Persepsi Orang Tua terhadap Pengenalan Pendidikan Seks pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD IT Jabal Nur Lamreung Aceh Besar
Abstract
Berbicara tentang pengenalan pendidikan seks, tidak terlepas dari sudut pandang setiap orang tua, dalam menilai istilah pendidikan seks itu sendiri. Para orang tua masih menganggap tabu perihal pengenalan seksualitas pada anak usia dini dan terjadi perbedaan penafsiran terhadap pendidikan seks pada mereka. Padahal informasi mengenai seksual sudah seharusnya diperkenalkan pada anak. Fokus kajian yang dilakukan terkait bagaimana gambaran persepsi orang tua terhadap pengenalan pendidikan seks anak usia 5-6 tahun dan bagaimana strategi orang tua dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran persepsi orang tua terhadap pengenalan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun di PAUD IT Jabal Nur Lamreung Aceh Besar serta untuk mengetahui strategi orang tua dalam mengenalkan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Dalam penelitian ini, yang menjadi populasi adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun di PAUD IT Jabal Nur Lamreung Aceh Besar yaitu berjumlah 44 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini yaitu purposive sampling dengan menentukan beberapa kriteria, yaitu 11 orang tua yang menjadi sampel penelitian dan memenuhi kriteria yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui kuesioner yang diberikan kepada pihak yang bersangkutan dengan jenis skala likert. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa orang tua yang memiliki pandangan positif terhadap pengenalan pendidikan seks pada anak usia 5-6 tahun di desa Lamreung Meunasah Papeun Aceh Besar berjumlah 71%, dari orang tua lain yang memiliki pandangan negatif berjumlah 22, 41%, dan sebagian yang lainnya menjawab netral berjumlah 6%.
Downloads
References
Daviq, Chairilsyah. (2019). “Sex Education in The Context of Indonesia Early Childhoodâ€. International Jurnal of Education Best Practies, 2(3): 41.
Jaya, Made Laut Mertha. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Magta, Mutiara dan Ni Putu Sinta Sewi. (2022). “Strategi Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seksualitas pada Anak di Rumahâ€. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 10(2): 266.
Saputro, Budiyono. Nalar Kristis Mahasiswa. Jawa Tengah: Academia Publication
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabeta
Wahyuni, Nadar. (2017). “Persepsi Orang Tua Mengenai Pendidikan Seks untuk Anak Usia Diniâ€. Yaa Bunayya Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2): 77.