Peran Pendidikan Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini

  • Amirudin Amirudin IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Sumiati Sumiati IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan orang tua dalam perkembangan bahasa anak, mengetahui tindakan yang dilakukan oleh orang tua untuk mengembangkan aspek bahasa anak dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menghambat perkembangan bahasa anak di kelompok A TK Rengganis Kecamatan Palasah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan field research. Pendekatan ini dipilih karena dinilai cocok karena proses pengolahan data tidak menggunakan  statistika.Penelitian ini membahas tentang tindakan yang dilakukan orang tua dalam mengembangkan aspek bahasa anak seperti dengan membangun komunikasi yang baik, memberikan waktu khusus untuk belajar dan memanfaatkan gadget. Tak hanya itu, isi dari penelitian ini juga fakor yang dapat menghambat perkembangan bahasa anak seperti kurangnya pendampingan orang tua, mendapat kekerasan secara fisik dan orang tua yang pemarah. Simpulan dari hasil peneltian diketahui bahwa Tinggi rendahnya tingkat pendidikan orang tua tidak berpengaruh terhadap perkembangan aspek bahasa pada anak. Tindakan yang dilakukan oleh orang tua dalam mengembangkan aspek bahasa pada anak yaitu memberikan waktu belajar khusus di rumah, Stimulasi dan komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, memilihkan lingkungan dan pertemanan yang baik untuk anak, memanfaatkan tekonologi gawai (gadget).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, Nurul, Ratri Wulandari, and Mahendra Nur Hadiansyah. 2015. “PEMBELAJARAN SENSORI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (TUNAGANDA/C1) MELALUI DESAIN INTERIOR PADA SEKOLAH LUAR BIASA.” Pendidikan inklusi 3(2).
Aiyuda, Nurul. 2017. “Kemandirian pada anak Tuna Ganda di Sekolah Dasar Luar Biasa Hellen Keller Indonesia, Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan 2(2).
Atmojo, Setyo Eko, Beny Dwi Lukitoaji, and Faiz Noormiyanto. 2020. “Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Guru Sekolah Dasar Rujukan Inklusi.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3(2): 244–52.
Ayuni, Despa, Tria Marini, Mohammad Fauziddin, and Yolanda Pahrul. 2020. “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 414.
Azis, Fatimah, Sam’un Mukramin, and Risfaisal Risfaisal. 2021. “Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Inklusi (Studi Sosiologi Pada Sekolah Inklusi di Kota Makassar).” Equilibrium: Jurnal Pendidikan 9(1): 77–85.
Candrasari, Anika, D Eka Faulam Putri, and Parisa V Warraihan. 2017. “Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak.” 5th URECOL Proceeding, Yogyakarta.
Engle, Patrice, and Sandra L Huffman. 2010. “Growing Children’s Bodies and Minds: Maximizing Child Nutrition and Development.” Food and nutrition bulletin 31(2_suppl2): S186–97.
Fitria, Norma. 2022. “Knowledge Management for Change Process Academic in High School.” Roqooba Journal of Islamic Education Management 1(1): 16–24.
Hasanah, Uswatun, and Sofia Retnowati. 2019. “Dinamika Resiliensi Ibu Single parent dengan Anak Tuna Ganda.” Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) 3(3): 151.
Hurlock, Elizabeth B. 1995. “Perkembangan Anak Jilid 1 Dan 2.” Jakarta: Penerbit Erlangga. Terjemahan, Editor Agus Dharma. Judul Asli: Child Development.
Indarta, Yose et al. 2022. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4(2): 3011–24.
KHOIRUN NISA, KHOIRUN NISA, Puji Lestari, and Trimawarti Trimawarti. 2020. “HUBUNGAN USIA ANAK, JENIS KELAMIN DAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN KEJADIAN SIBLING RIVALRY PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK DAN PAUD SBB PELANGI NUSANTARA 04 KELURAHAN PRINGAPUS.”
Mayasari, Annisa, Yuli Supriani, and Opan Arifudin. 2021. “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran Di SMK.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(5).
Meliani, F, A. M Iqbal, U Ruswandi, and M Erihadiana. 2022. “Konsep Moderasi Islam Dalam Pendidikan Global Dan Multikultural Di Indonesia.” Eduprof : Islamic Education Journal 4(1): 195–211.
Meliani, Fitri, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. 2022. “THEOLOGY OF PANDEMIC: UNRAVELING THE MEANING BEHIND THE DISASTER FROM AN ISLAMIC PERSPECTIVE.” Al-Mada: Jurnal Agama Sosisal dan Budaya 5(1): 17.
Meliani, Fitri, Nanat Fatah Natsir, and Haryanti Erni. 2021. “Sumbangan Pemikiran Ian G. Barbour Mengenai Relasi Sains Dan Agama Terhadap Islamisasi Sains.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 673–88.
Meliani, Fitri, Euis Sunarti, and Diah Krisnatuti. 2014. “Faktor Demografi, Konflik Kerja-Keluarga, Dan Kepuasan Perkawinan Istri Bekerja.” Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 7(3): 133–42.
Meliani, Fitri, and Qiqi Yuliati Zaqiah. 2022. “THE PROCESS OF TECHNOLOGICAL INNOVATION IN ISLAMIC UNIVERSITIES: E-CAMPUS APPLICATION AT ISLAMIC INSTITUTE OF BUNGA BANGSA CIREBON.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5(3): 16.
Musthafa, Izzuddin, and Fitri Meliani. 2021. “Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji Di Era Revolusi Industri 4.0.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 654–67.
Octavia, Shilphy A. 2020. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. Deepublish.
Pratiwi, Masyitha Agustya. 2020. “Pola Asuh Demokratis Dalam Novel Karya Anak: Kajian Psikologi Perkembangan Hurlock.” BAPALA 7(3): 1–6.
Salami, Salami. 2017. “Ibu Sebagai Hypnotist Terhebat Di Dunia.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 1(2): 1–19.
Soekmono, R. 2017. “PROGRAM BAHASA HOLISTIK (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK NASIMA SEMARANG).” JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI 3(1): 302–22.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Supriani, Y. 2022. “Implementasi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5(2): 587–94.
———. 2022. “The Process of Curriculum Innovation: Dimensions, Models, Stages, and Affecting Factors.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 5(2): 485–500.
Supriani, Yuli, and Novtiana Ayu Devri. 2021. “Pengaruh Kualitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa.” Profesi Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1(1).
Published
2022-08-30
How to Cite
AMIRUDIN, Amirudin; SUMIATI, Sumiati. Peran Pendidikan Orang Tua terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 111-126, aug. 2022. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/774>. Date accessed: 29 dec. 2024.