Efektivitas Penggunaan Media Busy Book Flanel Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun KB Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon

  • Erik Erik IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Carniyati Carniyati IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Penelitian ini membahas “Efektivitas Penggunaan Media Busy Book Flanel Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun KB Al Irsyad Al Islmaiyyah Kota Cirebonâ€. Kajiannya dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan peneliti bahwa peserta didik masih banyak mengalami kesulitan dalam kemampuan motorik halus, terbukti ketika menyelesaikan kegiatan anak masih mengandalkan orang tua dan guru di sekolah. Terkait dengan permasalahan tersebut, perlu adanya peningkatan kembali perkembangan motorik halus pada anak. Busy book flanel sebagai media diharapkan dapat memberikan solusi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Anak-anak mampu menggerakkan jari-jarinya dengan baik dan mengkoordinasikan gerakan mata dengan tangan melalui aktivitas menggunakan media busy book flanel. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di KB Al Irsyad Al Islamiyyah sebelum dan sesudah menggunakan media busy book flanel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian pre ekperimental tipe one group pretest- posttest design (menggambarkan perbandingan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kisi-kisi instrumen observasi dan dokumentasi. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh, yaitu mengambil seluruh anak usia 3-4 tahun KB Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 15 responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t. Uji signifikansi dengan membandingkan thitung dan ttabel. tingkat signifikansi adalah 5%. Analisis hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 31,18 kemudian dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 2,145 terlihat bahwa thitung>ttabel yaitu 31,18>2,145, maka tolak H0 dan terima Ha yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan penggunaan media busy book flanel terhadap kemampuan motorik halus anak usia 3-4 tahun di KB Al Irsyad Al Islamiyyah Kota Cirebon. Analisis juga dilakukan dengan menggunakan uji gain yang dihitung dengan menggunakan interpretasi gain ternormalisasi menurut klasifikasi Meltzer termasuk kategori tinggi dengan nilai 0,71. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keefektifan media busy book flanel terhadap peningkatan keterampilan motorik halus adalah signifikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu masukan dalam kegiatan pembelajaran KB Al Irsyad Al Islamiyyah di Kota Cirebon untuk meningkatkan kemampuan motorik halus peserta didiknya


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhan Efendi, M. P., Rosiah, S. K. N. M. K., Susilawati, M. P., Ade Nuraeni, S.
K. N. M. K., & Wahyu Noviansyah, S. P. M. P. (2021). Dasar-Dasar Menulis Karya Tulis Ilmiah. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=Pc9JEAAAQBAJ
Ahmad, Syukri, S. (2016). Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini.
Raudhah, IV(2), 2338–2163.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i2.65
Ahyar, H. dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu. (H. Abadi (ed.); 1 ed., Nomor March).
Astini, B. N., Nurhasanah, Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2017). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak. Journal Pendidikan Anak, 6(1), 31–40.
Astria, N., Sulastri, M., & Magta, M. (2015). Penerapan Metode Bermain Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).
casta. (2012). Dasar-Dasar Statistika Pendidikan, (Cirebon: STAI BBC, 2012), h.
13. In Dasar-dasar Statistika Pendidikan (hal. 13).
Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran. Jurnal pendidikan anak usia dini, 1 No.1, 81–96.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/1489
Dr. Abd. Mukhid, M. P. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif (S. R. Wahyuningrum (ed.)). Jakad Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=lQ4lEAAAQBAJ
Ezkanandyta, N., Rachmawati, Y., & Mariyana, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Pertumbuhan , Perkembangan , dan Pendidikan Anak Usia Dini website : http://ejournal.upi.edu/index.php/edukid Efektivitas Penggunaan Busy Book Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini Oleh : Nurul Ezkanandyta , Yeni Rachmawati, 16(229), 42–54.
Fatmawati, F. A. (2020). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (1 ed.). Fauzi, F. (2018). Hakikat Pendidikan bagi Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal
Pemikiran Alternatif Kependidikan, 15(3), 386–402.
https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Fina Surya Anggraini, S. M. A. A. F. N. (2020). Perkembangan Motorik AUD. GUEPEDIA. https://books.google.co.id/books?id=V90WEAAAQBAJ
Fitria, A. (2018). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 57– 62. https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(01), 25–34. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742
Ginting, F. M., Mursid, R., & . M. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Terhadap Kemampuan Menulis Huruf Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 6(1), 39–51. https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16937
Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Gramedia Widiasaranan Indoneisa. Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.
