Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka

  • Agus Karjuni IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Eli Susliawati IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

This research of product quality and service quality on customer loyalty at the Seblak Ceker Naga Majalengka Cafe. This thesis is motivated by the existence of a very tight business competition. So we need a marketing strategy to maintain and achieve a higher market share. To provide customer loyalty, efforts are needed from the company by providing the best product quality and service quality for customers. This study aims to determine the effect of product quality and service quality on customer loyalty at the Seblak Ceker Naga Majalengka Cafe. This research is an associative research type with an approach using quantitative methods. Data collection techniques using questionnaires or questionnaires, observations and documentation. The population in this study were customers at the Seblak Ceker Naga Majalengka Cafe with a sample of 69 respondents. Sampling using thetechnique Probability Sampling. Data analysis using multiple regression analysis techniques. The research data was then processed using SPSS version 23 software. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence on customer loyalty at the Seblak Naga Majalengka Cafe. This is evidenced by the value of Fcount > Ftable (59.305 > 3.13) at a significance value of 0.000. Partial testing of product quality has an effect on customer loyalty where from the t-test obtained tcount > ttable (6.124 > 1.99601) with a significance of 0.000. Then the quality of service affects customer loyalty where from the t-test obtained tcount > ttable (3.754 > 1.99601) with a significance of 0.000. So that the quality of service is very influential on customer loyalty.


Abstrak


Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka. Sehingga diperlukannya sebuah strategi pemasaran untuk mempertahankan dan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi. Untuk memberikan loyalitas pelanggan diperlukan adanya usaha-usaha dari perusahaan dengan memberikan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket, obsevasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka dengan sampel sebanyak 69 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling. Analisis data menggunakan teknik analis regresi berganda. Data penelitian kemudian diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Kafe Seblak Naga Majalengka. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (59,305 > 3,13) pada nilai signifikansi sebesar 0,000. Pengujian secara parsial kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dimana dari uji t didapat thitung > ttabel (6,124 > 1,99601) dengan signifikansi 0,000. Kemudian kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dimana dari uji t didapat thitung > ttabel (3,754 > 1,99601) dengan signifikansi 0,000.Sehingga kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap layolitas pelanggan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chasanah, U. (2019). Pengaruh Kualitas Produk , Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe Waroeng Pisa Purwokerto , Banyumas Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Purwokerto. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerta.
Djoko Adi Walujo, Titiek Koesdijati, Y. U. (2020). Pengendalian Kualitas (D. A. Walujo (ed.)). Scopindo.
Dr. Lili Suryati, S. E, M.M., AMA., C. (2015). Manajemen Pemasaran. Deepublish.
Faruq, U. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Empiris pada PT. Patra Jaya Humairah Surabaya). Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.
Herry Sutanto, S.E, M.M & Khaerul Umam, S. IP, M. A. (2013). Manajemen Pemasaran Bank Syariah (Pertama). CV Pustaka Setia.
Ir. Syofian Siregar, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif (Ke Empat). Prenada Media.
Karisma, I. (2019). Pengaruh kualitas makanan, pelayanan, bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada Jagung Nyumi Surabaya. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/31425
Krisdayanti, H. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Minimarket Kertapati Jaya Indah Palembang. 4, 9–15.
Ningsih, N. F. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Jasa Go- Jek Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Raden Intaan Lampung). Skripsi, Fakultas Ekonomi dam Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005
Noorohmah. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Di Pand’s Muslim Departement Store Cabang Semarang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Nopriani, Y. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Telkomsel Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Raden Fatah, UIN Raden Fatah Palembang. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Pradhana, A. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Intervening (Studi Kasus pada Lumpia Mba Lien Semarang). Skripsi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.
Rangkuti, F. (2016). Customer Care Excellence (Mahardika (ed.)). Gramedia Pustaka Utama.
Sari, Y. K. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Di RnB Grill Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
Simanullang, S. S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Jasa Transportasi Online Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Islam 2014-2016 UIN-SU). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Situmeang, L. S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sugiyono, P. D. (2019). Merode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); Kedua). Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Sukmawati, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi, Fakulltas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Triyono, W. & A. (2019). Manajemen Pemasaran (H. I. Astarina (ed.); Cetakan Pe). Deepublish Publisher. https://www.freepik.com/
Yuda Supriatna, Yoga Adiyanto, D. S. (2019). Induksi Manajemen Pemasaran. Qiara Media.
Zilfia, Y. E. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Butik Meliaraa Di Bandar Lampung. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Lampung. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Munajim, A., & Anwar, S. (2016). Faktor yang mempengaruhi keputusan menjadi nasabah bank syariah. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 41-52.
Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285-291.
Munajim, A. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Kepercayaan pada Produk Perbankan Syariah. Syntax Idea, 2(1), 1-10.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Suzana, S., Karim, A., Amanah, A., & Munajim, A. (2021). BERMAIN KOGNITIF MATEMATIKA ANAK MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2).
Darojat, J., S Pd I, M. S. I., Purwati, R., Gufron, I. A., & H Ahmad Munajim, M. M. (2019). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Cirebon.
Prayitno, A., Marliani, L., Gufron, I. A., & H Ahmad Munajim, M. M. (2019). Efektivitas permainan puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A Ra. Roudhotul ulum ds. setu kulon kec. Weru kab. Cirebon.
Ridwan, T., H Ahmad Munajim, M. M., Darojat, J., S Pd I, M. S. I., & Muhammadun, S. (2019). AKAD WADI'AH DAPAT MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KSPPS BMT NUSA UMMAT SEJAHTERA CIREBON.
H Ahmad Munajim, M. M., Muhammadun, S., Ridwan, T., Ridwan, M., & Sy, M. E. (2019). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN PRODUK MIKRO TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP. KUNINGAN.
H Ahmad Munajim, M. M., Ghoni, A., Gufron, I. A., & Muhammadun, S. (2019). Pengaruh program btpn wow terhadap pembiayaan mudharabah di btpn syariah cabang gempol.
Munajim, A., Muhammadun, M., Pratama, F. A., & Hasan, P. (2021). Peranan Wisata Religi Makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(2), 136-151.
Pratama, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 106-122.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Published
2021-08-28
How to Cite
KARJUNI, Agus; SUSLIAWATI, Eli. Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Menurut Perspektif Ekonomi Islam Di Kafe Seblak Ceker Naga Majalengka. Ecopreneur : Journal of Sharia Economics Study Program, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 163-177, aug. 2021. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/443>. Date accessed: 15 dec. 2024.