PENERAPAN METODE CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A TKIT NOOR HIDAYAH KLANGENAN KABUPATEN CIREBON
Abstract
Based on the results of preliminary observations found that the level of speech ability of children in Group A TKIT Noor Hidayah Klangenan Cirebon District is still low, based on pre cycle results it was found that most children do not have good speaking skills and the total achievement of completeness is only 33.3%, in a bad category.This study aims to: 1) To determine the objective conditions of children before applying the pictorial story method. 2) To find out the implementation of learning by applying the pictorial story method to improve children's speaking ability. 3) To find out the improvement in children's speaking ability after applying the pictorial story method.This research is a classroom action research. The data collection was carried out by observation of each child in Group A TKIT Noor HidayahKlangenan, Cirebon Regency with 15 children and a sample of 15 children.The results of the implementation of the ability to speak early childhood Group A Integrated Islamic Kindergarten Noor Hidayah Klangenan Cirebon District after applying the pictorial story method it is known that in the first cycle it is known that the total ability to speak of children is 58.9% with good interpretation. In the second cycle of children's speech ability the total percentage of achievement was 90.6% with very good interpretation.The conclusion of this research is that through the application of the pictorial story method it can improve the ability to speak early childhood in Group A Integrated Islamic Kindergarten Noor Hidayah Klangenan, Cirebon Regency.
Abstrak
Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan fakta lapangan bahwa tingkat kemampuan berbicara anak Kelompok A TKIT Noor Hidayah Klangenan Kabupaten Cirebon masih rendah yaitu berdasarkan hasil pra siklus ditemukan sebagian besar anak-anak belum memiliki kemampuan berbicara yang baik dan total pencapaian ketuntasan hanya sebesar 33,3%, dengan kategori kurang baik.Penelitian ini betujuan untuk : 1) Untuk mengetahui kondisi objektif anak sebelum penerapan metode cerita bergambar. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode cerita bergambar dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak. 3) Untuk mengetahui peningkatankemampuan berbicara anak sesudah menerapkan metode cerita bergambar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi kepada setiap anak di Kelompok A TKIT Noor Hidayah Klangenan Kabupaten Cirebon yang berjumlah 15 anak dan sampel sebanyak 15 anak.Hasil pelaksanaan kemampuan berbicara anak usia dini Kelompok A TK Islam Terpadu Noor Hidayah Klangenan Kabupaten Cirebon sesudah menerapkan metode cerita bergambar diketahui bahwa pada siklus I diketahuibahwa kemampuan berbicara anak total persentase pencapaiannya sebesar58,9% dengan interpretasi cukup baik. Pada siklus II kemampuan berbicara anak total persentase pencapaiannya sebesar 90,6% dengan interpretasi sangat baik.Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini Kelompok A TK Islam Terpadu Noor Hidayah Klangenan Kabupaten Cirebon
Downloads
References
Asnawir dan Basyiruddin Usman. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. 2002.
Aulia. Mengajarkan Balita Anda Membaca. Yogyakarta: Intan Media. 2012. Baharuddin, dkk. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia. 2014.
Casta. Dasar-Dasar Statistika Pendidikan Sebuah Pengantar Bagi MahasiswaSTAI BBC. Cirebon: STAI Bunga Bangsa Cirebon. 2012.
Dhieni, Nurbiana. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: UniversitasTerbuka. 2011.
Fadlillah, Muhammad. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-RuzzMedia. 2012.
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama. 2007.
Hariyanto, Suryono. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.
Jamaris, Martini. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia TamanKanak-kanak. Jakarta: Gramedia. 2006.
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Surabaya: Optima.2011.
L, Zulkifli. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2005. Madyawati. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Group. 2016.
Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan, Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2008.Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2010.
Mulyasa, E. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdkarya. 2013.
Nurkancana, Wayan dan Sumartana. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. 2000.
R, Moeslichatoen. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya. 2004.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2006.
Ramly, Amir Tengku. Pumping Talent, Memahami Diri Memompa Bakat. Tangerang: Kawan Pustaka. 2004.
Riadi, Edi. Metode Statistik Parametrik & Nonparametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri. 2014.
Riduwan. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2005.
Riduwan dan Akdon. Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. Bandung: Alfabeta. 2010.
Sadiman, Arief S, dkk. Media Pendidikan. Jakarta: Radja Grapindo Persada. 2002.
Sadiman, Arief S, dkk. Media Pendidikan. Jakarta: Radja Grapindo Persada. 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta. 2016.
Sugiono, Yuliani Nuraini. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks. 2013.
Suhartono. Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2005.
Sukidin, dkk. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendikia.
2002.Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan, Penelitian Memberikan Deskripsi, Eksplanasi, Prediksi, Inovasi, dan Juga Dasar- Dasar Teoretis Bagi Pengembangan Pendidikan. Bangung: PT. Remaja Rosdakarya. 2013.
Susilana, Rudi. Media Pembelajaan. Bandung: Wacana Prima. 2009. Wiriaatmadja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2009.
Yulianti, Dwi. Bermain Sambil Belajar Sains di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Indeks. 2010