Implementasi Model Pembelajaran Bentuk Webbed dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Kota Cirebon
Abstract
Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan mengimplementasikan model pembelajaran bentuk webbed dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini di Kota Cirebon. Penelitian ini diimplementasikan dalam mengembangkan nilai agama dan moral anak usia dini melalui model pembelajaran bentuk webbed. Metode penelitiannya adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif. Waktu dan tempat penelitian dilaksanakan di PAUD Kota Cirebon sejak bulan Juli dan sampai September 2021. Teknik pengumpulan data penelitian adalah melalui teknik observasi, studi dokumentasi, dan teknik wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, display, dan analisis data. Hasil penelitian melalui implementasi model pembelajaran bentuk webbed nilai agama dan moral anak usia dini sudah masuk kategori berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 66% dan sebagian berkembang sesuai harapan (BSH) sebanayak 34%. Dengan demikian, hasilnya adalah melalui model pembelajaran bentuk webbed aspek perkembangan nilai agama dan moral dapat berkembang dengan baik yang ditampilkan dengan perilaku dalam mengamalkan ajaran agama,dan berperilaku sesuai dengan norma dan moral secara sederhana.
Downloads
References
Jacobs. (1989). Interdisciplinary Curriculum: Design and Implementation. Association for Supervision and Curriculum Development, Alexandria, VA.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Meliani, F., Alawi, D., Yamin, M., Syah, M., Erihadiana, M., & Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). Manajemen Digitalisasi Kurikulum di SMP Islam Cendekia Cianjur Kata kunci. In JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 4, Issue 7). https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.328
Meliani, F., Fatah Natsir, N., & Haryanti, E. (2021). Sumbangan Pemikiran Ian G. Barbour mengenai Relasi Sains dan Agama terhadap Islamisasi Sains. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 673-688. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.331
Meliani, F., Sunarti, E., & Krisnatuti, D. (2014). Faktor Demografi, Konflik Kerja-Keluarga, dan Kepuasan Perkawinan Istri Bekerja. Jur. Ilm. Kel. & Kons (Vol. 7, Issue 3). https://doi.org/https://doi.org/10.24156/jikk.2014.7.3.133.
Musthafa, I., & Meliani, F. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Islam Klasik Al-Zarnuji di Era Revolusi Industri 4.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 664-667. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v4i7.329
Rizkina & Suratman. (2020). PERAN PENDIDIK DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 19.
Syamsudin, A. (2012). Pengembanagan Nilai-nilai agama dan Moral pada Anak usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1.
Tim Pengembang PGSD. (1999). Pembelajaran Terpadu D-II dan S-II Pendidikan Dasar. Dirjen Dikti, Bagian Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.).