Analisis Pola Belajar Terbimbing Pada Siswa Yang Sulit Untuk Mengikuti Pembelajaran di Kelas VI SDN 3 Tugu

  • Vidya Ayu Lestari Universitas Perjuangan Tasikmalaya

Abstract

Didalam proses pembelajaran setiap anak mempunyai karakter yang berbeda-beda, oleh karena itu dalam menangani siswa pun tidak bisa dengan menggunakan cara yang sama. Hal ini merupakan titik awal permasalahan dimana seorang pendidik tetap harus memberikan pengajaran kepada siswa agar tidak merasa bosan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang pola belajar terbimbing untuk siswa yang sulit diatur ketika proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dengan subjek penelitian pada siswa kelas VI di SDN 3 TUGU. Instrumen penelitian yang digunakan adalah media elektronik berupa tablet. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi bahwa penerapan dari pola belajar terbimbing dengan media pembelajaran tablet sangat memberikan keuntungan bagi proses pembelajaran dalam mengatasi siswa yang sulit belajar. Adanya perubahan semangat belajar siswa, sebelum dan sesudah penerapan pola belajar terbimbing dengan menggunakan media pembelajaran berupa tablet. Hal ini terlihat dari respon siswa saat mengikuti proses pembelajaran.Upaya yang dilakukan oleh guru pada siswa yang sulit mengikuti pembelajaran ialah menambahkan media media tablet pada pola belajar terbimbing, yang dimana media tablet ini berisikan konten-konten materi pembelajaran seperti powerpoint, video dan google from untuk pengerjaan tugas.
Kata Kunci: Pola belajar terbimbing; media pembelajaran; kesulitan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatah, M., Suud, F. M., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif Pada Siswa SMK Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, 19(1), 89. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i1.6026
Mabruria, A. (2023). Konsep Diagnosis Kesulitan Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Muhafadzah, 1(2), 80–92. https://doi.org/10.53888/muhafadzah.v1i2.429
Mulyanti, N. M. B., Gading, I. K., & Diki. (2023). Dampak Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 109–119. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59276
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–15. https://core.ac.uk/download/pdf/267962028.pdf
Primandari, P. N., Islam, C. C., Chandra, A. P., & Muhammad, F. (2021). Aplikasi Pengenalan Pola Sebagai Media Pembelajaran Menulis Pada Anak Usia Dini. Antivirus?: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 15(1), 113–122. https://doi.org/10.35457/antivirus.v15i1.1257
Pujiyanti, D., & Mulyawati, I. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Bagi Guru Terdampak Covid-19 di SMPN 126 Jakarta. Jurnal Solma, 10, 170–178. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/5028/2272
Ratumanan. (2018). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.
Sutejo, B. P., Setiawan, D., & Masfuah, S. (2021). Pola Belajar Anak Usia 10-11 Tahun Pada Pembelajaran Daring. Ilmiah CIVIS, X(1), 45–53. http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/8164
Syariati, T. P., Utaminingsih, S., & Santoso. (2021). Peran Orang Tua Pada Proses Belajar Siswa Di Rumah Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(November), 1566–1581.
Sukarnoto, T., Janwari, Y., Solehudin, E., & Mulyawan, S. (2023). Women's Empowerment as a Moderator Variable in the Role of Sharia Microfinance Inclusion in Strengthening the Family Economy. Journal of Economics, Finance and Accounting Studies, 5(6), 14-26.
Wikansari, R., Ausat, A. M. A., Al Hidayat, R., Mustoip, S., & Sari, A. R. (2023, June). Business Psychology Analysis of Consumer Purchasing Factors: A Literature Review. In ICEMBA 2022: Proceedings of the International Conference on Economic, Management, Business and Accounting, ICEMBA 2022, 17 December 2022, Tanjungpinang, Riau Islands, Indonesia (Vol. 6). European Alliance for Innovation.
Published
2023-09-02
How to Cite
LESTARI, Vidya Ayu. Analisis Pola Belajar Terbimbing Pada Siswa Yang Sulit Untuk Mengikuti Pembelajaran di Kelas VI SDN 3 Tugu. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 235-242, sep. 2023. ISSN 2722-1520. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edubase/article/view/902>. Date accessed: 29 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.47453/edubase.v4i2.902.