Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Kelompok B di PAUD Darussalam Gempol Melalui Media Buku Cerita Bergambar
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak didik kelompok B di PAUD Darussalam Gempol dengan menggunakan buku cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) model Kemmis & Taggart dengan menggunakan siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah anak kelompok B PAUD Darusslama Gempol yang berjumlah 15 anak. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dilakukan teknik analisis penarikan kesimpulan dari data yang didapat. Hasil penelitian menujukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar ini meningkatkan kemampuan menyimak anak didik dalam memahami alur cerita, dapat menjawab tokoh-tokoh yang ada didalam cerita dan menjawab pertanyaan guru seputar cerita.
Downloads
References
Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembagan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.
Kemmis, T. &. (2014). The Action Research Planner. Springer.
Peraturan Mentri No.58. (2009).
Tarigan, H. G. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. PT.Angkasa.
Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool (Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini), 1(1), 53–59.
Yusuf, S. (2007). Psikolosi Perkembangan Anak dan Remaja. PT. Remaja Rosda Karya.