Efektivitas Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Emosi Anak Pada Kelompok A di PAUD Nurus Syifah Sumber Kabupaten Cirebon

  • Rantini Rantini IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Andri Hardiyana IAIN Syekh Nurjati Cirebon

Abstract

This study aims to develop and improve emotional abilities in early childhood. This study is to see the effectiveness of the role playing method by involving children aged 4-5 years in PAUD Nurul Syifah Sumber Cirebon Regency. This research method uses the experimental method. The X1 variable data, namely the emotional ability of children before applying the role playing method in Group A PAUD Nurus Syifah Sumber, Cirebon Regency was obtained from observations of 25 children. The X2 variable data, namely the emotional ability of children after applying the role-playing method in Group A PAUD Nurus Syifah Sumber, Cirebon Regency was obtained from observations of 25 children. emotional ability of children in Group A in PAUD Nurus Syifah Sumber Cirebon Regency before the application of role playing based on the results of data analysis obtained an average value of 7.44. The results of this study indicate that the results of the analysis of the ideal score obtained a percentage of 60% in the category of children's emotional ability is not high. Thus it can be interpreted that the emotional ability of children before implementing role playing is included in the less high category. The difference in the emotional abilities of children in Group A in PAUD Nurus Syifah Sumber, Cirebon Regency before and after the application of the role playing method was proven by the value of tcount = 14,687. This value is compared with ttable at db = 25-2 = 23 with a significance of 0.05 (5%), the ttable is 1.714. Based on the provisions if tcount > ttable then H0 is rejected. Thus it can be seen that tcount > ttable (14,687 > 1,714) which means that H0 (nil hypothesis) is rejected, meaning that there is a significant difference in children's emotional abilities before and after the application of the role playing method with a difference of 56%, which means that children's emotional abilities are higher. good when using the role play method


Abstrak


Penelitian  ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan emosi pada anak usia dini. Penelitian ini untuk melihat efektivitas metode bermain peran dengan melibatkan pada anak usia 4 – 5 tahun di PAUD Nurul Syifah Sumber Kabupaten Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan metode eksprerimen.  Data variabel X1 yaitu kemampuan emosi anak sebelum menerapkan metode bermain peran di Kelompok A PAUD Nurus Syifah Sumber Kabupaten Cirebon diperoleh dari hasil observasi terhadap 25 anak. Data variabel X2 yaitu kemampuan emosi anak sesudah menerapkan metode bermain peran di Kelompok A PAUD Nurus Syifah Sumber Kabupaten Cirebon diperoleh dari hasil observasi kepada 25 anak. kemampuan emosi anak Kelompok A di PAUD Nurus Syifah Sumber Kabupaten Cirebon sebelum penerapan bermain peran berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai sebesar 7,44. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis skor ideal didapatkan prosentase sebesar 60% pada kategori kemampuan emosi anak kurang tinggi. Dengan demikian dapat diartikan bahwa kemampuan emosi anak sebelum menerapkan bermain peran termasuk dalam kategori kurang tinggi. Perbedaan kemampuan emosi anak Kelompok A di PAUD Nurus Syifah Sumber Kabupaten Cirebon sebelum dan sesudah penerapan metode bermain peran terbukti dengan nilai thitung = 14,687. Nilai tersebut dibandingkan dengan ttabel pada db = 25-2 = 23 dengan signifikansi di angka 0,05 (5%), didapatkan ttabel sebesar 1,714. Berdasarkan ketentuan jika thitung > ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (14,687 > 1,714) yang artinya bahwa H0 (hipotesis nihil) ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan emosi anak sebelum dan sesudah penerapan metode bermain peran dengan tingkat perbedaan 56% yang artinya kemampuan emosi anak lebih baik ketika menggunakan metode bermain peran


 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barnawi, dkk. Pedonam Penulisan Skripsi, ( Cirebon: IAI Bunga Bangsa Cirebon, 2018)
Casta. Dasar-Dasar Statistika Pendidikan. Cirebon: STAI Bunga Bangsa Cirebon, 2014.
Dhieni,Nurbiana. Pengembangan Bahasa Anak (Yogyakarta: PT. Raja Grafindo, 2007.
Dimyati, Johni. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: KENCANA PRENADA MEDIA GROUP, Cet.,I, 2013
Eureka Pendidikan, Pengertian dan peranan Metode eksperimen, http://www.eurekapendidikan.com/2014/10.pengertian-dan-peranan-metode experiment.htnl?m=1
Hamalik, Oemar. Media Pendidikan Bandung: Depdiknas. 1986.
Hasan, Maimunah. PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Yogyakarta: Diva Press. 2009.
https://jeniuscaraalkitab.com/2018/10/16/membuat-kotak-alfabet Meaning According Text to Ekpert , Pengertian Metode dan Metodologi Penelitian, (Diunduh dari http://meaningaccordingtoexperts.blogspot.co.id/2017/04/pengertian-metode-dan-metodologi.html)
Mudjito. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Berbahasa di Taman Kanak-Kanak.Jakarta: Depdiknas. 2007.
Rasyid, Harun dkk. Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Pressindo. 2009.
Seefeldt, Carol , Wasik Barbara A . Pendidikan Anak usia dini. (Alih bahasa: Pius Nasar). Jakarta : Indeks, 2006.
Suetopo,Helyantini. Pintar Memakai Alat Bantu Ajar untuk Guru Kelompok Usia Dini. Esensi Erlangga Group, 2009. 84
Published
2021-08-29
How to Cite
RANTINI, Rantini; HARDIYANA, Andri. Efektivitas Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Emosi Anak Pada Kelompok A di PAUD Nurus Syifah Sumber Kabupaten Cirebon. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 82-93, aug. 2021. ISSN 2549-0141. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/hadlonah/article/view/435>. Date accessed: 05 jan. 2025.