Implementasi Marketing Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Al-Bahjah Mart Pusat Kabupaten Cirebon

  • Fidya Arie Pratama IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Abdul Hanan IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Agus Dian Alirahman IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Mohammad Ridwan IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Fauziah Fauziah IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

This study discusses the implementation of Islamic marketing in an effort to increase consumer buying interest. The background of the study is that there is still a lack of knowledge and consumer interest in Islamic retail, even though they live in an area that is still thick with religious values. This study aims to determine and obtain data at Al-Bahjah (AB) Mart Sendang Cirebon Regency regarding the implementation of sharia marketing in an effort to increase consumer buying interest. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. The data sources used are theoretical and empirical, theoretical data data derived from data from guide books related to this thesis, libraries, print media and electronic media. The research sample was taken from five informants. After the data is collected, the stage of processing the data collected is carried out through observation, interviews, documentation and using research instruments to obtain research conclusions. As for the results of the study, the implementation of sharia marketing has been implemented at Al-Bahjah (AB) Mart, it can be seen from the implementation of sharia marketing characteristics. Consumers' interest in buying at AB Mart after implementing sharia marketing every day is getting more and more consumers who visit AB Mart. This proves that the implementation of sharia marketing can increase consumer buying interest. The conclusion of this study is that sharia marketing can affect consumer buying interest at AB Mart Sendang, by implementing sharia marketing can increase consumer buying interest


Abstrak


Penelitian ini membahas implementasi marketing syariah dalam upaya meningkatkan minat beli konsumen. Kajiannya dilatar belakangi Masih minimnya pengetahuan dan ketertarikan konsumen mengenai retail-retail Islam, walaupun tinggal dikawasan yang masih kental dengan nilai-nilai agamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh data di Al-Bahjah (AB) Mart Sendang Kabupaten Cirebon mengenai implementasi marketing syariah dalam upaya meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan ada yang bersifat teoritik dan empiric, data teoritik data-data yang berasal dari data buku-buku panduan yang ada kaitannya dengan skripsi ini, perpustakaan, media cetak dan media elektronik. Sample penelitian diambil dari lima informan. Setelah data terkumpul dilakukan tahap pengolahan data yang dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan menggunakan instrument penelitian untuk memperoleh kesimpulan penelitian. Adapun hasil penelitian, implementasi marketing syariah telah diterapkan di Al-Bahjah (AB) Mart, hal tersebut bisa dilihat dari menerapkannya karakteristik marketing syariah. Minat beli konsumen di AB Mart setelah menerapkan marketing syariah setiap hari semakin bertambah konsumen yang berkunjung ke AB Mart. Ini membuktikan bahwa implementasi marketing syariah dapat meningkatkan minat beli konsumen. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa marketing syariah dapat mempengaruhi minat beli konsumen di AB Mart Sendang, dengan menerapkan marketing syariah dapat meningkatkan minat beli konsumen