Hamzah, N. (2020). Pengembangan Sosial Anak Usia Dini (1 ed.). IAIN Pontianak Press. https://books.google.co.id/books?id=AIzPDwAAQBAJ
Hanita. (2020). Fase Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Dalam Kajian Al- Quran Dan Hadits Hanita. JEA (JJurnal Edukasi AUD), 6(1), 28–43. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3523
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717–733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Ilyas, S. N., Amal, A., & Asti, A. S. W. (2021). Pengembangan Media Busy Book pada Guru PAUD di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar. 1(1), 11–16.
Ina, A. S., Yulifah, R., & Susmini. (2018). Nursing News Volume 3, Nomor 3, 2018. 3, 758–765.
Irsalina, Y., Yuliana, R., Alamsyah, T. P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020).
Pengembangan Media Busy Book Berbasis Metode Global Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 9(4), 527–539.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v9i4.7969
Khadijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik (1 ed.).
Makhmudah, S., Anggraini, F. S., & FN, A. A. (2020). Perkembangan Motorik AUD (Guepedia (ed.); 1 ed.).
Nurlaili, M. P. (2019). Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini. 12.
Pito, A. H. (2018). Media pembelajaran dalam perspektif alquran. Diklat Teknis A., VI(2), 97–117.
Prakarsi, E., Karsono, K., & Dewi, N. K. (2020). Penggunaan Media Busy Book Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Pola Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(2), 171. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.35703
Pratiwi, N. E. ; M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Pasir Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Ppt ” Melati ” Surabaya. PAUD Teratai, 06 nomor 0, 1–7.
Safira, A. R. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini (1 ed.).
Safitri, D., Afifulloh, M., & Anggraheni, I. (2019). Penggunaan Media Busy Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Kelompok B1 Di RA Panglima Sudirman Sembersekar Dau Malang. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 47–56.
Sari, M. P. S., & Putro, K. Z. (2021). Peranan Keluarga, Sekolah, Dan Kelompok Bermain (Play Group) Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Golden Age, 5(02), 39–54. https://e- journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3041
Setiya, M., Agustiningsih, N., Kep, S., Abdurrachman, H., & Kes, M. (2014). Tahun Dengan Metode DDST ( Studi di PAUD Al-Ikhsan Panggungrejo Kepanjen ).
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); 1 ed.).
Suciati, D. A. K. G., Suami, N. K., & Ujianti, P. R. (2016). Pengaruh Kegiatan Finger Painting Berbasis Teori Lokomosi Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/7791/53 21
Surahman, Rachmat, M., & Supardi, S. (2016). Metodologi Penelitian (1 ed.). Tatik Ariyanti. (2007). Pentingnya Pendidikan Anak Bagi Tumbuh Kembang
Usia Dini The Importance Of Chilhood Education For Child Development.
Pentingnya Pendidikan Anak Bagi Tumbuh Kembang Anak, 3(September).
Ulfa, azra aulia, & Rahmah, E. (2017). Pembuatan dan Pemanfaatan Busy Book dalam Mempercepat Kemampuan Membaca untuk Anak Usia Dini di PAUD Budi Luhur Padang Azra. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 6(September), 28–37. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/8121-093
Utomo, I. A., & Ramli, M. (2018). Penerapan Strategi Bermain melalui Media Busy Book untuk Meningkatkan Fisik Motorik Halus Anak Usia Dini.
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1594– 1598.
Virdyna, N. K. (2017). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan
Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi :
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347
Wijanarko, K. D., Darmawanto, E., Permatasari, S., Assaadah, M., & Nurjanah,
F. A. (2021). Pemanfaatan Kain Flanel Sebagai Alat Pembelajaran Edukatif Busy Book Di TK TA 03 Jerukwangi. 1(2), 148–155.
Published
2022-02-28
How to Cite
ERIK, Erik; CARNIYATI, Carniyati. Efektivitas Penggunaan Media Busy Book Flanel Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun KB Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 102 -111, feb. 2022. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/763>. Date accessed: 04 jan. 2025.