Konsep dan Pengaplikasian Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Tingkat MI/SD

  • Muhammad Rayhan Saputra UIN Syarif Hidayatulllah Jakarta
  • Lu`luil Maknun UIN Syarif Hidayatulllah Jakarta

Abstract

The purpose of writing this article is to find out the basic concepts, implementation steps, characteristics of the advantages and disadvantages as well as the effectiveness of the application of jigsaw cooperative learning in teaching and learning activities in MI or SD level classes. The writing method is carried out using a literature study or literature research method, using research materials in the form of journals, articles and physical and digital books sourced from Google Scholer, national library applications, and other media, which are then explored and adapted to the topic raised as the theme of the material. discussion. Learning in the implementation process is known by the teacher as the owner of the main role who explains all learning materials and students only accept so that the interaction becomes passive. Problems sometimes arise when teachers determine the learning model that will be used to deliver predetermined subject matter to students. The jigsaw cooperative learning model is a model that is implemented by focusing on students with group work in the form of small groups. Studying in groups will provide a new atmosphere in learning so as to minimize student boredom and improve student learning outcomes


Abstrak


Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui konsep dasar, langkah-langkah penerapan, ciri khas kekurangan dan kelebihan serta efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam kegiatan belajar mengajar di kelas tingkat MI atau SD. Metode penulisan dilakukan dengan metode studi pustaka atau literature review, menggunakan bahan penelitian berupa jurnal, artikel dan buku fisik maupun digital yang bersumber dari google scholer, aplikasi perpustakaan nasional, dan media lainnya, yang kemudian di dalami dan disesuaikan dengan topik yang diangkat sebagai tema materi pembahasan. . Pembelajaran dalam proses pelaksanaannya dikenal guru sebagai pemilik peran utama yang menjelaskan seluruh materi pembelajaran dan peserta didik hanya menerima sehingga interaksi menjadi pasif. Permasalahan terkadang muncul pada guru saat menentukan model pembelajaran yang akan digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran yang telah ditentukan kepada peserta didik. Model pembelajaran kooperatif jigsaw merupakan model yang dilaksanakan dengan memusatkan pada siswa dengan kerja kelompok dalam bentuk kelompok kecil. Belajar secara berkelompok akan memberikan suasana baru dalam pembelajaran sehingga meminimalisir kebosanan peserta didik dan meningkatkan hasil belajaran siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2017). pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran kimia di madrasah aliyah. Lantanida Journal, 5(1).
Alfazr, A. S., Gusrayani, D., & Sunarya, D. T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Tiap Paragraf. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 111–120.
Anitra, R. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(1), 8. https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i1.2311
Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 57–63.
Djabba, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 48 Parepare the Implementation of Cooperative Learning Model Jigsaw Type in Improving Students Science Learning Outcomes At Class V Sd Negeri . Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 2(1), 21–26.
Fauzan. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran (1st ed.). https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=EAgiEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA55&dq=kurikulum+dan+pembelajaran&ots=CHIa8f_Drn&sig=fsriBBRzNZe_iPkPXsOsC_ySm-M
Fitriani, E., & Mahsup, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 01. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541
Handayani, H. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(Vol 5 No 1 June 2020). https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.1944
Heriwan, D., & Taufina, T. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 673–680. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416
Jaelani, A. (2015). Pembelajaran Kooperatif, Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyya (Mi). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.189
Lahir, S., Ma’ruf, M. H., & Tho’in, M. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Yang Tepat Pada Sekolah Dasar Sampai Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Edunomika, 1(01), 1–8. https://doi.org/10.29040/jie.v1i01.194
Lubis, nur ainun, & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 96–102.
Muslih, M. (2010). Pembelajaran Moral Melalui Pembelajaran Kooperatif. Forum Tarbiyah, 8(2), 165–179.
Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Madrasah Ibtiaiyah. 929–930.
Rahayu, T. G., Herawan, R. S., & Pitriadi, A. P. (2021). Analisis model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar Analysis of the implementation of the jigsaw type cooperative learning model in improving student learning outcomes in elementary schools. Madrosatuna, 4(1), 34–42.
Santosa, D. (2017). Dampak Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhansa, 33(2), 1689–1699.
Shoimin, A. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 (R. KR (ed.)).
Sri Astiti, D. K., & Murda, I. N. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sd. Journal of Education Action Research, 1(2), 94. https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12043
Suprihati, W. (2019). metode jigsaw dan penerapannya di dalam kelas. Veritas Lux Mea, 1(2), 140–153. http://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/46/pdf
Syaodih, E. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Educare, 5(1), 1–25.
Trisdiono, H., & Zuwanti, I. (2017). Strategi Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 7(02), 95. https://doi.org/10.25273/pe.v7i2.1468
Umar, E. (2011). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI BELAJAR KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Jurnal Inovasi, 8(September 2011), 102–111.
Widiyati, ninik sri, & Muaddab, H. (2018). 29 model-model pembelajaran inovatif. ipurnas. http://webadmin.ipusnas.id/ipusnas/publications/books/122528/
Zaini, H. (2009). strategi pembelajaran aktif implementasi dan kendalanya di dalam kelas. Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologo FKIP UNS.
Published
2022-02-28
How to Cite
SAPUTRA, Muhammad Rayhan; MAKNUN, Lu`luil. Konsep dan Pengaplikasian Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Tingkat MI/SD. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 98-108, feb. 2022. ISSN 2722-1520. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edubase/article/view/681>. Date accessed: 29 dec. 2024.