APAKAH ADANYA WISATA KERATON KASEPUHAN DAPAT MENSEJAHTERAKAN PELAKU USAHA DI SEKITARNYA?

  • Jamal Noor Kantry Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Tanti Safira Putri Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Neni Nur Wulandari Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Riski Rodiya Putri Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Bagus Prasetyo Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Agis Priyana Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Fadlul Maula Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Ervin Ervin Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Agus Yono Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Gama Pratama Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Mohammad Ridwan Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Sebagian daerah maupun dari kota atau kabupaten mempunyai sebuah objek wisata atau tempat yang dapat menarik perhatian untuk di datangi. Banyak sekali di indonesia objek wisata yang menarik untuk di kunjungi. Oleh karenanya semakin banyak wisatawan yang berkunjung di salah satu tempat wisata tersebut akan berdampak semakin tingginya pendapatan wisata tersebut. Dengan maksud penulis adalah ingin mengetahui dan mencoba meneliti di salah satu tempat objek wisata yaitu tempat wisata Keraton Kasepuhan. Wisata tersebut banyak di beritakan media banyak sekali wisatawan yang berkunjung di wisata Keraton Kasepuhan. Oleh karenanya penulis ingin melihat dan mengetahui para pelaku usaha yang berada di sekitar tempat wisata Keraton Kasepuhan tersebut. Dengan adanya wisata Keraton Kasepuhan dan banyaknya wisatawan yang berkunjung apakah mensejahterakan pelaku usaha tersebut. bahwa kondisi objek wisata sesudah adanya pengembangan dan sebelum dan sesudah adanya Covid-19 sudah semakin baik. Metode penelitian Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan Studi Kasus. Metode penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha mengulik fakta suatu kejadian, aktivitas, objek, proses, serta manusia secara “apa adanya†pada waktu sekarang atau jangka waktu yang masih memungkinkan dalam ingatan responden. Maka, metode penelitian ini mencakup berbagai jenis metode penelitian lainnya, seperti metode survei,studi kasus, studi perkembangan, dan sebagainya Dari hasil dan pembahasan penelitian Dengan adanya pariwisata dapat membuka peluang usaha untuk taraf ekonomi masyarakat sekitar objek wisata yang lebih baik. Peneliti melihat bahwa reponden yang berada di kawasan wisata Keraton Kasepuhan ialah berpotensi mendapatkan pendapat penjualan yang berpotensi naik yang signifikan, oleh karenanya peneliti akan melihat hasil yang berdasarkan dari pendapatan dari reponden. Dapat di jadikan bahawa pelaku usaha tersebut mendapatkan kesejahteraan yang baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriantari, V. L., Haida, N., & Lasmana, M. I. (2022). Entrepreneurship Technology in Sharia Economic Perspective. ICOBBA_2021, 441-445.
Khozin, A. A., Pratama, F. A., Ridwan, M., Amin, N. M. F., & Lesmana, T. (2022). Inflation and the Stability of Islamic Finance. ICOBBA_2021, 404-409.
Mulyanto, A., Dewi, O. R., Normansyah, A. D., Pratama, F. A., Nurkholiq, A., Hasim, I., ... & Tyas, P. (2023). Bimbingan Teknis Guru dan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Modul Ajar Pada Kurikulum Merdeka. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 5(1), 72-82.
Mustoip, S., Dz, A. S., & Wulan, D. J. (2023). Integrasi Kecerdasan Buatan dalam Manajemen Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Sekolah Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 321-327.
Mustoip, S., Tabroni, I., Sulaiman, S., & Marliani, L. (2024). Promoting Equity and Excellence in Elementary Education: A Global Approach to School Management and Leadership. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 210-217.
Nasir, A., Busthomi, A. O., & Rismaya, E. (2022). Shariah Tourism Based on Local Wisdom: Religious, Income, Motivation, Demand and Value of Willingness to Pay (WTP). International Journal Of Social Science And Human Research, 5(08), 3811-3816.
Pratama, F. A., Dewi, E. C., Al Fasiri, M. J., Ridwan, M., & Suwarni, T. (2023). The Influence of Islamic Work Ethic on the Welfare of Tempe Business Employees in Kedawung-Cirebon District. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 2(2), 106-112.
Pratama, F. A., Ridwan, M., Yulianti, N., Ratnawati, R., Maulana, A., & Masitoh, S. I. (2022). Implementasi Persamaan Fungsi Non Linier Dalam Matematika Bisnis Pada Kehidupan Sehari-Hari. Change Think Journal, 1(03), 289-299.
Pratama, G. (2022). Comparative Study of The Empowerment of Zakat BAZNAS Indonesia and PPZ Malaysia. ICOBBA_2021, 212-216.
Ridwan, M., Ghofur, A., Rokhmadi, R., & Pratama, G. (2023). Pemikiran Ekonomi Islam Ibnu Khaldun: Sebuah Pendekatan Sosio Historis. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(1), 113-130.
Riyani, A., Pratama, G., Surahman, S., & Cahyono, H. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Keuangan Pembiayaan Syariah Dengan Akad Murabahah. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(1), 1-7.
Selasi, D., Agustiani, L. R., & Vidiati, C. (2022). Upaya Mengubah Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Melalui Digital Marketing. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1247-1258.
Selasi, D., Munajim, A., & Komala, S. I. (2022). The Digitization of Islamic Philanthrophy In the Islamic Capital Market in Indonesia. ICOBBA_2021, 166-174.
Selasi, D., Vidiati, C., & Munajim, A. (2022). Pertumbuhan Bank Syariah di ASEAN: Dalam Sejarah The Growth of Islamic Banks in ASEAN: In History. Ecobankers: Journal of Economy and Banking, 3(2), 157-171.`
Selasi, D., Vidiati, C., & Tardjono, T. (2022). Sharia Capital Market: Securities Fatwa, Derivative Securities and Mechanisms. IJOBBA: International Journal of Bunga Bangsa Cirebon, 1(1), 1-24.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Selasi, D., Virdiati, C., Munajim, A., & Sujata, T. (2022). Kesejahteraan Masyarakat: Analisa Kualitatif Sistem Keuangan Komersial Islam-SIstem Keuangan Sosial Islam di Indonesia.
Stefanus, S., & Ridwan, M. (2022). Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Pada Era Globalisasi Di Toko Emas Pantes Sindang Laut Kabupaten Cirebon. Change Think Journal, 1(01), 87-95.
Wartoyo, W., Haida, N., Mujab, S., & Umam, M. K. (2022). Sharia Marketing Model Pada Bisnis Laundry Syariah (Case Study Pada Zada Laundry Syariah Sumber Cirebon). PROFIT: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1).
Published
2023-06-05
How to Cite
KANTRY, Jamal Noor et al. APAKAH ADANYA WISATA KERATON KASEPUHAN DAPAT MENSEJAHTERAKAN PELAKU USAHA DI SEKITARNYA?. Change Think Journal, [S.l.], v. 1, n. 04, p. 389-396, june 2023. ISSN 2829-6664. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/changethink/article/view/834>. Date accessed: 06 jan. 2025.