Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Mekanisme Dropshipping Dalam Jual Beli Online Dengan Menggunakan Konsep Bai’ As-Salam

Studi Kasus Mahasiswa Iai Bunga Bangsa Cirebon Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2021

  • Abu Lubaba IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Paturrohman Paturrohman IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Fiqi Khori’ah IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Buying and selling is a transaction activity that is mostly carried out by humans today and is generally the most important part of business activities. The current buying and selling that has become a trend in recent times is the dropshipping business. Dropshipping is a popular business model in the current internet era that involves suppliers, dropshippers, and buyers, the dropshipper system as a bridge between buyers and suppliers by asking suppliers to send goods to buyers on behalf of the dropshipper. The method used in this research is a qualitative method, with a research design that is a case study to make it easier to draw conclusions on the results of the study. This study uses interview research techniques with data sources derived from the results of interviews with IAI Bunga Bangsa Cirebon students of Islamic economics study program class 2021 in March 2021 who conduct online buying and selling transactions using dropshipping. In online buying and selling transactions using the dropshipping system carried out by IAI Bunga Bangsa Cirebon students, it is in accordance with the principles of Islamic economics, this sale and purchase is almost the same as the concept of buying and selling Bai' as-salam contracts. Salam contract in the context of online buying and selling using the dropshipping system is an exception to the general rules of Islamic economics which does not allow selling goods that are not owned. Thus the salam contract is a form of relief or rukshah for IAI Bunga Bangsa Cirebon students in the Islamic Economics Study Program and convenience for those who carry out online buying and selling transactions using the dropshipping system in accordance with the bai 'as-salam contract.