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurachman, U. (2004). Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Prilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur). Manajemen & Kewirausahaan, 6, 1.
Ahmad Munajim, dkk. (2016). Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Cirebon: IAI Bunga Bangsa Cirebon.
Al-Arif, M. . (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
Al-Asyimawi, M. S. (1978). Ushul Asy-Syariah (Nalar kritis syariah). Kairo Mesir.
Andika, F. (2012). Analisa Strategi Marketing GuMarti Cafe Dalam Meningkatkan Konsumen Menurut Perspektif Islam. Ekonomi Islam Al-Infaq, 3(1), 96–149.
Arifin J. (2009). Etika Bisnis Islam. Semarang: Walisongo Pers.
Barnawi, dkk. (2018). Pedoman Penulisan Skripsi. Cirebon: IAI Bunga Bangsa Cirebon.
Conny R Semiawan. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.
Etta Mamang Sangadji dan Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian Pendekatan Praktis dalam Penelitian (O. HS, ed.). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Ferdinand, A. (2002). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang.
Hamdi Agustin. (2017). Studi Kelayakan Bisnis Syariah. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Hamidi. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Malang. Bandung: Pustaka Setia.
Hasanah, K. (2006). Pengaruh Karakteristik Marketing Syariah terhadap Keputusan menjadi Nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3, 1.
Kartajaya, H., & Sula, M. S. (2006). Syariah Marketing. Bandung: Mizan.
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lestari, W., Musyahidah, S., & Istiqamah, R. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(1), 63–84.
Nurdin Usman. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta.
Nurul Huda, dkk. (2017). Pemasaran Syariah Teori & Aplikasi. Depok.
Saifuddin Azwar. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Cet XVI.
Setiawan, G. (2004). Implementasi dalam Birokrasi Pembangunan. Jakarta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Suyitno. (2018). Penelitian kualitatif (1st ed.; A. Tanzeh, ed.). Tulungagung: Akademia Pustaka.
Munajim, A., & Anwar, S. (2016). Faktor yang mempengaruhi keputusan menjadi nasabah bank syariah. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 41-52.
Munajim, A., Barnawi, B., & Fikriyah, F. (2020). Pengembangan Kurikulum Pembelajaran di Masa Darurat. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 285-291.
Munajim, A. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap Kepercayaan pada Produk Perbankan Syariah. Syntax Idea, 2(1), 1-10.
Suzana, S., Munajim, A., Casta, C., Pratama, G., Sulaeman, E., Sukarnoto, T., ... & Karim, A. (2020). Gadget and the internet for early childhood distance learning. PalArch's Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(7), 8019-8028.
Suzana, S., Karim, A., Amanah, A., & Munajim, A. (2021). BERMAIN KOGNITIF MATEMATIKA ANAK MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2).
Darojat, J., S Pd I, M. S. I., Purwati, R., Gufron, I. A., & H Ahmad Munajim, M. M. (2019). Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Cirebon.
Prayitno, A., Marliani, L., Gufron, I. A., & H Ahmad Munajim, M. M. (2019). Efektivitas permainan puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok A Ra. Roudhotul ulum ds. setu kulon kec. Weru kab. Cirebon.
Ridwan, T., H Ahmad Munajim, M. M., Darojat, J., S Pd I, M. S. I., & Muhammadun, S. (2019). AKAD WADI'AH DAPAT MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI KSPPS BMT NUSA UMMAT SEJAHTERA CIREBON.
H Ahmad Munajim, M. M., Muhammadun, S., Ridwan, T., Ridwan, M., & Sy, M. E. (2019). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN PRODUK MIKRO TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP. KUNINGAN.
H Ahmad Munajim, M. M., Ghoni, A., Gufron, I. A., & Muhammadun, S. (2019). Pengaruh program btpn wow terhadap pembiayaan mudharabah di btpn syariah cabang gempol.
Munajim, A., Muhammadun, M., Pratama, F. A., & Hasan, P. (2021). Peranan Wisata Religi Makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(2), 136-151.
Pratama, G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Pemahaman Konsep dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 1(1), 106-122.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21-34.
Pratama, G. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Barang Dan Jasa Secara Online Sebagai Alternatif Membeli Dikalangan Mahasiswa. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(1), 46-54.
Pratama, G., Amin, N. M. F., & Fitriyah, Y. (2021). Pengaruh Program Aplikasi Sistem Informasi Direktorat Jendral Pajak (SIDJP) Terhadap Kinerja Pegawai Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 2(1), 52-61.
Pratama, G., Haida, N., & Nurwulan, S. (2021). Strategi Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Produk Bank Syariah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 2(2), 101-114.
Pratama, G. (2020). Upaya Modernisasi dan Inovasi Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Desa Leuwimunding Majalengka. Etos: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37-49.
Published
2021-08-28
How to Cite
PRATAMA, Fidya Arie et al. Implementasi Marketing Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen di Al-Bahjah Mart Pusat Kabupaten Cirebon. Ecopreneur : Journal of Sharia Economics Study Program, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 201-219, aug. 2021. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/461>. Date accessed: 15 dec. 2024.