Manajemen Segregasi Gender Tunggal dalam Membina Karakter Kemandirian Peserta Didik di SMP Negeri I Maja Kabupaten Majalengka

  • Agus Edi Suhaedi IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Dian Widiantari IAI Bunga Bangsa Cirebon
  • Firman Nugraha IAI Bunga Bangsa Cirebon

Abstract

Changes in the environment in the education unit has been so dynamic that forced to make changes to the vision and mission and strategy. Parents, educators and all parties involved in education complain why character education in Indonesia has not shown encouraging results. The occurrence of violations committed by students is one indication of the need for an educational management model. This study aims to analyze the class separation program in fostering the character of students.
This study uses a qualitative approach with a case study model and purposive sampling data sources include principals, vice principals, teachers and parents of students. The instruments that the authors use are in-depth interviews, observation and documentation studies and triangulation. Data analyst by compiling and preparing data, reading the entire data, coding the data, applying coding, analyzing the coding results, and interpreting the theme and description. Validity of data with credibility test, transferability, confirmability and depenability.
Planning begins with knowing the background of the program, curriculum Foundation, curriculum design. Analyze the organization of a single gender segregation program that all educators and education personnel entirely support a single gender sergregation program. This Program is implemented only in teaching and learning activities only. The effect of single gender sergregation can be seen from participants focusing more on learning, as well as the focus of control on improving the character of independence.
Keyword: Management; Single Gender Segregation; Character Education.


Abstrak


Perubahan lingkungan di satuan pendidikan sudah sedemikian dinamis yang memaksa melakukan perubahan terhadap visi dan misi serta strategi. Para orang tua, pendidik dan semua pihak yang terlibat dalam pendidikan mengeluhkan mengapa pendidikan karakter di Indonesia belum menunjukan hasil yang menggembirakan. Terjadinya pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh pelajar salah satu indikasi perlunya sebuah model pengelolaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program pemisahan kelas dalam membina karakter peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model studi kasus dan sumber data purposive sampling meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru dan orang tua siswa. Instrumen yang penulis gunakan adalah wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi serta trianggulasi. Analis data dengan cara menyusun dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, memberi kode data, menerapkan coding, menganalisis hasil coding, serta memaknai tema dan deskripsi. Keabsahan data dengan uji kredibilitas, transferabilitas, konfirmabilitas serta depenabilitas.
Perencanaan diawali dengan mengetahui latar belakang program, landaskan kurikulum, desain kurikulum. Menganalisis pengorganisasian program segregasi gender tunggal bahwa semua tenaga pendidik serta tenaga kependidikan seluruhnya mendukung program sergregasi gender tunggal. Program ini dilaksanakan hanya pada kegiatan belajar mengajar saja. Pengaruh sergregasi gender tunggal terlihat dari peserta lebih fokus belajar, serta fokus pengendalian terhadap peningkatan karakter kemandirian.
Kata Kunci: Manajemen; Segregasi Gender Tunggal; Pendidikan Karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas, S. (2018). Pengembangan Sosiologi Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Husnul Khotimah Kuningan. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1(2), 159-178.
Akip, M. (2020). Kesetaraan Gender dalam Pendidikan Islam. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(1), 73-83.
Alirahman, A. D. (2021). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam pada Pendidikan Dasar. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1-10.
Certo, S. C., Certo, S. T., & Malhotra, S. (2011). Modern Management-Concepts and Skills.
Chotimah, C. (2020). Learners Management by Segregation Gender-Based.
Coulter, M., & Robbins, S.P. (2015). Management, 13th edn. Pearson Education.
Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Damayanti, D., & Rismaningtyas, F. (2021). Pendidikan Berbasis Responsif Gender Sebagai upaya Meruntuhkan Segregasi Gender. Jurnal Analisa Sosiologi, 10(6), 60-75.
Erviana, V. Y. (2021). Penanganan Dekadensi Moral melalui Penerapan Karakter Cinta Damai dan Nasionalisme. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 1-9.
Maspupah, D. (2021). Manajemen Segregasi Gender dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MA Darunnajat Bumiayu Kabupaten Brebes. Eduvis: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 55-66.
Muafiah, E. (2018). Realitas Segregasi Gender di Pesantren. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Series 2, 1066-1078).
Nurmansyah. (2020). Pengantar Manajemen Modern. Alfabeta.
Rohmah, N. (2017). Segregasi Gender dalam Pembelajaran Ilmu Falak di Pesantren Salafiyah Lirboyo Kediri dan Pesantren Modern Assalam Surakarta sebagai Upaya Pemberdayaan Peran Perempuan. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 11(1), 21-45.
Romdloni. (2019). Book Review: The TAO of Islam. Review of Social Economy.
Sahri, I. K., & Hidayah, L. (2020). Kesetaraan Gender di Pesantren NU: Sebuah Telaah atas Single Sex Classroom di Pendidikan Diniyah Formal Ulya Pondok Pesantren Al Fithrah Surabaya. Journal of Nahdlatul Ulama Studies, 1(1), 67-105.
Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementation of Character Education in Elementary Schools. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1), 20–38.
Siregar, E. Z., & Amran, A. (2018). Gender dan Sistem Kekerabatan Matrilinial. Jurnal Kajian Gender dan Anak, 2(2), 133-146.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Tamin, Z., & Subaidi, S. (2019). Implementasi Segregasi Kelas Berbasis Gender dalam Menaggulangi Interaksi Negatif Siswa di SMP Al-Falah Ketintang Surabaya. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 30-43.
Terry, G.R. (2020). Dasar-Dasar Manajemen. Bumi Aksara.
Published
2022-08-29
How to Cite
SUHAEDI, Agus Edi; WIDIANTARI, Dian; NUGRAHA, Firman. Manajemen Segregasi Gender Tunggal dalam Membina Karakter Kemandirian Peserta Didik di SMP Negeri I Maja Kabupaten Majalengka. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 140-161, aug. 2022. ISSN 2746-6760. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/permata/article/view/792>. Date accessed: 06 jan. 2025.