Pengaruh Pemberian Reward Wayang Islami Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Di TK Negeri 5 Banda Aceh

  • Solja Anjeli Uinversitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Jamallah Hasballah Uinversitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Hijriati Hijriati Uinversitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Abstract

Rasa percaya diri sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak, dengan begitu percaya diri harus dipupuk sejak dini. Seorang pendidik, baik orang tua maupun guru, sebaiknya memberikan reward kepada anak, berupa pujian, hadiah dan lain-lain. Dengan memberikan reward dapat membuat senang dan percaya diri pada anak, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah ada beberapa anak usia dini  yang  belum memiliki rasa percaya diri ketika proses pembelajaran berlangsung di TK Negeri 5 Banda Aceh. Contohnya masih ada beberapa anak yang belum berani untuk tampil kedepan, masih ada anak yang diam ketika diajak berbicara,  ada anak yang belum bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru, dan belum berani mengemukakan pendapat sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian reward wayang islami untuk meningkatkan kepercayaan diri  anak di TK Negeri 5 Banda Aceh.  Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif yaitu One-Group Pre-Test Post-Test Design. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji normalitas, uji t dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan data pre-test diperoleh nilai rata-rata 34% dalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan pos-test diperoleh nilai rata-rata  56% dalam kategori Berkembang Sesuai dengan Harapan (BSH). Pengujian hipotesi uji-t diperoleh nilai  lebih besar dari pada  berarti,  >  yaitu 12.12 > 1.746. Dengan demikian, maka diterima ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pemberian reward wayang islami berpengaruh terhadap kepercayaan diri anak di TK Negeri 5 Banda Aceh. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiran, Salmon. 2016. “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE BERMAIN DI PAUD NAZARETH OESAPA.” Jurnal Pendidikan Anak5(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12367 (April 8, 2023).Agustina, M, Novie Azizah, E, dan Prima Shanti,D.2022. “Pengaruh Pemberian Reward Animasi Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Daring”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.Volume 6 Issue 1, Hal 353.Anggraini, Elya Siska. 2021. “Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Bermain.” JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS7(1): 27. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jhp/article/view/25783 (April 8, 2023).Ernata, Y. 2017 . “ Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishmanet Di SDN Ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab. Blitar”. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD.Volume 5, Nomor 2. Hal 784. Fransisca, Ria, Sri Wulan, dan Asep Supena. 2020. “Meningkatkan Percaya Diri Anak Dengan Permainan Ular Tangga Edukasi”. Jurnal Pendidikan Anak UsiaDini. Volume 4 Issue 2. Hal 631Ibda, Hamidulloh. 2017. Media Pembelajaran Berbasis Wayang: Konsep Dan Aplikasi. (Ttp: CV. Pilar Nusantara).Hal 129-130.Kusuma Wardani, I, Hafidah, R dan Kusuma Dewi, N. 2021 .“Hubungan Antara Peran Guru Dengan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini”. KumaraCendekia Vol. 9 No. 4 . Hal 226.Meliani, F, A. M Iqbal, U Ruswandi, and M Erihadiana. 2022. “Konsep Moderasi Islam Dalam Pendidikan Global Dan Multikultural Di Indonesia.” Eduprof : Islamic Education Journal4(1): 195–211.Meliani, Fitri et al. 2021. “Manajemen Digitalisasi Kurikulum Di SMP Islam Cendekia Cianjur Kata Kunci.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan4(7): 653–63.Meliani, Fitri, Nanat Fatah Natsir, and Haryanti Erni. 2021. “Sumbangan Pemikiran Ian G. Barbour Mengenai Relasi Sains Dan Agama Terhadap Islamisasi Sains.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan4(7): 673–88.Meliani, Fitri, Euis Sunarti, and Diah Krisnatuti. 2014. “Faktor Demografi, Konflik Kerja-Keluarga, Dan Kepuasan Perkawinan Istri Bekerja.” Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen7(3): 133–42.Mufidah, U. 2012. “ Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini”. Journal Of Early Childhood Education Papers. Belia 1 (1). Hal 5.Siyoto, Sandu, dan Muhammad Ai Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. (Yogyakarta : Literasi Media Publishing).Hal 75-90.Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung : Alfabet). Hal 124Sugiyono. 2008. Statistik untuk Penelitian. (Bandung : Alfabet). Hal. 62.Supardi. 2013. Aplikasi Statistik Dalam Penelitian.(Jakarta : Change Publication). Hal. 324-425.
Published
2023-06-05
How to Cite
ANJELI, Solja; HASBALLAH, Jamallah; HIJRIATI, Hijriati. Pengaruh Pemberian Reward Wayang Islami Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Di TK Negeri 5 Banda Aceh. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 10-16, june 2023. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/649>. Date accessed: 02 jan. 2025.