Teknik Kata Kunci Berbantu Media Objek Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi di Sekolah Dasar

  • Harianti Harianti Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aliem Bahri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Abdan Syakur Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian ini menyoroti rendahnya keterampilan menulis karangan deskripsi dalam bahasa Indonesia pada materi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan teknik kata kunci berbantu media objek langsung pada murid kelas IV SD Negeri Taeng Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari empat pertemuan. Fokus penelitian ini meliputi keterampilan menulis karangan deskripsi dan penggunaan teknik kata kunci berbantu media objek langsung di kelas IV SD Negeri Taeng Kabupaten Gowa. Prosedur penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 38 murid kelas IV. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama, nilai rata-rata hasil belajar murid kelas IV SD Negeri Taeng Kabupaten Gowa adalah 68. Pada siklus kedua, nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 94. Ketuntasan belajar murid juga mengalami peningkatan, dengan 47% murid mencapai ketuntasan belajar pada siklus I, sedangkan pada siklus II, seluruh 38 murid mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis karangan deskripsi kelas IV SD Negeri Taeng mengalami peningkatan melalui penerapan teknik kata kunci berbantu media objek langsung, sesuai dengan hasil penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Chaer. (2018). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Abdurrahman. (2019). Menulis. Bandung: Alfabeta.
Ahmad, Rofi’uddin & Darmiyati Zuhdi. (2019). Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti.
Ahmad Susanto. (2018). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Alwi, Hasan, Dkk. (2019). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Amrolani, Nur Nisani Muslihah, dan Noermanzah. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Teknik Kata Kunci Murid Kelas IV SD Negeri 51 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Lubuklinggau, Vol 3 No 1.
Arikunto, Suharsimi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadi. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Offset.
Daryanto. (2018). Media pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Djoko Widagdho. (2019). Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dwi Nur Setyaningsih. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Objek Langsung Murid Kelas IV SD Negeri 1 Ngerangan. Jurnal Linguistik Bahasa dan Sastra Vol 5 No 2.
Hartati, Tata. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Bandung: UPI.
Henry Guntur Tarigan. (2018). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Angkasa.
Mudrajad Kuncoro. (2019). Mahir Menulis. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Mustoip, S., Al Ghozali, M. I., As, U. S., & Sanhaji, S. Y. (2023). Implementation of Character Education through Children's Language Development in Elementary Schools. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 91-100.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2018). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nurgiyantoro Burhan. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Poerwadarminta. (2019). Bahasa Indonesia untuk Karang-Mengarang. Yogyakarta: UP Indonesia.
Sabarti, Akhadiah dkk. (2020). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Sanjaya. (2019). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukarnoto, T., Janwari, Y., Solehudin, E., & Mulyawan, S. (2023). Women's Empowerment as a Moderator Variable in the Role of Sharia Microfinance Inclusion in Strengthening the Family Economy. Journal of Economics, Finance and Accounting Studies, 5(6), 14-26.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sumarno. (2019). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Suyatno. (2019). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.
Wijayanto, P. W., Thamrin, H. M., Haetami, A., Mustoip, S., & Oktiawati, U. Y. (2023). The Potential of Metaverse Technology in Education as a Transformation of Learning Media in Indonesia. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 9(2).
Widjono. (2019). Bahasa Indonesia Mata Kuliah Pengembangkan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Grasindo.
Yanti. Dkk. (2019). Bahas Indonesia Konsep Dasar dan Penerapan. Jakarta: PT Grasindo
Published
2023-08-14
How to Cite
HARIANTI, Harianti; BAHRI, Aliem; SYAKUR, Abdan. Teknik Kata Kunci Berbantu Media Objek Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi di Sekolah Dasar. EduBase : Journal of Basic Education, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 115-130, aug. 2023. ISSN 2722-1520. Available at: <https://jurnal.uibbc.ac.id/index.php/edubase/article/view/1187>. Date accessed: 29 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.47453/edubase.v4i2.1187.