The Tinjauan Undang – Undang Negara Indonesia dan Etika Bisnis dalam Hukum Islam terhadap Tren Transaksi Jual-Beli Online pada Shopee
Abstract
Industry 4.0 has shifted conventional buying and selling transactions into online buying and selling transactions with online shopping platforms such as Shopee. Online buying and selling transactions that occur at Shopee are regulated in the Electronic Information Technology Law (UU ITE) which guarantees that all parties are in good faith. Violation of the ITE Law will be subject to a maximum criminal sentence of six years and / or a maximum fine of one billion rupiah. Meanwhile, online buying and selling transactions at Shopee can also be viewed from the application of the five principles of Islamic business ethics in Islamic law, namely the principle of unity, balance, free will, responsibility, and ihsan / truth. Even so, the seller still often violates the principles of unity, balance, responsibility and ihsan / truth. The buyer also has a tendency to violate the principle of free will by blaming the seller for delays in the delivery of the goods. The courier party also violated the principle of free will because it did not fulfill the contract to estimate the delivery of goods as specified. Shopee has proven to be able to maintain the continuity of its business by applying Islamic business ethics based on maqashid sharia
Abstrak
Industri 4.0 telah menggeser transaksi jual-beli konvensional ke dalam transaksi jual-beli online dengan platform online shopping seperti Shopee. Transaksi jual-beli online yang terjadi pada Shopee telah diatur dalam Undang-Undang Informasi Teknologi Elektroni (UU ITE) yang menjamin seluruh pihak berada dalam itikad baik. Pelanggaran terhadap UU ITE akan dikenakan hukuman pidana paling lama enam tahun dan/atau paling banyak denda uang sebesar satu miliyar rupiah. Sementara itu, transaksi jual-beli online pada Shopee juga dapat ditinjau dari penerapan lima prinsip etika bisnis Islam dalam Hukum Islam, yakni prinsip kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, pertanggung jawaban, dan ihsan/kebenaran. Meskipun demikian, pihak penjual masih kerap melakukan pelanggaran pada prinsip kesatuan, keseimbangan, pertanggung jawaban, dan ihsan/kebenaran. Pihak pembeli juga memiliki tendensi untuk melakukan pelanggaran terhadap prinsip kehendak bebas dengan menyalahkan penjual atas keterlambatan pengiriman barang. Pihak kurir juga melakukan pelanggaran terhadap prinsip kehendak bebas karena tidak memenuhi kontrak estimasi pengiriman barang sesuai dengan yang ditentukan. Pihak Shopee terbukti mampu menjaga keberlangsungan bisnisnya dengan menerapkan etika bisnis Islam dengan berdasarkan pada maqashid syariah.
Downloads
References
Akbar, S. T. (2020). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PARA PIHAK DALAM APLIKASI SHOPEE DITINJAU DARI ASAS IKTIKAD BAIK DAN HUKUM PERIKATAN (pp. 1–19). https://doi.org/http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/87878
Alfarizi, I. (2019). Trend Jual Beli Online Melalui Situs Resmi Menurut Tinjauan Etika Bisnis Islam. IAIN BENGKULU. https://doi.org/http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/3273
Ali, Z. (2021). Metode Penelitian Hukum. Sinar Grafika.
Azizah, M. (2020). Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Daring Di Toko Online Shopee. Jurnal HUMANI (Hukum Dan Masyarakat Madani), 10. https://doi.org/https://core.ac.uk/download/pdf/327164156.pdf
Fitria, T. N. (2017). Bisnis jual beli online (online shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99
Juliyani, E. (2016). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Jurnal Ummul Qura, 7(1), 63–74. https://doi.org/https://core.ac.uk/download/pdf/268132884.pdf
Q.S An-Nisa’/4: 29. (n.d.).
Ruslang, R., Kara, M., & Wahab, A. (2020). Etika Bisnis E-Commerce Shopee Berdasarkan Maqashid Syariah Dalam Mewujudkan Keberlangsungan Bisnis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 665–674. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1412
Sumenge, M. (2013). Penipuan Menggunakan Media Internet Berupa Jual-Beli Online. Lex Crimen, 2(4). https://doi.org/https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/lexcrimen/article/view/3093
Suwitari, N. K. E., & Larasdiputra, G. D. (2020). Pemasaran Konvensional Versus Online: Dimensi Hukum di dalam E-commerce. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 111–121. https://doi.org/http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMAIKA/article/view/6845
Munajim, A., & Anwar, S. (2016). Faktor yang mempengaruhi keputusan menjadi nasabah bank syariah. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 41-52.
Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285-291.
Munajim, A. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Kepercayaan pada Produk Perbankan Syariah. Syntax Idea, 2(1), 1-10.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Suzana, S., Karim, A., Amanah, A., & Munajim, A. (2021). BERMAIN KOGNITIF MATEMATIKA ANAK MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2).
Darojat, J., S Pd I, M. S. I., Purwati, R., Gufron, I. A., & H Ahmad Munajim, M. M. (2019). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Cirebon.
Prayitno, A., Marliani, L., Gufron, I. A., & H Ahmad Munajim, M. M. (2019). Efektivitas permainan puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A Ra. Roudhotul ulum ds. setu kulon kec. Weru kab. Cirebon.
Ridwan, T., H Ahmad Munajim, M. M., Darojat, J., S Pd I, M. S. I., & Muhammadun, S. (2019). AKAD WADI'AH DAPAT MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KSPPS BMT NUSA UMMAT SEJAHTERA CIREBON.
H Ahmad Munajim, M. M., Muhammadun, S., Ridwan, T., Ridwan, M., & Sy, M. E. (2019). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN PRODUK MIKRO TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP. KUNINGAN.
H Ahmad Munajim, M. M., Ghoni, A., Gufron, I. A., & Muhammadun, S. (2019). Pengaruh program btpn wow terhadap pembiayaan mudharabah di btpn syariah cabang gempol.
Munajim, A., Muhammadun, M., Pratama, F. A., & Hasan, P. (2021). Peranan Wisata Religi Makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(2), 136-151.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.