Implementasi Pembelajaran Motorik Kasar di Era Pademi Covid-19
Studi Pada Layanan Pendidikan Paud Melati Dharmawanita Pesatuan Universitas Negeri Makassar
Abstract
This study examines the implications of motoric physical learning in the Covid 19 pandemic era in the education services of PAUD Melati Dharma Wanita Persatuan (DWP) Makassar State University. The purpose of this study was to determine the impatience of gross motoric physical learning in the Covid 19 pandemic era. The approach used in this study was a qualitative research approach with qualitative descriptive research. The object of the study involved 24 teachers and principals and students in the 5-6 years service age group. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The data analysis technique used was data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the research on the implementation of gross motoric physical learning in the Covid 19 pandemic era carried out physical motor learning by using rhythmic gymnastics which was done once a week.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji tentang implematasi pembelajaran fisik motorik di era pandemi covid 19 pada layanan pendidikan PAUD Melati Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui impematasi pembelajaran fisik motorik kasar di era pandemi Covid 19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Objek penelitian melibatkan guru dan kepala dan peserta didik sebanyak 24 orang pada kelompok usia layanan 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dari implematasi pembelajaran fisik motorik kasar di era pandemi covid 19 melaksanakan pembelajaran fisik motorik adalah dengan menggunaan senam irama yang dilakukan sekali dalam sepekan.
Downloads
References
Aghnaita, A. (2017) ‘Perkembangan Fisik-Motorik Anak 4-5 Tahun Pada Permendikbud no. 137 Tahun 2014 (Kajian Konsep Perkembangan Anak)’, AL-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak. doi: 10.14421/al-athfal.2017.32-09.
Ananditha, A. C. (2017) ‘Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler’, Jurnal Keperawatan Muhammadiyah. doi: 10.30651/jkm.v2i1.924.
Ayuni, D. et al. (2020) ‘Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.579.
Farida, A. (2016) ‘Urgensi Perkembangan Motorik Kasar pada Perkembangan Anak Usia Dini’, Jurnal Raudhah.
Fitri, A. (2019) ‘Kegiatan Pengembangan Motorik Kasar’, Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. doi: 10.30651/pedagogi.v5i1.2517.
Syamsuardi, H. (2018) ‘Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar’, Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education).
Lubis, R. R. et al. (2020) ‘Model-Model Permainan AUD di Rumah (Studi Deskriptif di TK Aisyiyah KP Dadap Selama Masa Pandemi Covid-19)’, Kumara Cendekia. doi: 10.20961/kc.v8i3.44224.
Romlah, R. (2017) ‘Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini’, Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. doi: 10.24042/tadris.v2i2.2314.
S, M. A. and Manggau, A. (2020) ‘Peningkatan Kemampuan Kinestetik Melalui Tari Kreasi TK Tunas Harapan Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba’, TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini. doi: 10.26858/tematik.v6i1.14437.
Setyawan, D. A., Hadi, H. and Royana, I. F. (2018) ‘Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Negeri Pembina Kota Surakarta’, Jurnal Penjakora.
Sujiono, B., Sumantri, M. S. and Chandrawati, T. (2014) ‘Hakikat Perkembangan Motorik Anak’, in Modul Metode Pengembangan Fisik.
Wardani, A. and Ayriza, Y. (2020) ‘Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.705.