Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak Kelompok B TK Mutiara Bunda Kabupaten Cirebon

  • Nilamsari Kusumawati Putri IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Dwi Uni Haryanti Universitas Negeri Semarang
  • Jolaekha Jolaekha Universitas Negeri Semarang
  • Hartono Hartono Universitas Negeri Semarang

Abstract

Banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar anak didik dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Begitupula dengan anak didik di TK Mutiara Bunda yang dalam kondisi cukup sehingga dapat dikatakan masih belum mencapai titik optimal dalam pemerolehan hasil belajarnya. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Spiral dari Kemmis & Mc.Taggart yang memiliki alur perencanaan-pelaksanaan-pengamatan dan refleksi sebanyak dua siklus. Penelitian dilakukan terhadap 19 anak didik kelompok B di TK Mutiara Bunda Plumbon dengan menilai enam indikator yang terdapat dalam tiga ranah hasil belajar anak dengan hasil pada siklus I diperoleh presentase skor 48,52% dimana keadaan ini berada pada kategori Cukup, dan masih harus dilakukan lagi siklus II untuk melihat perubahannya. Dan pada siklus II diperoleh hasil 82,27% masuk kedalam kategori Baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar anak didik di kelompok B. selain itu, dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini juga membuat anak menjadi terlibat lebih aktif dalam aktivitas belajar mengajar yang dilakukan oleh pendidik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barret, Terry. (2017). A New Model of Problem – Based Learning: Inspiring Concepts, Practice Strategies and Case Studies from Higher Education. Maynooth: AISHE.
Burhan Nurgianto. 1988. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPFE.
Daryanto. 2010 . Belajar dan Mengajar. Jakarta: Yrama Widya
Depdiknas. 2015.
Duch, Gorh and Allen. 2001. The Power of Problem Based Learning. Virginia: Stylus Publishing.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kemmis and Mc. Taggart. 2014. The Action Research Planner. Singapore: Springer.
Liu, Min. (2005). Motivating Students Through Problem-based Learning. University of Texas : Austin. [online]. Tersedia : http:// [22-03-2007]
Problem Based Learning, Teaching and learning. Diakses pada tgl 20 April 2021 https://citl.illinois.edu/citl-101/teaching-learning/resources/teaching-strategies/problem-based-learning-(pbl)
Putra,Nusa dan Ninin Dwilestari. 2012. Penelitian Kualitatif: Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.
Savery. 2015. Overview of Problem-Based Learning: Definitions and Distinctions, Journal Project Muse Essential Readings in Problem-Based Learning. West Lafayette: Purdue University Press.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Indeks.
Suyanti. 2010. Diakses pada tanggal 20 Januari 2020https://yokealjauza.wordpress.com/2014/04/04/problem-based-learning-pbl/.
Published
2022-02-28
How to Cite
PUTRI, Nilamsari Kusumawati et al. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak Kelompok B TK Mutiara Bunda Kabupaten Cirebon. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 66 -79, feb. 2022. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/760>. Date accessed: 04 jan. 2025.