157%. Dimensions control with load factor of 0.674, lack of partisipation with load factor 0.671, dimensions of benefits with load factor of 0.740, dimensions of learning process with load factor of 0.612, dimensions mastery with a load factor of 0.610, with a load factor of lack of representation 0,823, and the unjust treatment with a charge with load factor of 0.597.
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam pengambilan keputusan memilih di SMK Farmasi YPIB Cirebon, (2) untuk mengetahui faktor mana yang paling besar atau paling dominan terhadap minat siswa dalam pengambilan keputusan. pilih di SMK Farmasi YPIB Cirebon. Untuk dapat menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi minat dalam pengambilan keputusan memilih sekolah, maka penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis faktor dan metode analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang berjumlah 116 siswa. Sampel adalah 53 anggota yang dipilih menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel penelitian ini adalah bakat, potensi diri, intelegen, keluarga, sekolah, teman sebaya, peluang kerja, kurangnya partisipasi, kurangnya keterwakilan, perlakuan yang tidak adil, dimensi akses, dimensi proses pembelajaran, dimensi penguasaan, dimensi kontrol, dan dimensi manfaat. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, kemudian dianalisis dengan analisis faktor dengan SPSS 17 for windows. Berdasarkan hasil analisis faktor, dari 15 item ada 1 variabel yang harus dibuang, sedangkan 14 variabel sisanya membentuk 3 faktor baru , yaitu faktor internal siswa, faktor eksternal siswa, dan perbedaan gender. Faktor baru ketiga memiliki nilai total dari koefisien varian 58,19%. Faktor dominan yang berpengaruh yaitu perbedaan jenis kelamin yang tertanam di dalamnya nilai varian koefisien 27,157%. Kontrol dimensi dengan faktor muatan 0,674, kurangnya partisipasi dengan faktor muatan 0,671, dimensi manfaat dengan faktor muatan 0,740, dimensi proses pembelajaran dengan faktor muatan 0,612, dimensi penguasaan dengan faktor muatan 0,610, dengan faktor muatan kurang representasi 0,823, dan perlakuan tidak adil dengan muatan dengan load factor 0,597.
Downloads
References
Carole Wade, Carol Tavris. 2008. Psikologi Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasbullah. 2012. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hurlock, E. B. 1993. Perkembangan Anak Jilid 2. Terjemahan oleh Thandrasa. Jakarta: PT. Erlangga.
Meymey, Arofah. 2013. Pengaruh Teman Sebaya terhadap Minat Memilih Jurusan. http://arofahmeymey.blogspot.com/2013/12/pengaruh-teman-sebaya- terhadap.html diakses pada 7 Mei 2015 pukul 6.25 pm.
Pratama, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 106-122.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2012. Psikologi Kepribadian. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Suwati. 2008. Sekolah bukan untuk Mencari Pekerjaan. Bandung: PT Karya Kita.
Usman, Moh. User dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.
Wade, Carole dan Carol Tavris. 2007. Psychology, 9thedition, Bahasa Indonesia Language Edition. Jakarta: PT. Erlangga.