Abstrak


Jual beli merupakan aktivitas transaksi yang paling banyak dilakukan oleh manusia saat ini dan secara umum merupakan bagian yang terpenting dalam aktivitas usaha. Jual beli kekinian yang menjadi trend dalam beberapa waktu terakhir yaitu bisnis dropshipping. Dropshipping  merupakan model bisnis yang populer di era internet saat ini yang melibatkan supplier , dropshipper, dan pembeli sistemnya dropshipper sebagai jembatan penghubung antara pembeli dan supplier dengan meminta supplier mengirim barang kepada pembeli atas nama dropshipper. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan desain penelitian yakni studi kasus agar lebih mempermudah dalam pengambilan kesimpulan pada hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian wawancara dengan sumber data berasal dari hasil wawancara mahasiswa IAI Bunga Bangsa Cirebon prodi ekonomi syariah angkatan 2021 pada bulan Maret 2021 yang melakukan transaksi jual beli online dengan menggunakan dropshipping. Dalam transaksi jual beli online menggunkan sistem dropshipping yang dilakukan oleh mahasiswa IAI Bunga Bangsa Cirebon sudah sesuai dengan prinsip ekonomi Islamnya, jual beli ini hampir sama dengan konsep jual beli akad Bai’ as-salam. Akad salam dalam konteks jual beli online menggunkan sistem dropshipping ini merupakan pengecualian dari kaidah umum ekonomi Islam yang tidak memperbolehkan menjual barang yang belum dimiliki. Dengan demikian akad salam adalah bentuk keringanan atau rukshah bagi mahasiswa IAI Bunga Bangsa Cirebon Prodi Ekonomi Syariah dan kemudahan bagi mereka yang menjalankan transaksi jual beli online dengan menggunakan sistem dropshipping sesuai dengan akad bai’ as-salam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qaradhawi,Y. (2018). Norma & Etika Ekonomi Islam. Gema Insani.
Andri Triyawan dan Suthorik Eri Nugraha. (2018). Sistem Dropshipping Menurut Ekonomi Islam ,. Human Falah, 5(2), 230.
Dewi, G. (2007). Hukum Perikatan Islam di Indonesia. Kencana
Sulianta, F. (2014). Terobosan Berjualan Online Ala Dropshipping. Penerbit Andi.
Firman, F. (2018). Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/4nq5e
Isnawati. (2018). Jual Beli Online Sesuai Syariah. 1–34.
Iswidharmanjaya, D. (2012). Dropshipping Cara Mudah Bisnis Online. PT Elex Media Komputindo,.
Jusmaliani. (2008). Bisnis Berbasis Syari’ah. Bumi Aksara.
M.Ali Hasan. (2003). Berbagai Macam Transaksi Dalam Islam. Raja Grafindo Persada.
Marfuah, M. (2019). Konsep Ekonomi Dalam Al-quran. Rumah Fiqih Publishing.
Moha, I., & sudrajat, D. (2019). Resume Ragam Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz
Noegroho, A. (2010). Teknologi Komunikasi. Graha Ilmu.
Nurhasanah. (2019). Analisis Mekanisme Dropshipper dan Reseller di Toko Online S3 Komputer Surabaya. Αγαη, 8(5), 55.
Pitriani, E., & Purnama, D. (2013). Dropshipping. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 13(2), 100–115. http://muqtasid.iainsalatiga.ac.id/index.php/muqtasid/
Pusat data dan analisa tempo. (2019). perkembangan teknologi generasi muda bisnis digital. tempo publishing.
Rudiana. (2015). Transaksi Dropshipping Dalam Perspektif Ekonomi Syari ’ Ah Kementerian Agama Republik Indonesia Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Syekh Nurjati Cirebon 2015 M / 1436 H.
Saprida, S. (2018). Akad Salam Dalam Transaksi Jual Beli. Mizan: Journal of Islamic Law, 4(1), 121–130. https://doi.org/10.32507/mizan.v4i1.177
Sarwat, A. (2018). Fiqih Jual Beli. In Fatih (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Rumah Fiqih Publishing
Sayyid Sabiq. (2004). Fiqih Sunnah Jilid 4. Pena Pundi Aksara.
Shobirin, S. (2016). Jual Beli Dalam Pandangan Islam. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 3(2), 239. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i2.1494
Syafii, A. (2013). Step By Step Dropshipping dan Reseller. PT Elex Media Komputindo.
Zuhaili, W. (2008). Al-Fiqhu Asy-Syafi’iyyah Al-Muyassar. Darul Fikr,.
Munajim, A., & Anwar, S. (2016). Faktor yang mempengaruhi keputusan menjadi nasabah bank syariah. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 41-52.
Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285-291.
Munajim, A. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Kepercayaan pada Produk Perbankan Syariah. Syntax Idea, 2(1), 1-10.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Suzana, S., Karim, A., Amanah, A., & Munajim, A. (2021). BERMAIN KOGNITIF MATEMATIKA ANAK MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2).
Darojat, J., S Pd I, M. S. I., Purwati, R., Gufron, I. A., & H Ahmad Munajim, M. M. (2019). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Cirebon.
Prayitno, A., Marliani, L., Gufron, I. A., & H Ahmad Munajim, M. M. (2019). Efektivitas permainan puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A Ra. Roudhotul ulum ds. setu kulon kec. Weru kab. Cirebon.
Ridwan, T., H Ahmad Munajim, M. M., Darojat, J., S Pd I, M. S. I., & Muhammadun, S. (2019). AKAD WADI'AH DAPAT MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KSPPS BMT NUSA UMMAT SEJAHTERA CIREBON.
H Ahmad Munajim, M. M., Muhammadun, S., Ridwan, T., Ridwan, M., & Sy, M. E. (2019). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN PRODUK MIKRO TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP. KUNINGAN.
H Ahmad Munajim, M. M., Ghoni, A., Gufron, I. A., & Muhammadun, S. (2019). Pengaruh program btpn wow terhadap pembiayaan mudharabah di btpn syariah cabang gempol.
Munajim, A., Muhammadun, M., Pratama, F. A., & Hasan, P. (2021). Peranan Wisata Religi Makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(2), 136-151.
Pratama, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 106-122.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Published
2021-08-28
How to Cite
LUBABA, Abu; PATURROHMAN, Paturrohman; KHORI€™AH, Fiqi. Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Mekanisme Dropshipping Dalam Jual Beli Online Dengan Menggunakan Konsep Bai’ As-Salam. Ecopreneur : Journal of Sharia Economics Study Program, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 186-200, aug. 2021. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/459>. Date accessed: 15 dec. 2024.